Terlambat Lulus Kuliah Bukan Akhir Dunia! Sebagai Mahasiswa, Kamu Masih Memiliki 7 Keuntungan Ini

Work & Study

academic papers

4.5K
Menyandang status mahasiswa telat lulus tidaklah selalu buruk. Selalu ada sisi-sisi baik dari apa yang dianggap orang lain sebagai hal yang buruk. Ini buktinya!

Mahasiswa akhir memang tak bisa dilepaskan dari skripsi. Kerap kali skripsi menjadi sebuah perbincangan hangat di kalangan mahasiswa senior. Apalagi bagi mahasiswa yang sudah menyandang status mahasiswa lebih dari empat tahun. Topik seputar skripsi dan kelulusan adalah momok. Namun demikian, ada hal yang bisa kamu syukuri jika belum menyandang gelar sarjana. Jangan bermuram durja ketika pertanyaan ‘kapan lulus?’ Belum bisa kamu jawab. Semua butuh proses. Ada 7 hal yang bisa kamu syukuri ketika belum menyandang gelar sarjana. Berikut ulasannya.


1. Kartu Mahasiswa adalah "Senjata Pamungkas"

photo credit: Credit Online Payment Fun

Bukan hanya menjadi identitas dari seorang mahasiswa, Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) juga bisa jadi kartu diskon maupun voucher. Sudah menjadi rahasia umum, jika kalangan mahasiswa adalah kalangan khusus. Hampir setiap tempat, seperti rumah makan, bioskop, warung internet, maupun pusat perbelanjaan menyediakan potongan khusus untuk mahasiswa.

Kamu ingin mendapatkan paket mahasiswa di berbagai tempat? Kamu bisa mendapatkannya dengan mudah! Cukup menunjukkan KTM, diskon pun kamu peroleh. Beruntungnya kamu masih menjadi mahasiswa, karena beberapa perguruan tinggi akan mengambil KTM jika sudah lulus.


2. Nikmati Fasilitas Kampus Selagi Bisa

photo credit: wow Reads

Pada dasarnya, fasilitas kampus hanya diperuntukkan untuk mahasiswa dan civitas akademika. Fasilitas yang disediakan kampus pun sesuai dengan kebutuhan hidup mahasiswa. Mulai dari sepeda kampus, buku di perpustakaan, akses jurnal internasional di e-library, fasilitas kesehatan, dan wifi. Bagi kamu yang bukan mahasiswa, mungkin akan merogoh uang lebih banyak untuk mengakses fasilitas tersebut. Namun ketika kamu masih terdaftar mahasiswa, kamu bisa mengaksesnya dengan cuma-cuma.

Buku yang menjadi referensi skripsimu mahal? Buku yang kamu cari, langka dan sudah lawas? Kamu tak perlu kesulitan, perpustakaan universitas pasti memiliki koleksi lengkap. Kamu juga bisa menikmati wifi tanpa harus membayar per-jam. Selain itu, kamu tak perlu membayar jurnal berbayar, karena universitas sudah berlangganan. Tak perlu repot mencari tempat berobat atau memeriksakan kesehatanmu ketika sakit. Fasilitas kampus yang lengkap bisa kamu nikmati!


3. Bisa Memperluas Jaringan

photo credit: WordPress

Tak perlu merasa bahwa hidupmu berakhir. Memang lulus terlambat adalah sebuah kenyataan yang harus diterima dan dihadapi. Namun lihatlah sisi baiknya. Jika kebanyakan temanmu telah meninggalkan kampus, kamu masih bisa merasakan suasana kampus. Kamu yang masih mahasiswa tetap bisa berorganisasi atau mengikuti acara-acara di kampus. Kamu pun bisa melebarkan jaringan di kampus. Adik angkatan atau mahasiswa baru bisa jadi teman barumu. Siapa tahu, salah satu dari mereka adalah jodohmu suatu hari nanti.

Banyak agenda atau kegiatan yang membutuhkan status mahasiswamu. Misalnya untuk exchange ke luar negeri, mengikuti sebuah kompetisi, konferensi, kursus bahasa, volunteer, maupun bekerja paruh waktu. Melalui itu, kamu bisa memperluas jaringan.


