Anak Berulang Tahun, 4 Kekuatiran ini Muncul. Setiap Orangtua Pasti Mengalaminya

Reflections & Inspirations

Dokumentasi Pribadi

681
Kita tidak bisa memegang masa depan, namun kita bisa meletakannya di tangan Tuhan.

Sewaktu melahirkan si kecil ke dunia, segala perasaan bercampur aduk antara bahagia, kagum, sekaligus bingung bagaimana cara merawat dan membesarkan bayi sekecil ini, apakah saya mampu melakukannya seorang diri atau tidak. Namun setahun dua tahun bahkan tiga tahun telah berlalu, dan bayi kecil itu telah tumbuh menjadi gadis kecil yang lucu.

Menjelang hari ulang tahunnya yang ketiga, saya tidak dapat tidur semalaman selain memikirkan bagaimana harus menggelar perayaan ulang tahunnya, saya juga memikirkan banyak hal mengenai masa depannya.


"Apakah kelak ia akan menjadi sesuai keinginannya?"


Saya ingat benar sewaktu kecil saya selalu ingin menjadi seorang dokter. Namun karena satu dan dua hal saya mengubah cita-cita saya di tengah jalan dan akhirnya mengubur cita-cita saya dalam-dalam. Kelak saya ingin agar kedua anak saya tidak pernah kehilangan tujuan hidupnya dan saya akan mendorong mereka untuk benar-benar mewujudkannya. Bukan pekerjaan yang mudah bagi orang tua untuk tetap menyemangati putra putri mereka, bahkan ketika mereka terjatuh di tengah jalan dan harus bangkit kembali sekalipun terseok-seok. Ya, tugas orang tua untuk tetap menyemangati dan mendukung mereka dalam meraih cita-cita mereka. Sekalipun pada akhirnya mereka sendirilah yang harus berjuang untuk memperolehnya.

momof6

"Apakah kelak ia akan senantiasa bahagia seperti saat ini ketika saya selalu berusaha untuk membahagiakannya?"

Tidak ada jaminan seseorang akan selalu bahagia selama hidupnya. Masalah akan selalu datang dan sekalipun saya berjuang untuk menjauhkan kedua putri saya dari masalah, kelak cepat atau lambat mereka akan menghadapi permasalahan mereka sendiri.

Seorang teman memiliki seorang putri yang telah beranjak remaja. Untuk pertama kalinya ia mrlihat putrinya nampak murung dan mengurung diri di kamarnya. Teman saya bertanya apakah ia sedang memiliki masalah karena tidak biasanya putrinya bersikap seperti itu. Anak teman saya menceritakan bagaimana ia justru dikhianati oleh teman yang ia sangat percayai. Ia sangat sedih namun pengalaman ini menjadi sebuah pelajaran berharga baginya untuk menghadapi berbagai masalah yang akan ia hadapi di kemudian hari. Untuk pertama kalinya ia belajar bahwa tak semua orang yang ia kenal itu baik dan tak semua orang yang tampaknya baik benar-benar baik dan dapat dipercaya.


Baca juga: Keguguran Dua kali Setelah Enam Tahun Menantikan Anak Kedua, Inilah yang Memampukan Saya Bertahan


Kita sebagai orang tua tidak mungkin terus menerus melindungi anak kita dari masalah. Mereka harus mengalaminya agar dapat mempelajarinya. Dunia ini dipenuhi oleh orang-orang yang tidak ingin menyaksikan keberhasilan kita. Dan pengalaman hidup adalah pelajaran paling berharga agar kita bisa kuat menghadapi dan juga beradaptasi dengan berbagai macam orang yang kita temui.

thepragmaticparent

"Apakah ia dapat bertemu dengan cinta sejatinya?"


Setiap orang tua pasti mengharapkan anak-anaknya bisa menemukan cinta sejati mereka dan menikahkan putra putrinya dengan harapan mereka bisa hidup bahagia selamanya dengan pasangan mereka. Hal yang sama menjadi pergumulan saya. Sekalipun anak-anak masih kecil namun kelak saya ingin agar mereka dapat berjumpa dengan pria yang baik yang dapat mencintai mereka seperti saya mencintai mereka, dan menjaga mereka seperti saya menjagai mereka.


"Apakah kelak saya dapat menyaksikan setiap moment penting dalam hidup mereka?"


Menyekolahkan anak, melihat mereka lulus dengan penuh rasa bangga. Menikahkan anak, dan melihat mereka melahirkan putra putri mereka sendiri. Menyaksikan bagaimana mereka sendiri pada akhirnya menjadi orang tua yang hebat dan merawat anak-anak mereka sendiri. Bukankah semua momen indah ini menjadi harapan kita dan jika diberi usia panjang, bukankah setiap kita ingin menjadi bagian dari setiap momen tersebut? Ya, saya pun demikian.

Baca juga: Demi Masa Depan Anak Perempuan Kita: Perhatikan Hal-Hal Ini

"Tidak ada yang lebih pasti daripada doa"

Usia kita tidak ada yang tahu kapan kita dipanggil kembali ke rumah Bapa. Mungkin hari ini mungkin esok mungkin 10 mungkin 100 tahun lagi... tidak ada yang tahu pasti. Apa yang akan kita hadapi dan apa yang akan anak-anak kita hadapi, semua juga tidak ada yang tahu pasti. Namun satu hal yang pasti, setiap doa kita pasti didengar oleh Tuhan dan setiap keinginan dan harapan kita pasti tersampaikan. Kita tidak bisa memegang masa depan, namun kita bisa meletakannya di tangan Tuhan. Dan percaya, bahwa kehidupan kita telah diatur oleh-Nya. Semua yang terbaik telah dirancangkan oleh-Nya bagi kita dan juga bagi putra putri kita jika kita senantiasa berpegang dan berharap kepada-Nya.


Artikel-artikel inspiratif ini hanya sebatas satu klik saja:

Tiga Bahaya yang Mengintai Kids Zaman Now. Orangtua Harus Waspada!

Pencegahan Disorientasi Seksual pada Anak, Orangtua Harus Melakukan 7 Hal Ini

Anak Merasa Terjebak dalam Tubuh yang Salah? Orangtua, Lakukan 5 Hal ini untuk Menolongnya



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Anak Berulang Tahun, 4 Kekuatiran ini Muncul. Setiap Orangtua Pasti Mengalaminya". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Beatrice Fella | @Beatricefella

A wife and a mother of two beautiful daughters. -I'll feed you love and I hope that's enough to inspire you through suffering, holding you up-

BAGAIMANA MENURUTMU ?

Silahkan login untuk memberi komentar