Stress Mengerjakan Skrispsi? Inilah 7 Langkah Cerdas untuk Menyelesaikannya

Work & Study

[image: Imgur]

2.9K
Dari pengalaman pribadi dan berbagai sumber bacaan, saya akan berikan langkah-langkah cerdas buat kamu agar dapat mengerjakan skripsi secara efektif.

Sering kali skripsi dianggap sebagai sesuatu yang ‘‘menakutkan’’ bagi mahasiswa. Terutama mahasiswa tingkat akhir. Lihat saja, ada yang sampai tak bisa tidur semalam suntuk memikirkan deadline skripsi, ada juga yang lupa makan akibat mengerjakan skripsi.

Bisakah kita mengerjakan skripsi tanpa menganggapnya sebagai sesuatu yang ‘‘menakutkan’’? Dari pengalaman pribadi dan berbagai sumber bacaan, saya akan berikan langkah-langkah cerdas buat kamu agar dapat mengerjakan skripsi secara efektif.



1. Kerjakan saja sebisa kamu kerjakan, tak perlu langsung sempurna.

Kesalahan seorang mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi adalah terobsesi dengan penelitian ideal. Maunya lain daripada yang lain, dan akhirnya memaksakan diri mengerjakan sesuatu di luar kemampuannya. Akibatnya, proses penyelesaian skripsi pun terhenti pengerjaanya.

Sebaiknya, saat kamu memilih topik, carilah topik sederhana dan kamu dapat mengerjakanya.



2. Pilihlah judul yang sederhana tetapi besar manfaatnya.

[image: revistaw3]

Judul, topik, atau tema, tidak perlu rumit-rumit memikirkannya. Judul yang rumit biasanya malah bikin kamu tambah pusing. Cobalah dengan memilih judul yang sederhana. Judul sederhana itu dapat menuntun kamu ke tahap-tahap berikutnya yang lebih menantang lagi.



3. Pentingnya komunikasi; membangun komunikasi yang efektif dengan dosen pembimbing.

Dulu saat saya sedang mengerjakan skripsi, dosen pembimbing saya pernah berkata, ‘‘Jangan pernah ngomong kalau dosen pembimbing yang mempersulit mahasiswanya. Justru mahasiswalah yang mempersulit dirinya sediri karena tak tahu apa yang ingin ia teliti.’’

Jadi persiapkan segala sesuatunya saat berhadapan dengan dosen pembimbing. Kamu harus menguasai bahan dan topik penelitian. Cara ini dapat membantu dosen pembimbing memahami alur penelitian kamu nantinya.

Baca Juga: Selain Hasil Ujian, 10 Hal Ini Membuat Dosen Bermurah Hati Memberi Nilai Tinggi



4. Memahami tahapan penyusunan penelitian kamu.

Datanglah ke perpustakaan kampusmu. Cari karya penelitian angkatan terdahulu. Perhatikan tahapan atau format penelitiannya. Seperti dari pendahuluan sampai kesimpulan. Kadang, setiap kampus berbeda format penelitianya, tetapi intinya sama.



5. Jadilah mahasiswa mandiri.

Biasanya mahasiswa yang sedang mengerjakan penelitian akan dilihat kemandiriannya dalam melakukan penelitian. Jangan sampai membandingkan hasil karyamu dengan teman sendiri. Kamu malah akan bingung dengan metode yang digunakan oleh teman kamu, sebab belum tentu metode teman kamu sama dengan metode yang akan kamu gunakan saat penelitian. Karena itu kamu harus mandiri.

Baca Juga: Tiga Kategori Mahasiswa : Kupu-kupu, Kunang-kunang, dan Kura-Kura. Periksa Kelebihan dan Tantangannya. Kamu Termasuk yang Mana?



6. Perhatikan waktu bimbingan sama dosen.

[image: revistaw3]

Pilih waktu yang tepat untuk mendatangi dosen untuk bimbingan penelitian. Sebelum bimbingan, sebaiknya kamu menghubungi dosen pembimbing terlebih dahulu secara formal. Ingat, gunakan bahasa yang baik. Tanyakan apakah dosen sibuk atau sedang santai. Karena jika mereka sibuk, jangan-jangan hasil penelitianmu hanya dibaca sekilas saja, dan kemudian dicoret-coret.



7. Jangan takut tenggat waktu.

Biasanya kalau kamu sudah sering mengonsultasikan penelitianmu, dosen pembimbing akan mengingatkan kalau waktu pengerjaan skripsi sebentar lagi selesai.

Jangan berkecil hati ketika melihat teman yang sudah selesai, tetapi kamu masih sedang proses pengerjaan penelitian skripsi.

Tetaplah konsentrasi dan fokus mengerjakan penelitianmu. Jangan sampai pikiranmu buyar dan susah fokus lagi.


***


Yang paling utama, jangan pernah menganggap skripsi itu menakutkan. Selain sebagai syarat kelulusan, skripsi bermanfaat untuk melengkapi kapasitas sarjana dalam menganalisis permasalahan yang ada, serta melatih berpikir secara metodologis.


Bagi yang sedang mengerjakan skripsi, tetap semangat ya!

Semoga bermanfaat!!




Baca juga artikel-artikel menarik di bawah ini:

Tidak Lulus Sidang Skripsi? Saya Pernah Mengalaminya! Ini Kisah Saya Mengalahkan Rasa Putus Asa dan Menyelesaikan Skripsi

Terlambat Lulus Kuliah Bukan Akhir Dunia! Sebagai Mahasiswa, Kamu Masih Memiliki 7 Keuntungan Ini

Status sebagai Mahasiswa Bukan Halangan untuk Menikmati Liburan Seru. Inilah 12 Tipsnya



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Stress Mengerjakan Skrispsi? Inilah 7 Langkah Cerdas untuk Menyelesaikannya". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Lio Frand | @liobijumesfrand

Lio Bijumes, dilahirkan di Binuang, Krayan Tengah kelahiran pada 01 Juni 1993. Saat ini menempuh pendidikan S2 jurusan Magister Management Human Resources, di Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta. Penulis Lepas.

BAGAIMANA MENURUTMU ?

Silahkan login untuk memberi komentar