9 Tanda Cinta Sejati. Jangan Sampai Tertipu!

Reflections & Inspirations

[image: Path of Love]

1.2K
Hidup kita adalah tentang cinta. Tentang kasih. Percayalah.

Para psikolog sepakat bahwa kebutuhan manusia yang paling mendasar adalah mencintai dan dicintai. Cinta bisa memberi daya ungkit bagi seseorang untuk berprestasi, bahkan membuat sesorang yang sedang berpacaran berlaku konyol. Cinta memberikan arti yang dalam bagi manusia, juga membawa harapan serta tujuan hidup.

Hampir semua orang menginginkan cinta. Bahkan, ada yang rela menyerahkan segalanya demi orang yang dicintainya. Kalau cinta begitu menakjubkan, mengapa keberadaannya sering kali terasa langka di dunia kita saat ini? Mengapa justru lebih banyak kebencian yang bertebaran?

Sebelum berpikir terlalu banyak, marilah kita melihat sembilan hal berikut yang dapat membuktikan apakah cinta itu sebenarnya:



1. Cinta itu memercayai hal-hal terbaik atas orang lain.

[image: Steemit]

Lebih dari sekadar perasaan romantis, cinta melampaui perasaan gelisah, jantung dag-dig-dug, dan mulut yang gampang berkata “I love you”. Sejatinya, cinta berarti memercayai hal terbaik atas orang yang kita kasihi dengan sepenuhnya.



2. Cinta itu tidak menjelek-jelekkan orang lain.

Cinta hadir sebagai pembungkus yang memberikan kehangatan serta kesejukan. Ia tak melakukan kekekerasan terhadap orang lain. Ia warna yang indah, membuat siapa pun yang melihat merasa kagum dan takjub.

Baca Juga: Menghadapi Gosip tanpa Baper, Ini Caranya!



3. Cinta itu tidak meninggikan diri sendiri.

Cinta membuat kita memberikan yang bisa kita lakukan dengan tulus dan tak mengharapkan pujian yang berlebihan. Dibandingkan dengan apa yang kita tahu tentang cinta, terlebih penting untuk mewujudkan cinta itu terhadap sesama.



4. Cinta itu sabar terhadap orang lain, bahkan yang menjengkelkan sekalipun.

Bersikap sabar bukan berarti mengalah atas keadaan, tetapi suatu keputusan yang harus diambil dengan memikirkan kebaikan bersama. Seperti misalnya, kesabaran kita menanti saat antrian panjang di pintu tol pun bisa menjadi wujud cinta kepada sesama.

Baca Juga: Saat Mengajar Mama Menggunakan Instagram, Hal-Hal Ini Mengharukan Hati Saya



5. Cinta itu merayakan hidup bagi orang yang dicintai.

[image: kolybelivanovo]

Ada sebuah tulisan yang pernah saya baca. Tulisan itu berkisah tentang seorang ibu yang tetap mengasihi anaknya meskipun anaknya sering menghinanya lantaran ia tak berdaun telinga, Padahal saat anak itu lahir, ibunya rela mendonorkan daun telinganya bagi anaknya yang terlahir tanpa daun telinga.



6. Cinta itu gembira atas keberhasilan seorang.

Apa yang terjadi hari ini belum tentu akan sama di hari esok. Selama masih ada kesempatan, berikan selamat kepada seseorang yang sedang merayakan keberhasilanya. Satu ucapan saja dapat memberi arti yang mendalam bagi seseorang.

Baca Juga: Belajar Memuji dengan Tulus Namun Maknyus dari Pak Bondan



7. Cinta itu pengalaman saat demi saat.

Hal ini bisa berarti, ketika berjumpa dengan seseorang yang membutuhkan bantuan, saat itu kita hadir. Intinya, cinta itu bukan apa yang akan kita terima. Akan tetapi, apa yang kita berikan dengan tulus.



8. Cinta itu pantang menyerah.

Salah satu penghalang cinta dalam hidup adalah rasa iri atau dendam. Jika perasaan-perasaan seperti ini masih menempel dalam diri, sebaiknya mulai jauhkan semua itu dari hidup kita. Percayalah, semua itu tak ada gunanya dan malah dapat merugikan diri sendiri nantinya. Bangkitkan semangat setiap hari dengan kebahagiaan. Mulailah hidup dengan cinta yang positif.



9. Cinta itu meneladani Sumber dari cinta kasih.

[image: Healing Universe]

Cinta yang sejati hanya berasal dari Tuhan, sebab pada dasarnya Tuhan adalah kasih. Kita hanya perlu datang kepada Tuhan dengan hati yang terbuka, dan efek cinta sejati itu akan terpancar seluas-luasnya, keluar masuk melalui hati kita bagi siapa pun yang terkoneksi dengan hidup kita.

Pada akhirnya, hampir seluruh hidup kita adalah tentang cinta dan tentang kasih. Percayalah. Cintalah yang membuat hidup ini sangat berarti.


Baca juga artikel-artikel inspiratif mengenai cinta ini

Cinta yang Tak Teruji, Tak Layak Dijalani. Inilah 5 Pertanyaan untuk Menguji Ketulusan Cinta

3 Kualitas Inilah yang Membuat Cinta Bernilai. Pastikan Kamu Memilikinya!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "9 Tanda Cinta Sejati. Jangan Sampai Tertipu!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Lio Frand | @liobijumesfrand

Lio Bijumes, dilahirkan di Binuang, Krayan Tengah kelahiran pada 01 Juni 1993. Saat ini menempuh pendidikan S2 jurusan Magister Management Human Resources, di Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta. Penulis Lepas.

BAGAIMANA MENURUTMU ?

Silahkan login untuk memberi komentar