Terpaksa Menjalani Pacaran Jarak Jauh? Sikapmu terhadap 5 Hal Ini akan Menentukan Sukses atau Tidaknya LDR

Singleness & Dating

photo credit: Pinterest

26.7K
Sulit bukan berarti tak mungkin. Pacaran jarak jauh alias LDR memang tak mudah, namun bukan berarti tak bisa menjadi indah.

Setiap pasangan muda pastilah berharap bahwa masa berpacaran akan berlangsung secara mulus sampai pelaminan. Namun, kenyataannya tidaklah selalu demikian. Kadang, ada saja masalah yang timbul yang memerlukan perhatian dan tindakan khusus. Seperti yang dialami teman saya Tommy. Ia mengenal kekasihnya sejak kuliah, dalam sebuah seminar pendidikan yang dilakukan di sekolahnya. Saat pertemuan itu mereka saling bertukar nomor HP.

Beberapa hari kemudian, Tommy mengajak kenalannya itu untuk bertemu di sebuah taman kota. Karena sering berkomunikasi dan bertemu, akhirnya tumbuhlah benih cinta di antara mereka dan akhirnya mereka menjalin hubungan. Sebulan setelah mereka berpacaran, Tommy mendapatkan kesempatan kerja di luar negeri dengan salary yang tinggi. Tommy dan kekasihnya berunding untuk memutuskan kelanjutan hubungannya. Mereka pun resmi menjalani LDR alias hubungan jarak jauh.

Satu hingga dua tahun, hubungan mereka dapat dijalani dengan baik, namun saat memasuki tahun ketiga permasalahan bermunculan dan menggoncang kepercayaan serta keharmonisan hubungan yang mereka jalani. Permasalahan yang terus terjadi dalam hubungan mereka membuat mereka menyerah dan mengakhiri jalinan cintanya.


Apakah kamu pernah mengalaminya atau baru mau memutuskan untuk LDR? Jika ya, setidaknya ada 5 hal yang harus kamu pertimbangan sebelum memutuskan menjalani relasi jarak jauh.


1. Jarak membuat kita membuat asumsi-asumsi yang tidak tepat

photo credit: resonateclinic

Menjalani hubungan pacaran jarak jauh memang gampang-gampang susah. Berbagai media komunikasi yang ada saat ini tentu membuat mereka masih tetap berhubungan meski saling berjauhan. Meski begitu, bukan berarti hubungan LDR bisa berjalan lancar-lancar saja. Seringkali media komunikasi membuat pelaku LDR harus memahami lebih dalam apa yang diungkapkan oleh pasangannya. Tak jarang mereka menyimpulkan atau membuat asumsi yang ternyata berbeda dengan kenyataannya.

Maka, kemampuan berkomunikasi yang baik menjadi hal yang sangat penting bagi setiap pasangan, apalagi yang menjalani LDR.


2. Waktu yang terbatas untuk mengenal kekasih

photo credit: Daily Mail

Masa berpacaran adalah masa pekenalan antara kamu dan kekasih. Butuh waktu untuk mengenal kekasihmu. Ketika memutuskan LDR, pertimbangkan bahwa kamu akan memiliki waktu yang terbatas untuk mengenal kekasihmu. Bila kamu memang merasa sanggup, lanjutkankanlah, namun ingat untuk merenungkan sebelum memutuskan. Keputusanmu akan menentukan masa depanmu kelak.

Baca juga: 13 Tahun Menjalani Pacaran Jarak Jauh, Inilah 4 Tips dari Saya untuk Long Lasting Long Distance Relationship


3. Sediakan waktu untuk saling menyelaraskan

photo credit: The Huffington Post

Pada umumnya pasangan yang berpacaran jarak jauh harus berjuang keras menyelaraskan diri satu sama lain. Sebaiknya, sebelum memutuskan menikah, hendaklah pasangan yang berpacaran jarak jauh menyempatkan diri untuk tinggal satu kota pada beberapa waktu, agar dapat memahami satu sama lain, sebelum terpisah jarak.


4. Pacaran jarak jauh butuh rasa percaya yang tak rapuh

photo credit: Notey
Berpacaran jarak jauh sangat rentan untuk mengundang kecurigaan yang berlebihan.

Meskipun sudah saling percaya, rasa curiga kemungkinan besar tetap akan muncul karena tak bisa segera melihat pasangan secara langsung. Apalagi jika kesibukan menyita waktu keduanya, sehingga komunikasi pun menjadi kurang berkualitas. Untuk itu, kepercayaan penuh antar pasangan sangat diperlukan.

Baca Juga : LDR Survival Guide: 7 Tips untuk Hubungan Jarak Jauh yang Langgeng dan Minim Drama


5. Bersiaplah untuk tak goyah, saat hadir godaan orang ketiga!

photo credit: Steven Aitchison
Hubungan jarak jauh rentan akan kehadiran orang ketiga. Hadirnya pihak lain yang selalu ada di masa-masa sulit tentu bisa membuat kesetiaan seseorang menjadi goyah. Tidak hanya pria yang rentan akan perselingkuhan, wanita pun bisa tergoda dengan pria lain.

Kedekatan emosial dengan orang ketiga dapat membahayakan hubungan cinta yang sudah kamu lalui dengan kekasihmu selama ini. Karenanya, menjaga komitmen dan menjalin ikatan emosional yang baik dengan pasangan, harus menjadi harga mutlak yang kalian sepakati.

Itulah 5 hal yang perlu kalian pertimbangkan, kala LDR menjadi satu-satunya pilihan keberlangsungan hubunganmu. Walau sulit, bukan tak mungkin LDR berakhir bahagia kok, justru melalui hubungan jarak jauh, kesetiaan kalian dapat teruji satu sama lain. Artikel-artikel berikut ini juga dapat menginspirasi hubungan cintamu.


Buat kamu yang berjuang untuk merawat relasi, tulisan-tulisan ini akan memberikan inspirasi :


Dari Pacaran Menuju Pernikahan, Inilah 5 Tanda Kamu dan Pacar Sudah Siap Mengubah Status Relasi

Apakah Pacarmu Saat ini Cocok Menjadi Pendampingmu dalam Menjalani Pernikahan? Cek 3 Hal Ini Saja!

Selama Pacaran, Raih 5 Relationship Goals yang Benar-Benar Penting ini demi Kebahagiaan Pernikahan Kelak

Ketika Cinta Tak Sempurna, Lalu Bagaimana Menjalaninya tanpa Lara?



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Terpaksa Menjalani Pacaran Jarak Jauh? Sikapmu terhadap 5 Hal Ini akan Menentukan Sukses atau Tidaknya LDR". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Yoel Prasetyo | @yoelprasetyo

Yoel Prasetyo adalah pembicara publik dan pemerhati perkembangan anak, dan juga sebagai pengajar di sebuah yayasan. Berasal dari Solo saat ini tinggal di Surabaya.

BAGAIMANA MENURUTMU ?

Silahkan login untuk memberi komentar