While You Were Sleeping: Inilah Pelajaran Hidup Terpenting yang Saya Dapatkan dari Drama Korea yang Nge-hits ini

Reflections & Inspirations

[image credit: SidusHQ & SBS]

684
"Jangan menangis terlalu lama, dan jangan terlalu lama menyalahkan dirimu. Bangkitlah! Namun jangan pernah lupakan apa yang telah terjadi."

“While You were Sleeping” merupakan drama korea terbaru yang sedang hits di kalangan kids zaman now. Saya pun termasuk salah satu penggemar drama ini. Drama yang penuh makna dan pesan moral ini mengisahkan seorang gadis yang memiliki kemampuan melihat kejadian-kejadian di masa depan melalui mimpi, dan daebak semua mimpinya jadi kenyataan!

Selain kisah cinta yang menarik dan romantis, drama ini juga menampilkan sisi ideal dari ketiga profesi yang dilakoni para tokohnya. Reporter, jaksa, dan polisi. Satu lagi yang paling saya suka, drama ini disisipkan berbagai quotes yang menarik. Salah satunya berbunyi demikian:

"Jangan menangis terlalu lama, dan jangan terlalu lama menyalahkan dirimu. Bangkitlah! Namun jangan pernah lupakan apa yang telah terjadi."

Di antara banyaknya quotes dalam drama ini, kutipan di atas adalah yang paling saya sukai.

Jika bicara soal penyesalan, siapa orang di dunia ini yang tidak pernah menyesal? Saya rasa semua orang tentu familier dengan perasaan tersebut. Kata menyesal identik dengan suatu kesalahan. Kalau kita menyesal terhadap satu hal, bisa dipastikan itu karena kita merasa telah melakukan kesalahan. Rasa menyesal bisa menimbulkan kesedihan, kegalauan, keputusasaan, dan kebingungan. Bahkan tak jarang banyak orang memutuskan mengakhiri hidup karena perasaan menyesal yang tak tertahankan lagi.

Baca Juga: Yang Telah Merenggut Jonghyun Pergi, Depresi: Bisakah Ia Diatasi?


[image: [image credit: SidusHQ & SBS]]

Bisakah hidup dijalani tanpa penyesalan?

Tentu tidak! Namun bersahabat dengan penyesalan adalah hal yang harus dicoba.


Memang berada didalam guilty feeling itu tidak enak. Kita bisa kehilangan nafsu makan, atau kehilangan semangat hidup. Akan tetapi, coba kita flash back, ketika kita merasakan penyesalan, kita pun dapat menemukan suatu pembelajaran di dalamnya.

Benar, penyesalan membuat kita belajar.

Bagaimanapun, penyesalan adalah bagian dari hidup manusia. Tidak dapat dihindari, tidak dapat ditolak, dan tidak pula dapat dimusuhi. Suka atau tidak, perasaan menyesal akan selalu datang, sebab sebagai manusia, kita tak dapat terlepas dari kesalahan. Namun, penyesalan adalah proses belajar menuju kedewasaan.

Baca Juga: Dari Balik Jeruji Besi, Inilah 4 Hikmat Kehidupan yang Teruji

Melalui perasaan menyesal, kita dapat belajar tentang apa yang salah dan apa yang benar. Kita juga akan belajar untuk lebih bijaksana dalam mengambil pilihan. Penyesalan juga mendidik kita untuk berelasi lebih baik dengan orang lain; orangtua, sahabat, pasangan. Bahkan, penyesalan pun berguna untuk mendewasakan kerohanian kita. Bagaimana kita memandang penyesalan, akan sangat berpengaruh terhadap respons kita. Melalui quotes yang saya dapatkan dari film “While You Were Sleeping”, saya belajar untuk mengubah persepsi terhadap penyesalan.

Anggaplah penyesalan sebagai teman untuk belajar menjadi lebih dewasa dan bijaksana. Sebab tanpa penyesalan takkan ada pembelajaran.

Quotes ini meminta kita untuk jangan terlalu lama larut dalam kesedihan, yang dapat berujung pada menyalahkan diri sendiri. Namun jangan lupa, quotes ini juga mengajak untuk tidak melupakan kejadian yang kita sesali, agar kita dapat belajar sebisa mungkin untuk tidak mengulanginya.

Apakah kamu juga sudah menyaksikan drama ini? Yuk share kutipan-kutipan atau adegan apa yang bisa kamu pelajari dari drama ini.




Baca juga artikel-artikel menarik seputar drama korea dan hallyu star ini:

Inilah 6 Pelajaran Hidup dari Serial K-Drama Hospital Ship

Seperti Lee Min Ho dan Suzy Bae yang Putus, 4 Penyebab Ini Juga Bisa Mengancam

Inspirasi Hidup dari Jatuh Bangun Perjalanan Big Bang, Boy Band Paling Fenomenal di Korea



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "While You Were Sleeping: Inilah Pelajaran Hidup Terpenting yang Saya Dapatkan dari Drama Korea yang Nge-hits ini". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Thea Willona | @theawillona

BAGAIMANA MENURUTMU ?

Silahkan login untuk memberi komentar