Meme Teror Bom Surabaya: Mencari Kekuatan dan Penghiburan di Tengah Situasi dan Kondisi yang Mencekam

Reflections & Inspirations

[Photo credit: photobucket]

8.2K
Di tengah rasa takut, defence mechanism kita melakukan apa saja untuk tetap bertahan. Salah satunya lewat meme yang menghibur di kala darah mengucur dan hati hancur.

Setelah teror bom meledak di tiga gereja di Surabaya, disusul Sidoarjo, Kapolrestabes Surabaya, dan terakhir Mapolda Riau, banyak meme yang beredar. Bukan untuk menganggap remeh persoalan, apalagi membuat kasus ini hanya untuk lucu-lucuan, saya memaknainya berbeda.

Di tengah rasa takut, defence mechanism kita melakukan apa saja untuk tetap bertahan. Salah satunya lewat meme yang menghibur di kala darah mengucur dan hati hancur.

Inilah meme itu:



1. Takut Order Sepi

Saya yang tinggal di Surabaya merasakan betul bahwa jalanan lengang pada hari teror bom berlangsung dan hari-hari setelahnya. Istri saya yang menemani kakaknya yang baru datang dari Atambua mengatakan bahwa sebuah mal di wilayah barat Surabaya yang dia datangi sepi. “Penjual makanan mengeluh,” ujar istri saya yang membelikan lauk kami sekeluarga untuk makan malam. Teror bom ini ternyata bukan hanya membunuh nyawa melainkan juga melumpuhkan untuk sementara roda ekonomi.



2. Antara Takut dan Tidak

Meme di atas ingin menyindir atau justru mengungkapkan sisi lain aksi heroik #SurabayaWani atau #SurabayaOraWedi. Di satu sisi, kita memang diimbau, lebih tepatnya dikuatkan, agar tidak takut. Di sisi lain - di relung hati nurani kita yang paling dalam - ada rasa takut juga.

Itu sebabnya, meskipun jangan takut - karena katanya membuat pelaku senang karena tujuannya memang untuk menakut-nakuti dan bikin panik - namun ternyata sangat manusiawi jika rasa takut itu tetap ada. Salah satunya diwujudkan dengan tubuh yang gemetar.



3. Sun Go Kong pun Datang

Siapa yang tidak tahu kisah 'Si Kera Sakti'? Saya percaya, polri dan TNI sanggup mengatasi teror di Surabaya, khususnya, dan Indonesia pada umumnya ini. Teror terbaru di Mapolda Riau pun berhasil ditangani dengan baik. Jadi, untuk apa mendatangkan tokoh superhero dari negara lain. Apalagi berupa kera? Kita toh punya Hanoman juga! Eh, Hanoman impor juga nggak, ya?



4. Bu Risma Angkat Senjata

Saya mendengar bahwa Bu Risma sedang tidak di Surabaya saat terjadi ledakan. Sumber lain berkata beliau sedang berada di luar negeri. Namun, saya salut, begitu tiba di Surabaya, Bu Risma langsung keliling dari satu gereja ke gereja lain. Bukan saja mendampingi Pak Jokowi bersama Pakde Karwo, Kapolda, dan Panglima TNI, melainkan dengan naik motor mengunjungi satu per satu gereja yang kena bom.

“Tolong pagarnya ditutup rapat, ya. Bapak berjaganya di sana saja,” ujarnya pada seorang satpam. Bu Risma ingin menyelamatkan warganya.

Meme di atas saya percaya merupakan ungkapan kebanggaan arek-arek Surabaya terhadap walikotanya. Walikota ini memang merakyat. Saat Taman Bungkul Surabaya rusak, Bu Risma turun tangan sendiri untuk membenahinya. Saya kebetulan lewat di depannya. Saat peserta pelatihan menulis yang saya pimpin hendak mewawancarainya, dengan senang hati Bu Risma menerima kami.



5. Suro dan Boyo pun Bersatu

Legenda terjadinya nama Surabaya adalah perseteruan dan perkelahiran antara dua binatang yang sama-sama ganas yaitu Sura [hiu] dan Boyo [buaya] karena memperebutkan wilayan kekuasaan. Namun, saat kotanya diguncang bom, mereka bersatu padu bahu membahu untuk melawannya. Jika musuh bersama datang, kita langsung bersatu.

Alangkah indahnya jika kita tetap menjagai kesatuan dan persatuan bangsa walau negara dalam kondisi aman tentram damai sejahtera.

Sesuai dengan tagar#PrayForSurabaya, mari kita berdoa bukan saja untuk Surabaya, tetapi untuk Indonesia.

Merdeka!




Baca Juga:

Teror Bom di Surabaya: Bagaimana Semestinya Kita Menyikapinya?

Bukan Sekadar Tagar, Ini Jiwa Kami yang Bersama Bergetar: #SuroboyoWani

Adakah yang Bisa Kita Syukuri dari Peristiwa Teror Bom Surabaya?





Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Meme Teror Bom Surabaya: Mencari Kekuatan dan Penghiburan di Tengah Situasi dan Kondisi yang Mencekam". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


XavierQuentin Pranata | @xavierquentinpranata

BAGAIMANA MENURUTMU ?

Silahkan login untuk memberi komentar