4. Bisa Terus Belajar dan Memperdalam iImu

photo credit: Boston University

Mahasiswa angkatan ‘tua’ relatif dibebaskan untuk seat in, alias menyimak kelas di luar peminatanmu. Sambil menunggu jadwal bimbingan skripsi, kamu bisa mampir ke kelas yang tidak dapat kamu ikuti saat masih semester awal dulu. Selama masih berstatus mahasiswa, kamu bisa terus belajar di kampus. Ilmu yang kamu miliki pun semakin mendalam. Berbeda dengan temanmu yang sudah lulus, kamu mendapatkan wawasan tambahan.


5. Menjadi Pribadi yang Lebih Kuat

photo credit: GaijinPot InJapan

Kuliah dengan durasi yang lebih lama dari mahasiswa lain mampu menyadarkanmu bahwa selalu ada perjuangan di balik setiap pencapaian. Kesuksesan membutuhkan proses. Kamu menjadi pribadi yang tangguh dan lebih menghargai waktu. Kamu dihadapkan pada berbagai kendala selama mengerjakan skripsi. Kamu pun belajar untuk tidak menyerah dan terus menghadapinya. Hal tersebut melatihmu menjadi pribadi yang tahan banting.


6. Menjadi Lebih Bersyukur atas Hal-hal Kecil

photo credit: mastersportal

Sebagaimana kendala dan tantangan yang terus muncul saat proses pengerjaan skripsi, kamu jadi lebih menghargai hal-hal kecil. Tanda tangan dari dosen pembimbing, jawaban dari informan, dan halaman yang kamu ketik. Kamu bersyukur atas segala kemudahan karena selama ini prosesmu berliku. Kamu juga menyadari setiap waktu sangatlah berharga. Selain itu, kamu pun menjadi sadar bahwa waktu sangatlah berharga. Tidak boleh menyia-nyiakan waktu begitu saja.


7. Lebih Siap Menghadapi Masa Depan

photo credit: US News

Sementara teman-temanmu telah wisuda lebih dahulu, mungkin kamu telah melewati beberapa kali periode wisuda. Kamu menjadi saksi teman-temanmu melepas status mahasiswa menjadi alumni. Secara tak langsung, kamu pun memiliki gambaran mengenai apa yang harus dilakukan setelah lulus nanti? Kamu pun lebih memikirkan tentang dunia paska kampus. Belajar dari pengalaman teman-temanmu, kamu jadi lebih mempersiapkan diri. Kamu pun punya rencana yang lebih baik untuk masa depanmu.


Pada akhirnya, menjadi mahasiswa adalah tentang meletakkan pijakan yang kuat untuk masa depanmu. Manfaatkan waktu ini untuk mempersiapkan dirimu menghadapi ‘kehidupan nyata’ sesudah lulus. Tak perlu berkecil hati ataupun sedih ketika kamu masih sibuk dengan skripsimu. Ada banyak hal positif yang bisa kamu dapatkan. Tetaplah bersyukur, meskipun apa yang kamu rencanakan tidak sesuai dengan kenyataan. Tetap semangat, ya!


Buat Kamu yang Masih Menempuh Kuliah, Tulisan-tulisan ini akan memberikan semangat kepadamu :


Mahasiswa, Raih Pekerjaan Impianmu dengan Melakukan 7 Hal Ini dari Sekarang!

Lulus S1: Kerja atau Lanjut S2? 3 Pedoman Ini Akan Membantumu dalam Mengambil Keputusan

Kuliah Segera Mulai, Inilah 5 Hal yang Wajib Kamu Lakukan agar Tak Lagi Jomblo Semester Ini

Bagaimana Cara agar Sukses Menaklukan Wawancara Kerja? Simak 'Bocoran' dari Seorang Pimpinan HRD Perusahaan Besar di Indonesia



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Terlambat Lulus Kuliah Bukan Akhir Dunia! Sebagai Mahasiswa, Kamu Masih Memiliki 7 Keuntungan Ini". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Vindiasari Yunizha | @vindiasariyunizha

Catching the dream. Nothing is impossible. Penyuka jingga dan warna orange :)

BAGAIMANA MENURUTMU ?

Silahkan login untuk memberi komentar