Jika Pernikahan Ahok dan Veronica Tan Bubar, Masalah Buat Lo?

Reflections & Inspirations

1.4K
Daripada kita “membuang” waktu untuk sesuatu yang bukan merupakan “wilayah” kita dan tak dapat kita ubah, bagaimana jika kita doakan saja yang terbaik untuk mereka?

“Ahok dan Veronica Tan akan bercerai, masalah buat lo?” Hal itu yang pertama kali terlintas di kepala saya. Bukan berarti saya tidak peduli. Sekalipun saya tak begitu mengikuti sepak terjang Ahok, saya tetap mengaguminya sebagai sosok yang berdedikasi tinggi.

Di beberapa grup WA yang tempat saya bergabung di dalamnya, sejak kemarin malam semua sibuk membicarakan masalah ini. Terkejut? Sudah pasti! Namun saya memilih tak berkomentar karena saya tak tahu kebenarannya.

Kita boleh saja berempati dan berkomentar. Namun tanpa disadari, hal ini sangat menyita perhatian, bahkan banyak waktu karena sibuk membahas dan berdebat mengenai masalah ini.

Sesungguhnya yang akan menjadi masalah adalah jika kita terlalu sibuk mengurus hal tersebut lalu kita lupa akan kewajiban kita terhadap keluarga atau pekerjaan kita.

tweakyourbiz

Sehebat apapun kita mau berusaha menebak, mencari tahu, menganalisa, tak akan ada yang pernah menemukan jawaban yang sebenar-benarnya jika yang bersangkutan tak buka suara. Daripada sibuk mencari jawaban sampai tak bisa kerja, lupa mengurus anak, dan lain-lain, lebih baik kita belajar dari kejadian ini. Ada 3 hal yang menjadi perenungan saya:

Baca juga: Istri, Inilah 3 Hal yang akan Menyelamatkanmu dari Godaan Perselingkuhan

Jangan pernah menilai seseorang dari apa yang kita lihat.

Tak ada seorang pun yang tahu isi hati seseorang selain orang itu sendiri. Tak ada orang yang tahu keadaan sebuah keluarga selain anggota keluarga tersebut.

Setiap orang memiliki rahasianya sendiri. Tak semuanya perlu diceritakan, apalagi menjadi konsumsi banyak orang. Kita sendiri tentunya juga tak akan suka jika kehidupan kita dicampuri oleh orang lain, apalagi jika yang diperbincangkan oleh orang lain bukanlah sebuah kebenaran, melainkan asumsi.

Masih banyak hal lain yang perlu kita urus. Tak ada gunanya setiap perdebatan dan asumsi kita. Kita mau menilai bagaimana, mau menerima atau tidak, tak dapat mengubah apapun. Karena itu hidup milik orang lain, mereka yang menjalaninya. Lebih baik kita menunggu jawaban yang benar daripada kita membuat berbagai asumsi yang terkadang malah meresahkan.

Baca juga: Orangtua Ketahuan Berselingkuh, Sebagai Anak, Lakukan 3 Hal Ini demi Keutuhan Keluarga


Jangan mengidolakan orang secara berlebihan karena nantinya kita akan kecewa.

Tak ada manusia yang sempurna, yang sempurna hanyalah Tuhan.

Ahok dan Veronica Tan adalah manusia biasa yang memiliki pikiran dan perasaan, sama seperti kita semua.

Saat kita melihat ada orang lain di puncak, kita boleh mengagumi sewajarnya dan belajar hal-hal positif darinya. Namun jika suatu saat orang tersebut jatuh, kita juga sebaiknya mendoakannya.

Baca juga: Cara Ampuh Cegah Perselingkuhan: Praktikkan 5 Bahasa Kasih agar Pasangan Tak Mudah Berpaling ke Lain Hati

Belajar berempati terhadap keadaan orang lain.

Apakah kita memikirkan perasaan Ahok, Veronica Tan, ataukah anak-anaknya? Bagaimana tekanan yang dihadapi mereka di saat yang berat ini? Tak ada orang yang menikah untuk kemudian bercerai. Perpisahan bukanlah sebuah hal yang mudah, apapun penyebabnya.

Masih ditambah lagi pertanyaan dari berbagai kalangan dan juga pernyataan-pernyataan yang beredar di publik. Janganlah kita menyiram cuka pada luka mereka, karena akan semakin perih.

Daripada sibuk menghakimi, akan lebih baik jika kita belajar memahami keadaan dan posisi mereka masing-masing.

zestfor

Apapun yang akan terjadi dalam kehidupan mereka tak akan mepengaruhi kehidupan kita. Maka dari itu, jangan sampai kita berdebat bahkan sampai bermusuhan karena kita tidak sependapat ketika membahas masalah ini.

Daripada kita “membuang” waktu untuk sesuatu yang bukan merupakan “wilayah” kita dan tak dapat kita ubah, bagaimana jika kita doakan saja yang terbaik untuk mereka?


Ingin membaca artikel-artikel lain? klik di sini:

Cara Ampuh Cegah Perselingkuhan: Praktikkan 5 Bahasa Kasih agar Pasangan Tak Mudah Berpaling ke Lain Hati

3 Hal Keliru yang Istri Lakukan setelah Mengetahui Suami Berselingkuh


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Jika Pernikahan Ahok dan Veronica Tan Bubar, Masalah Buat Lo?". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Melissa Setiawan | @melissaberlianna

BAGAIMANA MENURUTMU ?

Silahkan login untuk memberi komentar