5 Inspirasi Kehidupan dari Drama Korea 'Live' yang Anti Mainstream Ini

Reflections & Inspirations

drakoreaindo

7.4K
Polisi juga manusia. Setiap hari mereka pun harus berjuang.

Berbeda dengan Drama Korea lain yang banyak menyuguhkan romantisme, film ‘Live’ memiliki kisah yang unik dan menarik. Bermula dari kejenuhan saya terhadap Drama Korea yang melulu mengisahkan tentang pengusaha kaya dan si miskin, atau tentang drama medical, atau yang paling terakhir dan yang sedang populer adalah tentang masalah hukum dan pengacara, akhirnya secara tidak sengaja saya menemukan film ini, Saya langsung menyukainya sejak episode pertama.

Film ini berkisah di seputar kehidupan para polisi ketika mereka setiap hari harus berjuang mulai dari awal pelatihan mereka hingga masa tugas mereka menghadapi berbagai masalah tentang masa lalu mereka, tentang keluarga, hingga tentang kematian. Kisah-kisah dalam film ini diceritakan secara lugas dan tidak dibuat-buat secara berlebihan. Ada banyak pelajaran berharga tentang kehidupan yang bisa kita petik dari setiap episodenya.


Setiap tindakan kita melahirkan konsekuensi

Sejak awal episode kita sudah diajarkan mengenai hal ini. Ketika bertugas, setiap polisi harus memikirkan setiap akibat dari tindakan mereka. Sejak dini mereka telah dilatih untuk bertindak sesuai dengan buku manual. Setiap tindakan yang menyimpang dari buku manual bisa mengakibatkan dijatuhkannya hukuman yang berat kepada polisi pelakunya. Tidak hanya itu, bukan hanya diri sendiri yang mengalami hukuman, tetapi partner mereka pun bisa mengalami akibat yang buruk, bahkan kematian.

Bukankah hal yang sama juga kita hadapi setiap hari di hidup kita? Setiap tindakan yang kita ambil selalu mendatangkan konsekuensi. Oleh karena itu kita harus senantiasa berpikir panjang sebelum mengambil sebuah keputusan. Kita harus memikirkan akibat dari setiap tindakan kita terhadap diri kita sendiri dan juga terhadapa orang-orang di sekitar kita.


Setiap rintangan membantu kita untuk melihat pintu peluang lain yang terbuka

Pada awal episode dikisahkan bagaimana sulitnya para tokoh di dalam film itu berjuang untuk mendapatkan pekerjaan demi memenuhi kebutuhan hidup. Setiap rintangan yang mereka hadapi akhirnya membuka jalan bagi mereka untuk menjadi seorang polisi.

drakoreaid

Dalam kehidupan kita berapa banyak rintangan yang harus kita hadapi?

Tak peduli seberapa besar usaha yang telah kita lakukan, masih saja kita bisa dihadapkan pada kegagalan demi kegagalan. Namun di balik itu, setiap kegagalan akan menuntun kita pada peluang-peluang baru.

Jika kita tetap berpandangan positif dan tetap optimis dalam kehidupan ini, maka kita dapat dengan mudah melihat setiap pintu peluang yang terbuka di hadapan kita. Walau kini terasa berat, namun semua akan terasa indah pada waktunya.

Baca juga: Taeyang: Kegembiraan Pernikahannya Semoga Menjadi Inspirasi untuk Kegembiraanmu


Loyalitas lebih berharga dari pada emas permata

Dikisahkan setiap anggota baru dalam kepolisian memiliki seorang mentor. Hubungan mentor dan junior ini berlangsung terus menerus dengan erat bahkan sampai sang senior melewati masa pensiunnya. Sekali mereka menjadi partner maka selamanya mereka akan saling menjaga sebagai partner.

Ketika kita memiliki sahabat yang sungguh-sungguh loyal, maka kita telah memiliki seseorang yang lebih berharga dari emas permata. Karena loyalitas kini telah menjadi sebuah barang langka yang seringkali terkikis oleh kepentingan-kepentingan pribadi.


Hidup penuh dengan ketidakadilan, tergantung bagaimana kita menyikapinya

Ketika seorang polisi telah melaksanakan tugasnya dengan benar dan sepenuh hati, justru ia bisa disingkirkan oleh rekan-rekannya sendiri, sementara polisi lain yang terlibat korupsi dan prostitusi malah mendapatkan hukuman yang sangat ringan.

Dalam kehidupan kita ketidakadilan semacam ini seringkali terjadi. Entah berapa kali kita berusaha melakukan yang terbaik namun harus menderita karena ditusuk dari belakang oleh rekan kita sendiri, sementara orang lain bisa seenaknya sendiri menggunakan kekuasaan dan uang mereka untuk kepentingan mereka pribadi.

Baca juga: While You Were Sleeping: Inilah Pelajaran Hidup Terpenting yang Saya Dapatkan dari Drama Korea yang Nge-hits ini

Hidup ini penuh dengan ketidakadilan dan yang berkuasa serta memiliki banyak uang bisa melakukan apa saja sesuka mereka, sementara yang lemah akan diinjak-injak dan ditindas.

sinopsiskeren

Namun hasil akhirnya tergantung bagaimana kita menyikapinya.

Apakah kita akan menyerah dan putus asa begitu saja dan membiarkan diri kita semakin diinjak-injak? Ataukah kita akan tetap bangkit dan berjuang walaupun berat untuk mempertahankan harga diri? Pilihan ada di tangan kita.


Polisi juga manusia

Satu pelajaran terakhir dari film ini: polisi juga manusia. Selama ini imaji saya tentang polisi adalah orang-orang kuat yang telah terlatih secara fisik untuk melindungi masyarakat. Seringkali saya lupa bahwa merekapun hanyalah manusia biasa.

Film ini mengisahkan suka-duka para polisi yang harus bekerja terkadang lebih dari waktu yang ditentukan, tidak peduli siang atau malam, bahkan pada hari libur mereka.

Mereka pun manusia yang bisa sakit, memiliki keluarga dan mengalami berbagai masalah keluarga. Mereka juga memiliki rasa takut ketika menghadapi para penjahat terutama yang bersenjata dan ketika situasi menempatkan mereka dalam bahaya. Bagaimanapun juga, mereka memiliki berbagai kelemahan seperti layaknya manusia pada umumnya.

Baca juga: Rest in Peace Jonghyun Shinee: Pelajaran-Pelajaran Berharga dari Kepergiannya

Film ini membuat saya lebih bisa menghargai para polisi, terutama mereka yang dengan giat melaksanakan tugas mereka untuk melindungi masyarakat.

Jika Anda menyukai film yang menyuguhkan kehidupan nyata, tidak terlalu menonjolkan romantisme, dan lebih mengutamakan makna persahabatan serta arti kehidupan maka film ‘Live’ ini sangat cocok untuk Anda saksikan.


Artikel di bawah ini sangat inspiratif. Klik di sini:

Terlalu Banyak Nonton Drama Korea dan Hal-Hal Berbahaya Lain yang Dapat Membunuh Relasi

Tak Gemerlap Seperti di Panggung! 6 Realita Mengejutkan Kehidupan K-Pop Idols



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "5 Inspirasi Kehidupan dari Drama Korea 'Live' yang Anti Mainstream Ini". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Beatrice Fella | @Beatricefella

A wife and a mother of two beautiful daughters. -I'll feed you love and I hope that's enough to inspire you through suffering, holding you up-

BAGAIMANA MENURUTMU ?

Silahkan login untuk memberi komentar