Tiga Kategori Mahasiswa : Kupu-kupu, Kunang-kunang, dan Kura-Kura. Periksa Kelebihan dan Tantangannya. Kamu Termasuk yang Mana?

Work & Study

College Student via studyinsured

9.9K
Tidak ada yang lebih unggul atau lebih rendah di antara mahasiswa kupu-kupu, kunang-kunang, maupun kura-kura. Kini saatnya kamu jeli memahami kekurangan dan kelebihannya agar tidak gamang menjalani hari-hari ke depan dan impian hidup bisa kamu genggam.

Tidak ada yang salah dengan ketiga tipe mahasiswa ini. Sama seperti manusia yang memiliki sisi baik dan sisi buruk, masing-masing tipe mahasiswa memiliki kekurangan dan kelebihan. Mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing tipe mahasiswa dapat membantu kamu dalam menjalani dunia perkuliahan serta menyiapkan diri menuju dunia kerja.


1. Mahasiswa Kupu-kupu

[photo credit : usnews]

Kamu yang seringkali langsung pulang ketika kelas perkuliahan berakhir, termasuk dalam tipe ini. Bagimu, rumah adalah tempat paling nyaman di dunia. Kamu yang setelah kuliah langsung berganti status menjadi pekerja paruh waktu, juga termasuk dalam tipe ini. Bagimu, mahasiswa berpenghasilan itu tidak hanya menambah uang jajan tetapi juga keren.


Kelebihan

Mungkin kamu memang seorang penyendiri. Namun, kamu bisa sepenuhnya menjadi diri sendiri tanpa dipengaruhi oleh pemikiran orang lain. Teman terbaikmu adalah keluarga, passion, dan tentu saja dirimu sendiri.

Ketika mahasiswa yang lain sibuk dengan dunia kampus, kamu sudah mulai sibuk dengan dunia kerja. Hal ini menjadi nilai lebih bagi kamu. Kelak saat lulus kuliah kamu sudah siap menghadapi medan kerja yang sesungguhnya. Namun perlu dicatat bahwa kerja paruh waktu yang kamu lakukan sudah sesuai dengan pekerjaan yang kamu inginkan kelak.

Satu lagi, kamu yang menjadi mahasiswa kupu-kupu biasanya fokus pada kuliah sehingga tidak mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan dosen.


Tantangan

Oleh karena kamu jarang berada di kampus, tentu saja kamu tidak tahu-menahu tentang dinamika kampus. Kamu buta dengan pemilwa, tidak kenal dengan satupun kandidat presiden BEM, tidak tahu gosip terkini tentang kebijakan kampus, dan bisa jadi kamu tidak tahu kalau hari ini dosenmu melakukan penelitian ke luar negeri dan kuliah dibatalkan!

Sebab kamu juga tidak banyak berinteraksi dengan teman-teman di kampus, maka kamu tidak akrab dengan mereka. Hal ini tidak akan terlalu berpengaruh jika kamu punya banyak relasi di luar kampus. Namun jika ternyata kamu juga tidak membangun jaringan di luar kampus, kamu akan kesulitan mengembangkan potensi diri.


2. Mahasiswa Kunang-kunang

photo credit: shuttershock

Kamu yang selepas kuliah hobi wisata kuliner, keluar masuk dari kafe satu ke kafe yang lain, serta menghadiri festival ini itu, termasuk dalam tipe mahasiswa kunang-kunang. Semangat jiwa muda mengalir deras dalam dirimu. Gaya hidup masa kini adalah segalanya bagimu


Kelebihan

Kebiasaanmu dalam mengunggah foto, momen, maupun status di media sosial perlahan membuatmu dikenal banyak orang. Tidak heran jika gelar anak kekinian sering disematkan padamu. Bersiap-siaplah untuk dilirik tim marketing berbagai produk. Kamu bisa jadi pendongkrak penjualan produk mereka dengan memberikan endorse. Adanya endorse membuatmu beruntung memiliki barang-barang berkualitas tanpa harus membelinya. Bukan tidak mungkin ada yang melamar kamu untuk menjadi brand ambassador sebuah produk terkemuka.

