Yakin Sudah Mengenal Pasangan dengan Baik? Periksa 5 Hal Ini

Marriage

photo credit: wol.jw

1.3K
Masihkah Anda mengenalinya saat ini? Sudahkah Anda mengerti dengan kondisinya hari ini?

Mengenal pasangan adalah salah satu jalan untuk mengerti tentang siapa pasangan kita. Nah, bagi Anda yang ingin mengenali pasangan secara lebih mendalam berikut adalah beberapa hal yang mesti dilakukan:


Saling mengenal

Dalam kehidupan rumah tangga sering ditemukan ketidakharmonisan antara suami dan istri. Masing-masing merasa tidak dipahami oleh pasangan. Istri menganggap suami terlalu egois dan hanya mementingkan urusan dirinya sendiri tanpa peduli kondisi serta keinginan istri. Sebaliknya, suami menganggap istri tidak peduli dengan harapan suami. Intinya saling menuntut untuk dipahami oleh pasangan.

Itulah penting bagi setiap pasangan untuk saling mengenali. Tanya diri sendiri. Masihkah Anda mengenalnya saat ini? Sudahkah Anda mengerti dengan kondisinya hari ini?

Harusnya, setiap hari Anda mengenal apa yang diinginkannya, apa yang dipikirnya, dan apa yang mengelisahkan hatinya.


Saling memahami

Jika Anda merasa pasangan Anda tidak memahami Anda, tanyakan diri sendiri apakah Anda sudah berusaha memahaminya? Jangan menuntut pasangan untuk memahami Anda jika Anda sendiri tidak mau memahaminya. Kuncinya, Anda menjadi pertama yang memahami pasangan Anda. jika ini terjadi, kedua belah pihak akan saling memahami.

Namun, ketika kedua belah pihak menuntut untuk dipahami, maka yang terjadi, tak satu pun dari keduanya akan dapat memahami pasangan.


Suami dan Istri harus berjanji untuk saling mengerti

photo credit: jw

Saling mengerti dan memahmi dalam rumah tangga sangatlah perlu untuk membentuk kebahagiaan dan keharmonisan rumah tangga. Banyak pasangan yang sering melupakan fakta bahwa mereka tidaklah sama. Laki-laki dan perempuan adalah dua makhluk yang berbeda. Karena berbeda itulah muncul istilah keharmonisan.

Harmonis itu bukan berarti sama, tetapi berbeda tapi bisa saling memahami.

Untuk itulah suami dan istri harus memiliki janji dan komitmen untuk selalu berusaha saling mengerti satu dengan lainnya.


Pasangan Anda telah berubah, apakah Anda mengerti?

photo credit: jw

Dari hari ke hari, suami istri dan anak-anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan, baik secara fisik maupun psikis. Masing-masing tumbuh berkembang menjadi sosok baru yang tidak sama dengan hari-hari sebelumnya. Terkadang sangat cepat, sehingga tidak disadari oleh semua pihak.

Karena itu salah satu kewajiban berumah tangga adalah memahami perubahan pada diri sendiri dan pasangan. Pahami dan kenali perubahan pada diri pasangan. Baik itu cinta dan aktivitas pasangan dalam keseharian.

Baca juga: Sebagai Ibu Rumah Tangga, Seharusnya Saya Mendapatkan Gaji dan Hari Libur, Bukan?

Jangan membiarkan atau tidak peduli dengan perubahan yang terjadi pada pasangan, karena tugas kita adalah saling menjaga.


Menyesuaikan diri dengan karakter pasangan saat menghadapi masalah

Menurut John Gray, salah satu perbedaan suami dan istri itu adalah dalam hal menghadapi masalah. Hendaknya suami dan istri harus mengetahui perbedaan ini agar mereka bisa saling mengerti dan menyesuaikan diri dengan karakter pasangan saat menghadapi masalah. Kadang suami merasa tersinggung terhadap sikap istri yang dianggap melecehkan kemampuannya untuk menyelesaikan masalah. Padahal istri tidak memiliki maksud untuk melecehkan atau menghina suami, namun ungkapan istri ternyata dipahami secara berbeda oleh suami. Begitu pun sebaliknya.

Hal ini bisa terjadi karena saling tidak mengerti perbedaan umum laki-laki dan perempuan saat menghadapi masalah.

Baca juga: Bukan Hanya Pelakor yang Perlu Diwaspadai, tetapi juga Pebinor dan Pepacor. Lebih Baik Sih Jadi Pembekor

Sumber inspirasi : Wonderful Couple Karya Cahyadi Takariawan


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Yakin Sudah Mengenal Pasangan dengan Baik? Periksa 5 Hal Ini". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Agus Ariwibowo | @agusariwibowo

BAGAIMANA MENURUTMU ?

Silahkan login untuk memberi komentar