Tak Sekadar Membesarkan Otot, Saya Mendapatkan 3 Pelajaran Berharga ini di Pusat Kebugaran

Reflections & Inspirations

photo credit: Oregon Sports News

2.4K
Dunia tak hanya membutuhkan orang-orang dengan otot yang terlatih, namun juga orang-orang terus belajar untuk membuat dirinya dan lingkungannya menjadi lebih baik.

Bayangan kita tentang pusat kebugaran atau biasa disebut juga gym dan club fitness, adalah tempat orang-orang yang berbadan kekar sedang mengangkat beban berat. Seolah tidak ada tempat bagi mereka bertubuh kurus. Tetapi seiring dengan maraknya pusat kebugaran yang dibuka di mall, maka terjadi banyak perubahan. Sekarang kita bisa berjumpa dengan begitu banyak orang dengan bentuk tubuh di sana, laki laki dan perempuan, kekar dan berlemak, gemuk dan kurus, tua dan muda.

Pusat kebugaran sekarang juga bisa meningkatkan status sosial kita, karena biaya yang harus kita bayarkan untuk menjadi anggota itu tidaklah murah. Kita juga bisa melakukan banyak hal selain hanya mengangkat beban. Ikut berbagai macam kelas, mendapat teman yang memiliki hobi sama, hingga sekadar selfie untuk menunjukan kesadarannya terhadap kebugaran. Tidak heran, kalau akhirnya tak sedikit orang yang sudah ikut menjadi anggota sekian lama, tetapi tidak memiliki perubahan signifikan pada tubuh atau kesehatannya.

Memang, pusat kebugaran bukan hanya tempat memperbesar otot, selain tempat menjaga stamina, sejak menjadi anggota di sebuah pusat kebugaraan, paling tidak saya mendapatkan 3 hal penting tentang hidup yang bisa kita jadikan pelajaran bersama.


Belajar untuk hidup sehat

photo credit: Pinterest

Di zaman yang diserbu dengan makanan cepat saji dan berkalori tinggi, tentu olahraga menjadi satu kebutuhan penting, agar tubuh tetap seimbang. Walau biasanya yang ikut berlatih dengan pertimbangan kesehatan adalah mereka yang usianya sudah “dewasa,” itu pun setelah hasil check up dari laboratorium menunjukkan banyak skor berbahaya. Berbeda dengan anak muda yang ikut dengan banyak motivasi lain. Ada juga seorang anak muda yang rajin berlatih dengan harapan memperoleh perut sudah six pack dan tidak memalukan ketika berlibur di pantai.

Seharusnya semua orang yang mengikuti aktvitas di pusat kebugaran, sadar bahwa dengan berlatih maka tubuh akan menjadi lebih sehat.

Dengan tubuh yang sehat, maka kita bisa beraktivitas lebih baik, bisa melakukan banyak karya bagi dunia, dan tentu ini juga menjadi pertanggung-jawaban kita terhadap tubuh yang Tuhan percayakan kepada kita. Jadi siapa pun kita, kalau sudah menjadi anggota pusat kebugaran, ayo berlatih serius supaya sehat!

Baca juga: Ketika Pasangan Terbaring Sakit, Inilah 9 Cara Menunjukan Perhatian dan Menjaga Diri tetap Sehat


Belajar untuk berkomunitas

photo credit: Yelp

Salah satu yang disukai oleh anggota pusat kebugaran adalah mengikuti kelas-kelas yang disediakan, mulai dari yoga, TRX, Zumba, body pump, aerobic, dan lain-lain. Bukan hanya mendapatkan manfaat bagi kesehatan saja, tetapi mereka juga bisa berkomunitas. Karena biasanya, kelas itu akan diikuti oleh orang dengan ketertarikan sama, sehingga mudah bagi mereka untuk menjadi akrab satu sama lain. Akhirnya, mereka mulai sering pergi bersama, memakai dress code yang sama waktu berlatih, bahkan mungkin juga mengadakan arisan atau pertemuan di luar kelas.

