Bagi yang Merayakan Natal, Inilah 5 Kreativitas yang Membuat Natal makin Ceria dan Bermakna

Reflections & Inspirations

wallpaperswide.com

3.4K
Yuk, temukan cara kreatif untuk merayakan Natal. Bukankah kita menyembah Tuhan Sang Pencipta, sumber segala kreativitas? Mari kita puji dan sembah Dia dengan cara yang kreatif di hari Natal.

Layaknya seorang kekasih yang tak pernah ingkar janji, tahun ini Natal pun datang kembali. Inilah perayaan paling meriah dan penuh sukacita dalam kalender umat Kristen. Suasana meriah tidak hanya terasa di gereja, tetapi juga di kantor dan pusat perbelanjaan. Bagaimana kita merayakan Natal selama ini? Dengan beribadah ke gereja, menyaksikan drama Natal dan aneka ragam tontonan lain, menyanyikan Malam Kudus sambil memegang lilin yang menyala (atau di beberapa gereja sudah diganti dengan senter kecil atau stik yang menyala), kemudian makan bersama dengan keluarga sambil bertukar kado. Selesai! Apakah demikian? Berulang seperti itu setiap tahun?


Yuk, temukan cara kreatif untuk merayakan Natal. Bukankah kita menyembah Tuhan Sang Pencipta, sumber segala kreativitas? Mari kita puji dan sembah Dia dengan cara yang kreatif di hari Natal.



1. Buatlah kartu-kartu doa sebagai salah satu hiasan pohon Natal

1.	Buatlah Kartu-kartu Doa Sebagai Salah Satu Hiasan Pohon Natal - pokok doa yang tertulis di kertas dicantolkan ke pohon Natal (who-arted.com)
pokok doa yang tertulis di kertas dicantolkan ke pohon Natal (who-arted.com)

Gunakan kertas origami warna warni ukuran sedang.  Minta tiap anggota keluarga dan sahabat menuliskan apa yang paling mereka nantikan dari Tuhan untuk mereka di tahun mendatang.  Cantumkan nama di bawah pokok doa tersebut.  Lipat kertasnya, lubangi, dan beri tali kecil untuk digantungkan pada pohon Natal.  Ketika anggota keluarga dan sahabat berkumpul di depan pohon Natal tersebut, mereka wajib mengambil satu kartu doa, membaca, dan mendoakannya sebelum meletakkan kembali ke tempatnya.  Ketika berdoa, kita tidak hanya semakin dekat dengan Tuhan, namun juga dengan orang yang kita doakan. 



2. Berikan kejutan bagi orang-orang yang selama ini tak mendapatkan perhatian

2.	Berikan Kejutan Bagi Orang-orang Yang Selama Ini Tak Mendapatkan Perhatian - Berbagi adalah bagian esensial dari Natal, sebagaimana dilakukan Beta Benaja (foto : koleksi pribadi)
Berbagi adalah bagian esensial dari Natal, sebagaimana dilakukan Beta Benaja (foto : koleksi pribadi)

Ada begitu banyak kue yang tersedia di rumah menjelang Natal.  Makanan pun berlimpah.  Lalu, sanggupkah kita menghabiskan semua itu? Akankah nanti makanan-makanan tersebut masih terasa nikmat? Mari kita bungkus kue dan makanan itu dengan rapi, bagikan kepada pembantu yang bekerja di rumah, atau kepada tukang sapu, pembersih sampah, penjual keliling yang berada di sekitar rumah.  Biarlah sukacita Natal itu juga dirasakan oleh mereka yang selama ini tak mendapatkan perhatian.


Berbagi ke Panti Asuhan dan Panti Lanjut Usia di masa Natal? Niat yang baik, namun pikirkan hal ini : pada masa Natal, biasanya panti asuhan atau panti lanjut usia mendapatkan begitu banyak kunjungan dan hadiah.  Apabila kita berencana untuk berbagi pada para penghuni panti, ada baiknya dilakukan sesudah masa Natal. 



3. Berikan gadget sebagai hadiah Natal bagi orangtua

3.	Berikan Gadget Sebagai Hadiah Natal Bagi Orangtua  - Memberikan gadget dan mengajarkan cara penggunaannya bagi orang tua akan menjadi kejutan tersendiri (huffingtonpost.co.uk)
Memberikan gadget dan mengajarkan cara penggunaannya bagi orang tua akan menjadi kejutan tersendiri (huffingtonpost.co.uk)

Benar, berikan gadget sebagai hadiah Natal bagi orangtua. Tidak hanya sekadar membelikan atau mengirimkannya begitu saja, tetapi juga buatkanlah akun Facebook, Twitter, WhatsApp, dan lain-lain.  Kemudian, serahkanlah gadget yang sudah berisi semua akun atas nama orangtua, dan ajarilah mereka menggunakan semua fasilitas yang ada.  Pada awalnya mungkin mereka merasa enggan menggunakan gadget itu, tetapi doronglah dengan memperlihatkan kegunaan yang ada : chatting sebagai pengganti SMS, bertemu teman lama di Facebook, juga mengirim dan menerima gambar melalui WhatsApp.


Nah, inilah yang terpenting : ketika kita kecil, orangtua mengajari kita begitu banyak hal dan mereka sangat bersabar dengan kita, maka kini bersabarlah jika orang tua melakukan banyak kesalahan pada masa awal penggunaan gadget.  Dengan melakukan hal ini, kita menjadi lebih bisa memahami perasaan orang tua pada waktu membesarkan dan melatih kita dengan pelbagai keterampilan pada masa lalu. 


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Bagi yang Merayakan Natal, Inilah 5 Kreativitas yang Membuat Natal makin Ceria dan Bermakna". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Wahyu ‘wepe’ Pramudya | @wahyupramudya

Wahyu 'wepe' Pramudya adalah seorang pembicara, nara sumber acara di radio dan penulis buku. Wepe tinggal di Surabaya.

BAGAIMANA MENURUTMU ?

Silahkan login untuk memberi komentar