Waspadailah Teman-teman yang Mempunyai 3 Perilaku Ini. Mereka akan Merusak Diri dan Masa Depanmu!

Love & Friendship

photo credit: pexels

16K
Mencari teman yang baik sangat sulit. Ibarat mencari jarum dalam lumpur. Apabila kita tidak berhati-hati, maka bisa tersakiti. Hindari mereka yang memiliki 3 tanda berikut ini.

Sadar atau tidak bahwa setiap kali berteman kita tak selalu menyadari apakah teman tersebut baik atau tidak. Tak jarang, karena telah terlanjur akrab dan keasyikkan berteman, perilaku dan nilai buruk dari mereka juga mulai kita miliki. Bahkan, kita lebih cepat mengikuti pengaruh buruk, daripada pengaruh yang baik.

Kebiasaan buruk lebih cepat menular daripada kebiasaan yang baik.

Sebelum terlalu jauh akibat yang kita rasakan, kenali 3 tanda anda memilih teman yang tak baik.


1. Membawa kita semakin jauh dari Tuhan

photo credit: Good Housekeeping

Terkesan sepele, namun hal ini sangat penting dan berdampak besar bagi kita. Jika kita beteman dengan teman yang mengajari hidup dalam dosa, pesta pora, pornografi, dunia malam, judi, dan hal-hal bertentangan dengan agama, maka bisa dipastikan bahwa dia bukan teman yang baik untuk kita miliki. Selama kita berteman dengan teman yang seperti itu, maka dia akan terus membawa kita hidup semakin jauh dari Tuhan.

Jika kita memiliki teman seperti itu lebih baik tinggalkan, karena lambat laun dapat membawa kehancuran masa depan dan juga kehancuran rohani kita.

Teman yang baik adalah teman yang mengajari kita untuk dekat dengan Tuhan. Dari dia, kita semakin bertumbuh rohani dan belajar hal yang baik. Teman yang jahat adalah teman yang membawa kita hidup jauh dari Tuhan. Kita hanya dapatkan contoh-contoh yang tidak baik, bahkan bisa membawa kita terjerumus dalam dosa.

Baca Juga : Jangan Rusak Persahabatan dengan Melakukan Tiga Hal Ini di Momen Istimewa Teman-temanmu


2. Hanya ada di saat senang

photo credit: The Huffington Post

Teman yang baik adalah teman yang selalu ada di saat suka maupun duka. Banyak orang bercerita saat mereka masih memiliki uang, banyak teman datang padanya. Tetapi, saat mereka mengalami kesulitan keuangan, teman-temannya justru meninggalkannya.

Baca juga: Just Friends alias Sekadar Teman, Mungkinkah dalam Relasi antara Pria dan Wanita?

Ibarat kata pepatah ada gula ada semut. Maka, dari itu pilihlah teman yang selalu ada bagi kita di saat suka maupun duka. Jangan memilih teman yang hanya ada saat senang saja. Tetapi, saat kita susah dia justru meninggalkan kita. Tipe teman seperti ini tidak pantas untuk kita pertahankan.

Jangan mencari teman yang seperti semut, yang hanya mau medekati saat manis saja.


3. Memakai topeng

photo credit: College Is My Life

Seringkali dalam berteman, beberapa orang ada yang menggunakan topeng di depan kita.

Hal ini membuat saya teringat akan kisah hidup saudara saya. Ia adalah orang yang baik, polos dan mudah percaya dengan orang apalagi teman. Namun, kepolosan dan kebaikannya dimanfaatkan oleh teman dekatnya. Dengan memasang wajah belas kasihan, teman dekatnya memohon untuk dicarikan pekerjaan di kantornya. Karena rasa kasihan saudara saya membantu memasukkan ke kantornya. Satu tahun berlalu tidak disangka ternyata teman yang ditolongnya justru menjelek-jelekan, mefitnah, menghasut dan menjadi aktor utama dalam dipecatnya saudara saya di kantornya.

Hal yang serupa juga dialami teman saya. Teman saya adalah orang yang memiliki karakter yang hampir sama dengan saudara saya. Hanya saja pengalaman yang dialaminya berbeda dengan saudara saya. Teman saya memiliki teman yang memakai topeng padanya.

Berpura-pura baik, santun, bertutur kata manis, menyenangkan, tetapi di balik semua itu terdapat racun.

Perlahan tapi pasti, teman saya terbawa dalam dunia berdosa. Oleh karena temannya yang berpura-pura baik tetapi sebenarnya punya niat jahat. Dia ingin merusak teman saya, mulai dengan mengajari merokok, judi, miras, dugem dan main wanita. Semua kelakukan buruknya diajarkan semua kepada teman saya. Dia telah merusak teman saya yang baik itu menjadi serupa dengannya.

Baca juga: Teman tapi Mesra, Kesenangan Sementara dalam Ketidakpastian. Inilah Pelajaran yang Saya Dapatkan dari Menjalani Hubungan Tanpa Status

Berhati-hati dalam berteman itu jauh lebih baik, daripada membawa kita tersesat. Mungkin contoh teman saya adalah salah satunya. Kemungkinan besar orang lain juga mempunyai kisah serupa dengan teman saya.

Kelihatan sepele, tetapi memiliki dampak yang besar. Jangan sampai kita salah memilih teman. Bagaimanapun, pergaulan yang buruk merusak kebiasaan yang baik.

“Siapa bergaul dengan orang bijak menjadi bijak” – Salomo.



Tulisan-tulisan ini akan memberikanmu inspirasi untuk menata relasi demi masa depan :

Sahabat Sejati atau Sekadar Kawan? Inilah 10 Tanda yang Menjadi Pembedanya

5 Keuntungan Ini Membuktikan bahwa Sahabat adalah Calon Terbaik Pasangan Hidup. Setuju?

Teman Saya Menikah dengan Seorang Gay. Inilah Kisah 10 Tahun Pernikahan Mereka dan Apa yang Saya Pelajari

Just Friends alias Sekadar Teman, Mungkinkah dalam Relasi antara Pria dan Wanita?


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Waspadailah Teman-teman yang Mempunyai 3 Perilaku Ini. Mereka akan Merusak Diri dan Masa Depanmu!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Christine Santoso | @christinesantoso

BAGAIMANA MENURUTMU ?

Silahkan login untuk memberi komentar