Wanita, Sering Mengalami Kesulitan Memahami Pria? Inilah 3 Rahasia Pria yang Perlu Kamu Tahu

Singleness & Dating

[Image: helpwithrelationship.com]

18.9K
Tak mudah untuk memahami pria. Sama seperti wanita adalah salah satu misteri bagi pria, saya rasa demikian juga sebaliknya. Inilah 3 hal yang perlu diketahu setiap wanita tentang pria.

“Sebenarnya, Si Anton itu sayang atau tidak ya, Pak, sama saya? Kadang mendekat, eh tahu-tahu menghilang.”

“Saya tak bisa mengerti. Suami saya sudah punya pekerjaan bagus, eh kok malah ingin pindah. Beberapa kali terjadi seperti itu.”

“Suami saya orangnya tenang dan bijaksana. Tapi, kalau sudah kena urusan uang, wah … bisa meledak dengan cepat. Padahal jumlahnya tak seberapa. Ada apa, ya?”


Tak mudah untuk memahami pria. Sama seperti wanita adalah salah satu misteri bagi pria, saya rasa demikian juga sebaliknya. Ada yang pernah menggambarkan bahwa wanita itu dari Venus, sementara pria dari Mars, dan mereka bertemu di Bumi. Tak selalu saya bisa menyetujui penggambaran yang kadang terasa menyederhanakan masalah yang ada itu. Namun, poin utama dari penggambaran itu jelas: pria dan wanita mempunyai dunia masing-masing yang kadangkala tak terpahami oleh pihak lain.

Baca Juga: Pria, Pahami dan Lakukan 5 Hal Ini untuk Menaklukkan Sang Pujaan Hati

Beberapa waktu yang lalu, saya membaca kembali Wild at Heart dan beberapa buku lain tulisan dari John Eldredge. Buku kontroversial ini, menurut saya mengungkap dengan gamblang sisi-sisi maskulinitas yang seringkali terabaikan. Sisi-sisi pria yang kadangkala tak terpahami oleh pria sendiri. Sisi-sisi pria yang sebaiknya dimengerti oleh wanita.

Ada cukup banyak poin menarik dari Wild at Heart dan juga buku lain, tapi setidaknya inilah 3 hal yang perlu wanita mengerti tentang natur - sifat atau watak bawaan - pria.



1. Tantangan Membuat Pria Hidup

“Deep in his heart, every man longs for a battle to fight, an adventure to live, and a beauty to rescue.” - John Eldrege

[Image: Thought Catalog]

Ya, inilah tiga hal yang membuat seorang pria merasa hidup. Pria mendambakan sebuah perjuangan, petualangan, dan keindahan. Mirip dengan gambaran seorang superhero yang sedang berjuang untuk mengalahkan kejahatan yang merajalela di bumi. Dalam perjuangan itu, pria juga mencari pendamping yang cantik untuk mendampingi hari-harinya yang keras dan tak mudah.

Tantangan! Ini yang membuat pria hidup sepenuhnya. Tak jarang seorang pria bisa meninggalkan karier yang mapan demi sebuah petualangan yang baru dengan segala risikonya.

Risiko adalah apa yang membuat hati pria berdebar-debar, melangkah dalam kegentaran, dan seorang pria menikmatinya.

Barangkali, keinginan akan perjuangan dan petulangan inilah yang membuat beberapa pria nekat mengambil jalan yang salah: mengabaikan anak dan istri demi mendapatkan tantangan dan akhirnya kepuasan dari relasi dengan wanita yang lain.

Padahal, tantangan terbesar bagi pria seharusnya adalah berkomitmen, bukan? Berjuang untuk mempertahankan komitmen. Berjuang untuk mengalahkan rutinitas yang tak terasa menantang lagi.

