Suami Takut Istri: Inilah 5 Alasan yang Menjadi Penyebab dan Cara Mengatasinya

Marriage

[Image: svadebnayafeya.com]

10.8K
Sebenarnya, apa sih alasan suami takut istri?

Foto seorang pria yang tetap memotong rumput meskipun badai berada persis di belakangnya menjadi viral, trending topic.

[Image: express.co.uk]

“Demi istri, apa pun dilakoni sang suami. Termasuk mengerjakan tugas rumah di tengah cuaca buruk. Theunis Wessels mungkin layak jadi hubby teladan [atau hubby paling takut istri]. Pria asal Alberta, Kanada, itu tetap tenang memangkas rumput di pekarangan. Padahal, di belakangnya ada pusasaran gelap tornado yang tengah mendekat.” Begitu judul berita yang saya baca di halaman pertama koran nasional saat berangkat ke kantor.

Baca Juga: Bukan Semata Malas, Inilah 5 Penyebab Suami Enggan Membantu Pekerjaan Rumah Tangga

Sebenarnya, apa sih alasan suami takut istri? Setelah saya renungkan dari pengalaman pribadi dan obrolan dengan para suami, saya menemukan paling tidak ada 5 alasan mengapa suami takut istri.



1. Istri Terlalu Dominan

“Istriku dominan abis,” ujar seorang bapak bertubuh tambun kepada saya. Merasa ada yang aneh di sini? Takut istri, kok tubuhnya gemuk? Ini alasannya, “Karena malas ketemu istri, sehabis pulang kantor saya habiskan dengan makan-makan di restoran bersama teman-teman,” ujarnya. Wkwkwk. Pantas!

Saat berjumpa dengan anak-anaknya, mereka berkata, “Mama memang menindas Papa!”

[Image: telegraph.co.uk]
Wow! Lihat pilihan katanya:
‘menindas’.

Pantas ada suami yang memilih tetap memotong rumput dan menghadapi badai ketimbang melawan tornado istrinya!

Baca Juga: Lebih Ganas dari Virusnya! 3 Perilaku Istri Ini Membuat Para Suami WannaCry, Frustrasi



2. Istri Terlalu Menuntut

“Setiap kali tanggal tua, saya takut pulang ke rumah,” ujar seorang pegawai admin sebuah perusahaan garmen. Setelah ditanya lebih lanjut, jawabannya mengejutkan. “Soalnya, uang saya sudah menipis atau habis, tetapi istri terus nyericis minta uang. Saya merasa tidak berdaya. Mau cari tambahan penghasilan, badan sudah lelah.”

Baca Juga: Waspada! Inilah 6 Masalah Keuangan yang Dapat Menghancurkan Kebahagiaan Rumah Tangga



3. Istri seperti Detektif

“Namanya istri, saat suami pulang, seharusnya dia menyambut dengan senyuman hangat dan minuman dingin,” ujar seorang suami yang maniak es sirup kepada saya. “Namun, istriku justru menyambutku dengan berbagai pertanyaan yang aneh-aneh.”

[Image: programme-tv.net]

Apa ‘yang aneh-aneh’ itu? Ternyata istrinya takut dia menjalin affair dengan rekan sekerjanya.

Baca Juga: Wanita, Inilah 3 Rahasia yang Membuat Suami Tak Mudah Berpaling ke Lain Hati



4. Istri Tukang Gosip

Berlawanan dengan ‘istri seperti detektif’, jenis istri yang satu ini adalah ‘the greatest story teller in the world’ Wkwkwk.

“Begitu saya masuk rumah, ada saja yang istriku ceritakan. Mulai dari temannya yang yang hendak liburan ke Jepang, sampai pembantu sebelah yang dihamili sopirnya,” kata seorang suami dengan nada jengkel yang tidak bisa disembunyikan. “Bayangkan. Di kantor saya sudah mendengar keluh kesah bagian marketing yang mengatakan pasar sedang lesu, bagian keuangan yang melaporkan banyak tagihan macet, eh di rumah disodori cerita remeh-temeh seperti itu!”



5. Istri Doyan Jalan-Jalan

Lho, apa hubungannya istri jalan-jalan dengan suami yang takut pulang?