Bukankah ini juga hal yang baik di tengah dunia yang “dingin”, karena semua orang hanya memikirkan diri sendiri dan tidak peduli dengan yang lain? Bisa memiliki teman dan saling berbagi tentu hal yang indah. Memang pasti ada kisah tidak baik yang kita dengar dari sebuah komunitas, karena itu tentu kita tetap harus bisa memilih teman yang baik dan juga tetap waspada. Tetapi bukan berarti kita tidak mau berkomunitas sama sekali.

Selama hidup di dunia, tentu kita akan selalu berelasi dengan orang lain. Itu tugas yang Tuhan berikan kepada setiap kita. Gunakan kesempatan bertemu orang lain sebagai kesempatan untuk berkomunitas.

Kalau kita bisa punya sebuah komunitas, termasuk di pusat kebugaran, kenapa tidak kita jadikan itu sebagai komunitas yang positif dan membangun. Bisa saling menguatkan, menginspirasi dan juga berbagi. Jadi siapa pun kita, kalau sudah menjadi anggota pusat kebugaran, ayo berkomunitas sehat!

Baca juga: Dari Antrian BPJS, Saya Menemukan Kisah Cinta Sejati dan Hal-hal Menakjubkan Lainnya


Belajar untuk tidak mudah menyerah

photo credit:communityfitness

Salah satu yang membuat orang bertahan di satu pusat kebugaran adalah adanya fokus. Ada target yang ingin dicapai ketika berlatih, mulai dari ingin memiliki body yang kekar, perut yang six pack, atau menurunkan berat badan. Target inilah yang membuat seseorang rela “disiksa” sampai bisa mencapainya. Kenapa “disiksa”? karena kalau usahanya biasa-biasa saja, pasti tidak akan berhasil. Usaha sudah maksimal juga belum tentu berhasil jika tidak dilakukan dengan tepat.

Untuk itulah diperlukan sikap tidak mudah menyerah, tahan banting dan mau terus maju. Karena perjuangannya tidak akan mudah. Lebih beratnya karena selain berlatih di pusat kebugaran, masih banyak hal lain yang dilakukan, seperti urusan menjaga makan. Kita juga jangan lupa, bahwa perlu ada proses yang panjang untuk bisa mendapatkan hasil yang terbaik.

Semangat dan tidak mudah menyerah ini tentu bagus untuk bekal kita menjalani proses kehidupan. Semangat yang dimiliki ketika berlatih, akan membuat kita juga kuat di dalam menghadapi kenyataan hidup.

Baca juga: Hidup Manusia Rapuh, Kesempatan Kedua adalah Anugerah. Selamat dari Tabrakan Mengerikan, Saya Belajar Hal-Hal Berharga ini

Dunia memerlukan orang-orang tangguh yang bisa membuat perubahan. Kalau sudah lama berlatih dan belum kurus, harus semangat dan jangan menyerah dulu. Jadi siap apun kita, kalau sudah menjadi anggota pusat kebugaran, ayo berjuang selama masih sehat!


Tulisan-tulisan inspiratif ini akan mengubah gaya hidupmu. Makin sehat, dan makin bijak dalam menjalani hidup sehari-hari :

Dari Pendakian Gunung, Inilah Tiga Pelajaran Berharga tentang Hidup yang Saya Dapatkan

Kaya : Tak Sekadar Meraih Banyak Uang, namun juga Hidup Penuh Berkat. Inilah 5 Caranya

Untukmu yang Merasa Gagal dalam Hidup: Inilah 3 Inspirasi dari Mereka yang Berhasil Melampaui Keterbatasan, Bangkit dari Keterpurukan dan Keluar Sebagai Pemenang

Inilah Kisah Perjuangan Hidup Sahabat Saya: Seorang Anak Pemulung yang Berhasil Menyelesaikan Studi D3



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Tak Sekadar Membesarkan Otot, Saya Mendapatkan 3 Pelajaran Berharga ini di Pusat Kebugaran". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Davy Hartanto | @davyedwin

BAGAIMANA MENURUTMU ?

Silahkan login untuk memberi komentar