Agar Cinta Tak Membutakan dan Membahayakan Diri, Buka Mata terhadap 5 Hal Ini

Love & Friendship

photo credit: pixabay

2.5K
Tujuan yang kita miliki seharusnya jelas, yaitu saling membangun bukan menjatuhkan.

Siapa yang tidak tahu cinta? Siapa yang tidak pernah mencintai? Pasti kita pernah merasakan hal tersebut, tidak perlu malu untuk mengakuinya. Ada istilah bahwa “cinta itu buta”. Bernahkah cinta itu buta, sehingga kita tidak bisa “melihat”. Maka ketika dua orang yang saling mencinta melakukan hal yang “buta”, tinggal salahkan cinta saja, maka beres sudah.

Akhirnya banyak orang menggunakan cinta sesuka hati. Semua diatasnamakan cinta. Ketika pasangan berbuat kasar baik perkataan atau tindakan, ketika pasangan menginginkan hubungan fisik yang melewati batas, semua mengatasnamakan cinta. Apakah benar cinta itu mengajarkan kita menerima ketidakbenaran? Cinta itu tidak seharusnya buta, tetapi cinta seharusnya terbuka. Inilah 5 hal yang perlu dilakukan agar cinta tak membutakan Anda.


1. Terbuka tujuan

photo credit: pexels

“Cinta yang sehat memiliki tujuan yang sehat”

Cinta buta melahirkan sebuah kenyataan yaitu sakit hati karena tidak melihat tujuannya. Tujuan yang kita miliki seharusnya jelas, yaitu saling membangun bukan menjatuhkan. Tidak mengedepankan keegoisan masing-masing yang harus dituruti. Terbukalah dalam mencintai, tanyakan hal-hal baik apa yang ingin diraih bersama.


2. Terbuka komunikasi

photo credit: freestocks

Hubungan terdiri dari dua orang dan pastinya dalam hubungan selalu ada komunikasi. Komunikasi yang benar tidaklah menipu diri sendiri, segala sesuatu yang disampaikan benar-benar keadaan kita. Ada banyak orang ketika mencintai mulai lupa dengan keadaan dirinya. Membuat kebohongan untuk membenarkan diri dan tidak menjadi apa adanya. Hanya untuk mendapat rasa aman dan nyaman dalam cinta sehingga kehilangan nilai diri. Terbuka komunikasi menjadi sarana baik dalam sebuah hubungan. Jika kita mampu menjelaskan kekurangan kepada pasangan maka kita juga akan belajar menjadi benar dalam memantaskan bukan sebagai beban.


3. Terbuka status

Kita tidak berani mengakui status perasaan karena menjaga perasaan orang lain. Bukankah ini buta? Sulit mengakui pasangan kepada orang lain dapat memberi kesempatan cinta yang liar muncul dalam hidup kita. Ingat kekuatan cinta yang tak sehat merusak, hal yang baik pun mampu menjadi rusak karena sikap sembunyi-sembunyi. Tidak jarang dalam sebuah hubungan menjadi rusak karena menutupi statusnya agar bisa “bermain” dengan orang lain. Terbukalah dengan keberadaanmu jika kamu malu “pikirkan ulang kata cinta mungkin anda belum siap mencintai”.

Baca juga: Jenuh dan Lelah dengan Percintaanmu? 2 Hal Ini akan Menyegarkan Relasimu

4. Terbuka kepribadian

Setiap orang dilahirkan memiliki keprbadian yang berbeda-beda. Nah, momen dalam sebuah hubungan menjadi salah satu kita mengenali kepribadian orang lain. Biasanya seseorang menyembunyikan pribadi yang sesungguhnya karena takut ditolak atau takut ditinggalkan. Jujurlah pada diri sendiri seperti apa kita sebenarnya dan tunjukkanlah itu kepada pasangan kita. Jika dia sungguh-sungguh mencintai pasti dia akan menerima pribadimu, dan sama-sama berjuang untuk saling memahami. Jika dia meninggalkanmu karena kepribadianmu, akhirnya kamu tahu siapa sebenarnya pasanganmu itu.


5. Terbuka Dompetnya

photo credit: pexels

Anak remaja yang sedang mengenal cinta, memiliki ekspresi cinta yang gila bahkan mereka rela tidak makan untuk mengajak kencan di restoran dengan orang yang dicinta. Mereka lupa uang di dompet mereka pemberian orang tua. Dalam sebuah hubungan kita juga perlu terbuka dalam hal isi dompet. Tidak dipungkiri menjalin sebuah hubungan memerlukan biaya yang tidak sedikit demi menyenangkan pasangan kita. Apalagi jika kita sudah mulai terbuka dengan tujuan yang ingin dicapai. Jika kita sudah memiliki penghasilan, tentu perlu juga mengatur pengeluaran kita. Semua dimulai dari belajar setia terhadap perkara kecil dan nantinya akan diberi perkara yang besar. Percayalah, seberapa kita terbuka serta berusaha selalu ada jalan untuk bahagia

Baca juga: 3 Kualitas Inilah yang Membuat Cinta Bernilai. Pastikan Kamu Memilikinya!

Datang kepada Tuhan sebelum anda memutuskan untuk mencintai karena Tuhan hanya sejauh doa. Jika Anda mulai memiliki cinta yang “buta”, berdoalah dan belajar untuk berkomitmen dalam keterbukaan.


 -

Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Agar Cinta Tak Membutakan dan Membahayakan Diri, Buka Mata terhadap 5 Hal Ini". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Stefanus Yuliyanto | @stefanusprasetyoyuli

BAGAIMANA MENURUTMU ?

Silahkan login untuk memberi komentar