Masalah Tak Teratasi? Putus Bukanlah Solusinya. 6 Hal yang Menyelamatkan Relasimu

Reflections & Inspirations

[image: Deakin Communicating Science]

2.9K
Banyak orang tak mampu menyelesaikan masalahnya dengan baik, padahal sebenarnya mereka hanya tidak tahu langkah-langkah untuk menyelesaikannya.

Hari-hari ini, banyak pasangan mengeluhkan sulitnya menyelesaikan masalah yang datang silih berganti dalam hubungan mereka. Bila masalahnya tak terselesaikan dengan baik, alhasil mereka pun mengambil langkah pahit untuk putus.

Namun, putus tak selalu menjadi jalan keluar terbaik. Inilah langkah-langkah yang dapat kamu ikuti, agar keputusan yang pahit bisa dihindari:



1. Mengenali perbedaan yang ada

Saat masalah datang, yang pertama perlu dilakukan adalah mengenali, menerima, dan menyesuaikan perbedaan-perbedaan yang ada. Perbedaan ini bisa dalam hal kepribadian, kebiasaan, atau cara berpikir dan bertindak.

[image: Boro]

Saat kalian saling mengenali perbedaan masing-masing, kalian akan lebih mudah saling memahami kelemahan dan kelebihan pasanganmu.

Oleh karena itu, sangat penting bagimu untuk mengetahui penyebab dari perbedaan yang ada. Misalnya kondisi lingkungan pasanganmu dibesarkan atau pola asuh orangtuanya. Hal ini tentu akan menolong kalian agar lebih mudah menerima perbedaan yang ada.

Baca Juga: Sisa atau Sisih? Perbedaan Ini Bisa Membunuh Relasi, Seintim Apa pun



2. Membuang keegoisan

Keegoisan hanya akan membuat penyeselaian konflik dengan pasangan menjadi berat. Jika kalian sudah memutuskan untuk menjadi sepasang kekasih, sudah sepatutnya kalian harus saling mengutamakan satu dengan yang lainnya. Sebagai sepasang kekasih, cobalah untuk mengikis ego pribadi masing-masing. Janganlah beranggapan bahwa diri kita benar dan pasangan kita yang salah. Cobalah belajar bersama-sama untuk membuang ego masing-masing, maka kalian akan dapat menyelesaikan permasalahan kalian dengan lebih baik.



3. Biarkan suasana mendingin

Saat terjadi masalah, mungkin kalian tak ada yang ingin mengalah. Bisa jadi percakapan atau pertengkaran semakin memanas. Bila demikian, berhentilah dahulu. Jangan dilanjutkan. Cobalah untuk menenangkan diri dan dinginkan suasana terlebih dahulu. Jika kalian sudah mulai tenang, mulailah kembali pembicaraan untuk menyelesaikan masalah yang ada.

Baca Juga: Bertengkar dengan Pasangan? Inilah 5 Hal yang Perlu Dilakukan untuk Memperkokoh Hubungan Lewat Pertengkaran



4. Temukan masalah yang sebenarnya

Kadang-kadang, saat berbagai masalah terjadi, kita berusaha menyelesaikan beberapa masalah sekaligus. Kemudian kita justru menciptakan masalah baru.

[image: Table Talk]

Penting bagi kalian untuk sama-sama fokus pada satu masalah yang hendak kalian selesaikan. Jangan kaitkan masalah sekarang dengan masalah yang lain, sehingga masalah kian melebar.

Selesaikan dahulu masalah yang utama, baru selesaikan yang lainnya.



5.Dengarkan

Terkadang pasangan kita butuh didengarkan pandangannya. Oleh karena itu, jadilah pendengar terlebih dahulu, tanpa berusaha membela diri. Berusahalah memahami apa yang ingin ia sampaikan. Siapa tahu dengan begitu kalian dapat menyamakan pandangan kalian.

Baca Juga: Curhatan Sahabat Membuat Anda Lelah? Pikirkan Dulu 7 Hal Ini Sebelum Tutup Telinga



6. Konsisten dengan langkah yang diputuskan

Saat masing-masing sudah mengutarakan pendapatnya, diskusikanlah plus minus dari setiap keputusan yang ada. Bicarakan dengan tenang, hingga sampai pada keputusan yang paling baik bagi kalian berdua. Kemudian, konsistenlah untuk menjalankan keputusan yang telah disepakati bersama-sama.



Apa pun yang tengah kamu hadapi dengan pasangan, jangan biarkan masalah kecil menggerogoti hubunganmu. Segeralah menyelesaikan masalahmu dengan baik untuk masa depan hubungan kalian.





Baca juga artikel-artikel yang dapat membantumu mengatasi masalah dengan pasangan:

Tanya-Jawab 9 Detik : Bagaimana Cara Mengurangi Pertengkaran dan Menambah Kemesraan dalam Relasi?

Tak Ada Hubungan Tanpa Masalah, Pegang 3 Kunci Ini untuk Taklukan Rintangan bersama Pasangan




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Masalah Tak Teratasi? Putus Bukanlah Solusinya. 6 Hal yang Menyelamatkan Relasimu". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Yoel Prasetyo | @yoelprasetyo

Yoel Prasetyo adalah pembicara publik dan pemerhati perkembangan anak, dan juga sebagai pengajar di sebuah yayasan. Berasal dari Solo saat ini tinggal di Surabaya.

BAGAIMANA MENURUTMU ?

Silahkan login untuk memberi komentar