Waspadalah! Satu Hal ini Lenyap, Pernikahan akan Hancur dalam Sekejap

Marriage

photo credit : foochia

4.7K
Setialah kepada pasangan. Hargailah kepercayaan yang sudah diberikan. Bangunlah pernikahan dengan saling setia sampai maut memisahkan.

Bukankah menghancurkan sebuah rumah lebih mudah dan cepat? Hanya membutuhkan waktu hitungan hari saja. Sedangkan membangun sebuah rumah bukankah lebih sulit dan butuh waktu lama? Bisa puluhan bahkan ratusan hari lamanya. Sama halnya seperti pernikahan. Butuh waktu yang lama untuk saling mengerti dan memahami pasangan. Tetapi, butuh waktu yang singkat untuk menghancurkannya. Apakah itu?

Satu hal yang dapat menghancurkan pernikahan dalam sekejap adalah hilangnya kepercayaan.

Suatu kisah nyata dari teman saya. Sebut saja namanya Lani. Lani dan suaminya bukanlah pasangan yang baru menikah. Usia pernikahan mereka boleh sudah cukup lama, lebih dari 10 tahun. Sore hari, Lani datang ke rumah saya. Dengan berlinang air mata Lani memeluk saya. Sebagai teman saya sangat terkejut. Tiba-tiba dia datang sambil menangis.

Baca juga: Waspada! Inilah 5 Hal Sepele yang Menyebabkan Keretakan Rumah Tangga

Setelah saya minta untuk duduk dan menenangkan diri. Saya dengarkan Lani bercerita. Ternyata Lani mengalami kesedihan yang sangat dalam. Lani mengatakan bahwa rumah tangga yang dibina selama ini hancur. Suami telah merusak kepercayaannya.

Tidak mudah bagi Lani saat itu melepas suaminya untuk bekerja mencari nafkah ke luar kota. Tapi, apa daya kebutuhan ekonomi mendesaknya. Lani dengan berat hati pun memberi izin untuk suaminya bekerja di luar kota, supaya kehidupan ekonomi mereka lebih baik. Memang penghasilan yang ditawarkan di luar kota tersebut cukup banyak.

Tak disangka pengorbanan Lani selama ini berakhir nestapa. Pengorbanan Lani sebagai ibu sekaligus merangkap figur ayah selama suaminya tinggal di luar kota tidaklah mudah. Setiap ada masalah dalam rumah, Lani harus berjuang sendiri. Bahkan kadang kesepian melandanya. Tanpa rasa mengeluh, Lani lakukan itu semua demi masa depan yang lebih baik bagi keluarganya.

Impian membangun pernikahan bahagia hancurlah sudah. Setelah sang suami membohonginya. Di luar kota, suaminya bersama wanita lain. Pukulan itu begitu keras menghantam Lani, sehingga dia tidak tahu harus berbuat apa. Lani tidak tahu bagaimana harus membangun kembali pernikahannya.

Kepercayaan adalah hal mendasar dalam pernikahan. Sekali rusak sulit untuk mengembalikannya.

Baca juga: Bukan Semata Malas, Inilah 5 Penyebab Suami Enggan Membantu Pekerjaan Rumah Tangga

Mengembalikan kepercayaan yang telah hilang, butuh waktu yang sangat lama

photo credit: Greatist

Hilangnya kepercayaan apakah bisa kembali? Bisa, tapi butuh waktu yang sangat lama untuk mengembalikan kepercayaan seseorang. Apalagi kepercayan tersebut dihancurkan oleh orang yang dicintai.

Tidak mudah memang. Butuh proses yang lama dan melelahkan. Karena hilangnya suatu kepercayaan itu bukan berhenti pada titik nol, tetapi minus. Kedua pihak pasti akan merasa lelah dalam memperjuangkannya. Baik bagi suami Lani dan terutama bagi Lani sendiri. Tidak mudah bagi Lani untuk bangkit dan menata hatinya yang sudah hancur. Sulit bukan, hal itu untuk dilakukan?

Hargailah suatu kepercayaan yang diberikan pasangan kita. Karena kepercayaan itu sangat mahal harganya.


Luka pasti meninggalkan bekas

photo credit: newshealthtoday

Ketika orang terluka cukup parah pasti ada bekasnya. Apalagi luka hati, pasti sangat membekas. Ditambah lagi yang menggoreskan luka adalah orang yang kita cintai. Mungkin dari perjalanan waktu Lani akan bisa membangun pernikahannya kembali dengan suaminya. Mungkin Lani bisa memaafkannya, tetapi hati yang sudah terluka pasti ada bekasnya. Ibarat Guci apabila pernah jatuh dan disambung kembali tetap ada bekas sambungannya. Tidak bisa kembali utuh seperti semula.

Baca juga: Orangtua Ketahuan Berselingkuh, Sebagai Anak, Lakukan 3 Hal Ini demi Keutuhan Keluarga

Berdoa pada Tuhan

Saat hati kita sedih, menangislah. Dengan menangis bisa mengurangi beban pikiran kita. Tetapi satu hal terpenting jika kita mengalami kesedihan, pengkhianatan dan kehancuran hidup datanglah pada Tuhan. Berdoa dan carilah Tuhan.

Hanya Tuhan yang sanggup menghibur, menguatkan dan menyembuhkan luka batin setiap orang yang menderita. Berserulah kepada Tuhan, karena “Tuhan itu dekat kepada orang-orang yang patah hati, dan Ia menyelamatkan orang-orang yang remuk jiwanya” – Daud.

Sekarang kita tahu, bahwa hilangnya kepercayan dalam suatu pernikahan berakibat hancurnya pernikahan itu sendiri. Mulai saat ini rawatlah pernikahan itu, karena sekali runtuh sulit untuk membangunnya kembali.

Setialah kepada pasangan. Hargailah kepercayaan yang sudah diberikan. Bangunlah pernikahan dengan saling setia sampai maut memisahkan.


Tulisan-tulisan ini akan memberikan inspirasi untuk menata pernikahan dan keluarga :

Suami Selingkuh, Istri Cerdas Bertindak Realistis. Begini Strategi Teman Saya Mengatasi Perselingkuhan Suaminya

Punya Istri Cantik, Kok Suami Masih Saja Selingkuh? Ini 3 Penyebabnya

Perselingkuhan: 3 Mitos Keliru yang Dipercaya Mereka yang Tergoda untuk Berselingkuh


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Waspadalah! Satu Hal ini Lenyap, Pernikahan akan Hancur dalam Sekejap". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Christine Santoso | @christinesantoso

BAGAIMANA MENURUTMU ?

Silahkan login untuk memberi komentar