Selain itu, kamu termasuk orang yang pertama-tama tahu kabar terkini tentang berbagai event kreatif. Jika kamu pandai memanfaatkan peluang, kamu bisa menjadi volunteer di berbagai kesempatan. Hal ini tentu saja memperluas koneksimu yang kelak akan berguna jika kamu sudah lulus kuliah.


Tantangan

Jika tidak hati-hati, terlalu sering nongkrong di kafe maupun tempat-tempat keramaian lainnya bisa melenakan dirimu dari kewajiban belajar. Kamu terlalu asyik bersenang-senang sehingga lupa dengan sekitar, bahwa masih ada banyak orang yang kelaparan dan butuh pertolongan. Apalagi jika lepas kontrol, kamu bisa menghamburkan banyak uang hanya dalam sekali masuk kafe.


3. Mahasiswa Kura-kura

photo credit: Drake University

Gesit bergerak, kritis terhadap berbagai macam persoalan yang menyangkut hajat hidup orang banyak, dan selalu terlihat di berbagai sudut kampus adalah ciri-ciri bagi kamu yang menjadi mahasiswa kura-kura. Kamu adalah aktivis kampus yang tiada hari tanpa rapat. Kemarin rapat redaksi majalah kampus. Hari ini rapat kerja penyambutan mahasiswa baru. Besok rapat acara bakti sosial di desa binaan. Belum lagi ada rapat kelompok tugas kuliah.


Kelebihan

Kamulah pemuda harapan bangsa. Kepedulianmu terhadap sesama serta keinginanmu akan adanya perubahan-perubahan ke arah yang lebih baik bagi bangsa dan negara menjadikanmu sebagai aset berharga negeri ini. Kamu adalah generasi penerus bangsa yang kelak akan menuntun negara ini pada kejayaannya.

Teman-temanmu tidak hanya berasal dari dalam kelas saja, melainkan lintas jurusan, lintas fakultas, lintas kampus, bahkan lintas pulau dan lintas negara. Tidak jarang di antara kenalanmu itu adalah para dosen dan pejabat kampus yang lain. Jika kamu tertarik untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, jaringan ini tentu akan berguna bagimu. Rekomendasi dari kalangan akademisi bisa mengantarkanmu kepada beasiswa yang kamu inginkan.


Tantangan

Jika tidak pandai menyiasati waktu, jadwal rapat yang padat akan membuatmu kelabakan. Alih-alih menjadi pemuda harapan bangsa, kamu justru mengacaukan hidupmu sendiri karena terlalu banyak mengikuti kegiatan kampus yang tidak sesuai dengan dirimu.

Pada beberapa kesempatan, kamu terpaksa tidak menghadiri kelas perkuliahan karena bentrok dengan jadwal-jadwal rapat yang tiada henti. Tugas-tugas kuliah juga terancam gagal kumpul.

Itulah kelebihan dan tantangan 3 tipe mahasiswa yang sering dijumpai di kampus. Buang kebiasaan-kebiasaan yang buruk dan lakukan kebiasan-kebiasaan yang baik. Sebab masa depan ditentukan oleh apa yang kamu kerjakan dari sekarang.


Buat Kamu yang Sedang Menempuh Kuliah, Tulisan-tulisan ini akan Memberikan Inspirasi :


Terlambat Lulus Kuliah Bukan Akhir Dunia! Sebagai Mahasiswa, Kamu Masih Memiliki 7 Keuntungan Ini

Mahasiswa, Raih Pekerjaan Impianmu dengan Melakukan 7 Hal Ini dari Sekarang!

Kuliah Segera Mulai, Inilah 5 Hal yang Wajib Kamu Lakukan agar Tak Lagi Jomblo Semester Ini



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Tiga Kategori Mahasiswa : Kupu-kupu, Kunang-kunang, dan Kura-Kura. Periksa Kelebihan dan Tantangannya. Kamu Termasuk yang Mana?". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Henny Alifah | @hennyalifah

Writer and Knitter

BAGAIMANA MENURUTMU ?

Silahkan login untuk memberi komentar