Baca Juga: Perselingkuhan: 3 Mitos Keliru yang Dipercaya Mereka yang Tergoda untuk Berselingkuh



2. Pria Menyimpan Luka

“Every man carries a wound. I have never met a man without one. No matter how good your life may have seemed to you, you live in a broken world full of broken people.” - John Eldregde

[Image: psicologo-reggio-emilia.it]

Luka. Pria pun mengalami beberapa luka sepanjang perjalanan hidupnya. Berbeda dengan wanita yang bisa berkumpul dan bercerita tentang luka-luka mereka, pria tidak demikian. Pria menyimpan luka itu bagi dirinya sendiri. Bahkan kadangkala, pria berperilaku seolah-olah ia tak mempunyai luka.

Bagi pria, mengakui luka pada wanita adalah seperti membuka aib dan kelemahannya. Ia tak lagi nampak perkasa. Tak lagi nampak perkasa adalah salah satu ketakutan pria, bukan? Coba perhatikan saja betapa larisnya pengobatan atau terapi terkait vitalitas pria. Iklan-iklan yang beredar menjanjikan pria untuk menjadi perkasa, bukan?

Luka - yang tak terungkap - seringkali ada di balik perilaku tertentu. Hal-hal yang membuat pria mendadak marah dan kehilangan pengendalian diri harus dicurigai sebagai wilayah di mana luka itu ada. Sebaliknya, keinginan untuk membuktikan diri yang berlebihan, misalnya dengan menaklukkan wanita demi wanita, juga adalah indikasi di mana luka itu berada.

Baca Juga: Wanita, Periksa Kesiapan Pasanganmu untuk Menikah Lewat 4 Pertanyaan Ini



3. Kekalahan itu Menakutkan

“Most men wait to move until victory is guaranteed.” - John Eldredge

[Image: survivalife.com]

Jika pria menyukai tantangan dan petualangan, maka apa yang paling menakutkan baginya? Kekalahan! Kekalahan menjadi sangat menakutkan bagi pria karena memukul harga diri dan kebanggaannya. Itulah sebabnya, apabila ragu, pria cenderung menunggu. Diam.

Nah, ini yang mengesalkan beberapa wanita, bukan? Bayangkan, seorang pria yang gencar-gencarnya mendekati seorang wanita, eh tahu-tahu lenyap. Padahal perasaan si wanita sudah bertumbuh, tapi pria itu tiba-tiba raib, seperti ditelan bumi. Ya, begitulah pria. Ia tak ingin mengalami penolakan, yang dimaknainya sebagai kekalahan. Ia tak akan maju lagi, apabila tak merasa ada tanda-tanda kemenangan. Wanita, berilah tanda, kibarkanlah bendera, agar pria bergerak maju [lagi].

Jika pria menyukai tantangan dan petualangan, mengapa kadang ia lamban dalam mengambil keputusan? Tak ingin salah dan kalah.

Kadang rasa tak ingin salah, apalagi kalah, itu membuatnya tak melanjutkan melangkah. Tak perlu dipaksa-paksa. Pria akan melangkah bila yakin langkahnya menuju kemenangan.



Baca Juga:

Wanita, Inilah 8 Definisi Romantis Menurut Pria. Lakukanlah agar Pasangan Makin Mencintaimu!

Wanita, Jangan Sampai Menjadi Korban PHP! Inilah 5 Tanda Pria Tak Serius Menjalani Relasi

Wanita, Bukan Soal Kecantikan, Inilah 4 Kualitas Diri yang Dapat Membuat Pria Jatuh Cinta

Peran Wanita dalam Relasi dengan Pria: Dijajah, Menjajah, atau Adakah Pilihan Lain?



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Wanita, Sering Mengalami Kesulitan Memahami Pria? Inilah 3 Rahasia Pria yang Perlu Kamu Tahu". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Wahyu ‘wepe’ Pramudya | @pramudya

Wahyu 'wepe' Pramudya adalah seorang pembicara, nara sumber acara di radio dan penulis buku. Wepe tinggal di Surabaya.

BAGAIMANA MENURUTMU ?

Silahkan login untuk memberi komentar