“Pekerjaan saya begitu menguras tenaga saya. Sehabis pulang kerja, saya ingin istirahat di rumah,” ujar seorang kepala gudang distribusi makanan. “Namun, belum sempat menghempaskan pantat di sofa, istri sudah menunggu dengan dandanan seperti mau ikut Miss Universe saja!”

[Image: giphy]

Jawaban suami ini bikin saya ingin ngakak abis. Saya bisa membayangkan, suami yang pulang dalam kondisi loyo, istrinya sudah siap perang abis-abisan di pusat perbelanjaan ... hehehe.

Baca Juga: Apa yang Diharapkan Suami dari Istrinya? Inilah 4 Hal yang Tak Terkatakan, Namun Dinantikan Pria dari Istrinya



Lalu, bagaimana menyelesaikan ‘benang ruwet’ di atas? Ya, dengan tidak menambah keruwetan.


“Suami, Anda adalah kepala!”

Jangan lupakan hierarki kepemimpinan ini.

Hadapi badai, eh, istri, dengan kepala tegak. Bukan karena mau menantangnya berkelahi, tetapi menunjukkan bahwa otoritas kepemimpinan ada di tangan Anda.

Saya teringat kisah seorang suami yang dengan bangga berkata kepada teman-temannya di bar, “Kalian tahu nggak, semalam istriku sampai merangkak di bawah ranjang!”

Teman-temannya, yang tahu bahwa dia anggota 'ISTI' [Ikatan Suami Takut Istri] bertanya, “Kok bisa? Tumben you seberani itu?”

"Istriku merangkak di depan kolong ranjang, memegang kemucing, sambil berkata, 'Ayo, kalau berani keluar kau!'” Wkwkwk.

Anda sudah harus menunjukkan ini sejak masih pacaran. Jika saat pacaran saja Anda sudah ‘keok’, bagaimana Anda bisa menunjukkan wibawa saat menikah?

Baca Juga: Menjadi Suami Idaman, Kesayangan dan Kebanggaan Istri, Ini Rahasianya



“Istri, Anda adalah leher!”

Apa fungsi leher? Menopang kepala.

Sebagai penopang dan penolong, dampingi suami di situasi dan kondisi apa pun.
"Behind every great husband is an encouraging wife." - NN
Karena sejak awal Anda sudah tahu kelebihan dan kekurangan suami, jangan menuntutnya melebihi kapasitasnya.

Tuhan saja memberi kepercayaan dan talenta yang berbeda-beda karena tahu kapasitas masing-masing orang. Ada yang lima, ada yang dua, ada yang satu. Tugas kita adalah mengembangkan talenta itu sesuai kapasitas kita.

Jangan seperti istri yang dengan congkak berkata, “Saya memang leher. Leher itulah yang menggerakkan suami!” Boleh saja Anda berkata begitu, tetapi kata ‘menggerakkan’ bertujuan agar suami bisa bergerak ke arah yang lebih baik, bukan dengan cara ‘menggertak’.

Gertakan memang berfungsi untuk sesaat, tetapi jangan harap bisa berusia panjang. Sebaliknya, para suami yang digertak terus-menerus akan mencari berbagai cara untuk menghindar dan mundur dari Anda.

Baca Juga: Satu Rahasia Menaklukkan Pria yang Harus Diketahui Wanita



“Suami dan istri,
ingat kalian menikah karena izin ilahi!”

Jika menyadari bahwa pernikahan adalah ide Tuhan, maka kita sudah sepatutnya menghargai dan menghormati institusi yang Tuhan dirikan. Cara terbaik adalah dengan saling mengasihi, saling menghormati, saling menghargai.

Setuju?



Baca Juga:

Merasa Salah Memilih Pasangan setelah Menikah? Inilah 5 Penyebab Utamanya

Menjadi Istri Kesayangan dan Kebanggaan Suami, Ini 4 Rahasianya

Pernikahan Tidak Bahagia? Setiap Hari 'Sleeping with The Enemy'? Inilah 6 Cara Cerdas Mengatasinya!



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Suami Takut Istri: Inilah 5 Alasan yang Menjadi Penyebab dan Cara Mengatasinya". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


XavierQuentin Pranata | @xavierquentinpranata

BAGAIMANA MENURUTMU ?

Silahkan login untuk memberi komentar