Merasa Gagal karena Pernikahan Bubar? Tak Perlu, Begini Caranya

Marriage

[image: Shorts ru]

686
"Kamu bisa memilih untuk menangisi apa yang hilang dari hidupmu atau merasa bahagia dengan apa yang kamu miliki." ~ Nurul Khairanio

Pesta Pernikahan yang megah tidak menjamin langgengnya suatu hubungan pernikahan. Terkadang sebuah pernikahan yang diharapkan menjadi yang pertama dan terakhir justru harus kandas di tengah jalan. Banyak faktor yang membuat sebuah hubungan pernikahan gagal atau berakhir dengan perceraian. Di antaranya perselingkuhan, kecemburuan, ketidakpercayaan, kemarahan, kebencian, dan perbedaan pendapat yang tak kunjung selesai.

Apa yang harus dilakukan agar Anda tidak merasa gagal ketika pernikahan itu harus kandas di tengah jalan?


1. Hapus 'Sejarah' Lama

Photo Credit : Muslim.id

Jangan simpan terlalu lama hal-hal yang membuat Anda sedih karena teringat padanya. Hapus saja semua SMS, e-mail, akun Facebook, Twitter, dsb.

Ini akan membantu Anda lebih cepat move on. Barang kenangan akan menimbulkan pedih ketika mengingatnya. Untuk itu, ganti saja semua barang itu dengan barang yang baru, sehingga kenangannya tidak membuat hati Anda kembali terluka.


2. Berikan Ruang Untuk Menangis

Fondasi yang terbangun kuat dari gabungan kepercayaan, komunikasi, rasa hormat, bahkan rasa cinta sekalipun, dapat hancur seketika. Anda mungkin merasa sangat marah, tidak lagi bisa tidur dan makan dengan baik, serta terus dihantui dengan berbagai perasaan negatif tentang masa depan. Oleh karena itu, berilah ruang bagi diri Anda sendiri merenung tanpa harus menghakimi diri. Berikan waktu beberapa saat untuk diri Anda menangis. Setelahnya, Anda harus mampu bangkit kembali.

3. Bersyukurlah

Photo Credit : Thegangmagazine

Kehilangan seseorang yang dicintai memang sangat menyakitkan. Apalagi jika pernikahan itu telah berlangsung lama.

Namun, Anda bisa memilih apakah ingin terus menangisi yang telah hilang, atau mencari hikmah dari keadaan tersebut dengan mensyukuri apa saja karunia lainnya yang telah didapat dalam hidup.

Bersyukur merupakan salah satu cara menghilangkan sedih yang efektif.


4. Teruskan Hidup

Apa pun yang terjadi, kehidupan tidak pernah berjalan mundur, tetapi selalu berjalan ke depan. Jangan berlama-lama terpuruk pada keadaan. Jangan terus-menerus larut dalam kesedihan. Lanjutkanlah hidup, pikirkanlah banyaknya tanggung jawab yang masih harus dilakukan. Jika perceraian menyisakan tanggungan buah hati, fokuslah untuk kehidupannya.


5. Miliki Hidupmu Kembali

Photo Credit : Rula.id

Yang seru adalah ketika Anda bisa menikmati hal-hal yang belum sempat dilakukan pada saat terikat pernikahan. Tak ada salahnya lakukan travelling sendirian. Buat rencana bepergian dalam waktu dekat ini, dan pastikan Anda tahu ke mana Anda akan pergi. Buat juga peta tempat-tempat mengagumkan yang akan Anda datangi. Ingat, ini adalah liburan Anda.


6. Jangan 'Musuhi' Makeup

Jangan biarkan guratan-guratan kesedihan itu tergambar jelas di wajah Anda. Justru perhatikan penampilan Anda dan jangan hindari makeup. Anda harus tetap membuat diri Anda tetap cantik untuk me-maintain rasa percaya diri. Di sisi lain, makeup juga dapat membantu Anda tampil lebih fresh sambil menyembunyikan mata yang sembab setelah menangis semalaman.


Baca juga artikel-artikel inspiratif tentang menghadapi perceraian ini:








Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Merasa Gagal karena Pernikahan Bubar? Tak Perlu, Begini Caranya". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Nurul Khairanio | @nurulkhairanio

Always happy with my journey , foodish , Falling in love with writing

BAGAIMANA MENURUTMU ?

Silahkan login untuk memberi komentar