Biasakan Diri dengan 9 Hal Ini, Setelah Lulus Kamu akan Cepat Mendapatkan Pekerjaan

Work & Study

photo credit: Instagram/mutiarabaswedan

3.5K
Pertama, jangan menunda tapi selesaikan segera tugas kampus lebih awal!

Ibarat perang, persiapan adalah senjata. Apa jadinya bila kamu berperang tanpa senjata, sementara musuh memiliki senjata super lengkap? Banyak mahasiswa yang gagal menyesuaikan diri di dunia kerja atau saat melamar pekerjaan. Penyebabnya beragam. Dengan melesatnya laju dunia industri seperti sekaran, kebutuhan akan tenanga yang terampil serta persaingan semakin ketat. Nah, selain memaksimalkan pengalaman, kamu juga harus tahu bagaimana mempersiapkan diri di dunia karier. Berikut hal-hal seru yang dapat kamu latih selama berada di kampus.


Pertama, jangan menunda tapi selesaikan segera tugas kampus lebih awal

Sebagai mahasiswa kamu harus mengambil kesempatan yang kamu miliki saat ini untuk menantang dirimu, karena tak semua orang memiliki kesempatan yang sama sepertimu. Ambillah setiap kesempatan. Kesempatan menyelesaikan tugas yang diberikan dosen kepadamu. Jangan pernah menunda. Kamu perlu menantang diri sendiri untuk menyelesaikan tugas dengan baik. Ingat, kerja keras tak pernah mengecewakan, selain mendapat nilai bagus kamu juga akan terbiasa dengan tantangan.


Kedua, menulislah maka inspirasi datang tiada henti

photo credit: pexels

Kebiasaan menulis harus dibangun dalam dirimu. Latih diri untuk berkarya. Jika sudah punya karya tulis kamu dapat membagikan ide-ide yang kamu miliki kepada banyak orang. Karya-karya itu dapat kamu terbitkan melalui media yang kamu miliki. Menulis itu penting, dalam banyak hal. Apa pun jurusan yang kamu pilih, menulis tetaplah penting. Jika belum cukup berani bagimu untuk mempublikasikan karya tulismu, kamu bisa mediskusikan dengan dosen atau mentor.


Ketiga, saat masih kuliah jangan lupakan mencari peluang beasiswa

Ada begitu banyak beasiswa yang dapat kamu coba. Baik beasiswa di dalam kampus maupun di luar kampus. Dapatkan kesempatan itu untuk membantu keuanganmu, selain itu kamu dapat belajar artinya sebuah usaha.


Keempat, selesaikan pendidikanmu

photo credit: pixabay

Ketika teman-teman sekelasmu pulang kampung halaman karena malas kuliah, sementara kamu fokus menyelesaikan pendidikanmu. Selain lulus dengan nilai memuaskan, kamu akan membuat orang tuamu tersenyum dengan bangga kepada kamu. Yang paling penting bukan seberapa baik nilai yang kamu peroleh saat kuliah, tetapi bagaimana kamu menyelesaikan kuliahmu dengan lulus tepat waktu. Buatlah dirimu bangga dengan setiap perjuangan yang pernah kamu lalui.


Kelima, Asah jiwa pemimpin dengan menjadi pemimpin organisasi kampus

Di dunia kerja yang menjadi salah satu perhatian khusus adalah kepemimpinan. Setiap perusahaan mencari sosok pemimpin, seseorang yang dapat mengarahkan anggota dalam organisasi dan dapat menjadi inspirasi. Masa kuliah adalah masa paling baik bagimu mengembangkan jiwa kepemimpinan karena banyak kesempatan yang dapat diikuti. Misalnya dengan mengikuti Badan Eksektif Mahasiswa (BEM), Lembaga Pers Mahasiswa (LPM), Mahasiswa Pecinta Alam (MAPALA) dan masih banyak yang lainya.


Keenam, selain kuliah yang terjadwal kamu wajib hadir kuliah umum

photo credit: pexels

Setiap kampus mempunyai cara yang berbeda, namun tujuannya tetap sama. Biasanya dekan atau rektorat akan mengundang berbagai pakar dan tokoh saat kuliah umum. Kesempatan ini dapat kamu pakai untuk belajar langsung dari tokoh dan para ahli di bidangnya. Mencermati setiap ide-ide yang mereka kemukakan dan dapat menjadi pengetahuan bagi pengembangan peribadimu.

Baca juga: Ingin Melanjutkan Sekolah di Luar Negeri? Anak dan Orangtua, Persiapkan 3 Hal ini Saja

Ketujuh, motivasi dirimu untuk mengamalkan ilmu yang kamu punya

Motivasi diri untuk terus bergairah dalam kuliah adalah perlunya kesadaran diri bahwa kamu memiliki tanggung jawab moral untuk kelak mengabdikan ilmu demi kepentingan masyarakat. Dan bukan untuk sekadar memperkaya diri sendiri dengan cara yang tidak terpuji. Motivasi leluhur inilah yang sekarang semakin tergerus akibat pragmatisme, konsumerisme, dan hedonisme yang begitu deras melanda di segala sektor kehidupan.


Kedelapan, carilah mentor

Ada pepatah yang menyatakan pengalaman adalah guru yang berharga. Tapi, tentu tidak perlu kamu mengalaminya sendiri dulu baru kita belajar. Pada zaman now ini, kamu selalu bisa belajar dari pengalaman orang lain. Dengan meminta pendapat dan nasihat dari dosen, keluarga, pasangan, dan teman yang pernah mengalami situasi yang sama. Timba ilmu dari mereka, belajar apa saja yang kamu perlu untuk bisa berhasil.


Kesembilan, terbiasalah tepat waktu

Bagi mahasiswa, tepat waktu itu penting. Sebagai contoh, orang Amerika dan Jepang, misalnya, mereka terkenal tepat waktu bila menyangkut urusan penting. Orang Jepang, jika membuat janji dengan orang lain, biasanya datang paling lambat 5 menit, dan mereka cenderung kurang percaya dengan orang yang tidak tepat waktu. Kebiasaan tepat waktu harus diperhatikan.

Baca juga: Terlambat Lulus Kuliah Bukan Akhir Dunia! Sebagai Mahasiswa, Kamu Masih Memiliki 7 Keuntungan Ini

Demikian. Semoga bermanfaat!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Biasakan Diri dengan 9 Hal Ini, Setelah Lulus Kamu akan Cepat Mendapatkan Pekerjaan". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Lio Frand | @liobijumesfrand

Lio Bijumes, dilahirkan di Binuang, Krayan Tengah kelahiran pada 01 Juni 1993. Saat ini menempuh pendidikan S2 jurusan Magister Management Human Resources, di Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta. Penulis Lepas.

BAGAIMANA MENURUTMU ?

Silahkan login untuk memberi komentar