Status sebagai Mahasiswa Bukan Halangan untuk Menikmati Liburan Seru. Inilah 12 Tipsnya

Work & Study

Image Credit : blog.mamikos

7K
Siapa bilang liburan seru hanya bisa dinikmati orang dengan uang banyak? Buktinya kamu yang mahasiswa bisa pergi liburan dengan dana yang minim namun tetap seru!

Tak pernah ada yang menyalahkan saat mahasiswa hendak liburan. Bagaimana pun keuangan yang selalu dinomor satukan harus bisa dikelola dengan baik supaya tidak berakhir gigit jari. Liburan seru dan murah ala mahasiswa adalah cara dimana kamu bisa menyegarkan kembali pikiran dari setumpuk tugas kampus. Keuangan adalah hal yang paling riskan apalagi untuk mahasiswa dengan bekal terbatas tapi keinginan tak terbatas. Tapi, siapa bilang liburan seru hanya bisa dinikmati orang dengan uang yang banyak? Buktinya kamu yang mahasiswa bisa pergi liburan dengan dana yang murah namun tetap seru.

Berikut ini 12 tips yang bisa kalian gunakan, khususnya mahasiswa, dengan biaya murah dan seru saat liburan.


1. Siapkan dana

photo credit: SaveUp

Untuk kamu yang memiliki dana terbatas, sebaiknya sisihkan uang dan simpan untuk ditabung. Tidak perlu banyak-banyak, misalnya dari setiap minggu kamu ambil 20% uang jajan dan lakukan secara konsisten. Jadilah mahasiswa yang pintar, tidak hanya pintar secara akademis, pengelolaan uang pun harus terampil.

Baca juga: 9 Tips Mendapatkan Uang Sekaligus Mengatasi Kecanduan Game


2. Tentukan tempat liburan

photo credit : planificar viaje

Tips liburan kedua tentunya kamu harus menentukan tempat tujuan. Tempat yang akan dituju adalah hal yang sangat penting karena mengingat budget yang akan dikeluarkan. Sebaiknya pilih tempat yang tidak terlalu menguras banyak biaya dan perhatikan beberapa hal seperti transportasi, tempat penginapan, makan, berapa lama liburan, bahkan kalau diperlukan buatlah rundown acara agar terorganisir dengan baik.


3. Pilih waktu yang tepat

Setelah menentukan tempat, pilih waktu yang tepat untuk liburan, jangan sampai mengganggu waktu kuliah dan jangan pula ketika sedang banyak-banyaknya tugas, karena akan mengganggu kewajibanmu sebagai mahasiswa.

Jika dana terbatas, sebaiknya hindari weekend, tanggal merah, liburan sekolah atau acara besar lain, karena biasanya biaya saat liburan akan lebih tinggi dibanding hari-hari biasanya.

Baca juga: Terlambat Lulus Kuliah Bukan Akhir Dunia! Sebagai Mahasiswa, Kamu Masih Memiliki 7 Keuntungan Ini


4. Cari informasi promo

photo credit: BachelorsPortal

Liburanmu akan sangat terbantu jika mendapatkan berbagai macam promo seperti transportasi, penginapan atau bahkan paket liburan yang sedang promo. Biasanya informasi didapatkan dari internet, sehingga rajin-rajinlah untuk selalu update informasi melalui internet.


5. Kunjungi tempat wisata yang baru launching

photo credit: theunipod

Jika telah memiliki tabungan, tidak ada salahnya kamu mencari informasi tempat wisata untuk berlibur yang baru launching. Biasanya mereka memberikan promo selama beberapa periode. Berbeda dengan tempat wisata yang sudah lama berdiri dan terkenal, saat liburan tarif akan dinaikkan.


6. Reservasi jauh-jauh hari

photo credit: Tangerine Travel

Jika sudah menemukan tempat dan waktu yang tepat untuk berlibur, bahkan sudah mendapatkan paket promo liburan, sebaiknya segera lakukan reservasi minimal 1 bulan sebelum keberangkatan.


7. Ajak teman sebanyak-banyaknya

photo credit: alfa-img

Dengan mengajak banyak teman, liburanmu akan semakin seru dan hemat. Mengapa? karena pengeluaran bisa kamu bagi bersama dengan teman-teman sehingga dengan cara inilah kamu akan semakin diringankan untuk biaya liburan. Misalnya jika ingin menyewa mobil atau hotel, kamu bisa hitung total pengeluaran, kemudian dibagi sama rata dengan jumlah temanmu.


8. Menyiasati makan

photo credit: nutrition with chelsea

Untuk menyiasati pengeluaran makan, lebih baik bawa makan dari rumah atau kos. Selain makan berat kamu juga bisa bawa makanan ringan untuk mengganjal perutmu yang lapar. Jangan pernah mengesampingkan makanan, karena dana terbatas kamu tidak memperhatikan makan. Sehingga bukannya berlibur, justru dapat menambah masalah karena kelaparan. Inilah fungsinya banyak teman yang diajak, jika membutuhkan banyak dana untuk makan, maka bagi ratalah pengeluaran tersebut bersama temanmu.


9. Gunakan fasilitas mahasiswa

photo credit : Columbia Brew Bus

Biasanya ada beberapa paket wisata yang memberikan diskon atau bahkan gratis untuk mahasiswa dengan menunjukkan KTM (Kartu Tanda Mahasiswa). Manfaatkanlah fasilitas ini untuk lebih meringankan biaya saat liburan.


10. Jangan ragu berteman dengan orang baru

photo credit: Flying Hummingbirds

Tidak hanya tempat yang bisa kamu explore saat sedang berlibur, lingkungan masyarakat di sana pun tidak ada salahnya kamu jelajahi. Selain bisa menambah wawasan tempat, kamu bisa berkenalan dan bahkan bertukar nomor telepon siapa tahu suatu saat jika akan kembali kesana mereka menawarkan tempat tinggal untuk berlibur. Bersikap yang baik akan meninggalkan kesan yang baik pula.


11. Membuat daftar oleh-oleh

photo credit: Pie Susu Bali Bli Man

Sebelum akhirnya pergi ke tempat tujuan, sebaiknya buatlah dulu daftar oleh-oleh dan perkirakan biaya yang akan dikeluarkan. Sekiranya terlalu banyak mengeluarkan dana, beberapa jenis bisa kamu hapus dari daftar oleh-oleh. Oleh-oleh memang tidak wajib, jadi tak usah merasa terbebani untuk membeli banyak oleh-oleh.


12. Modal nekat

photo credit: StudentUniverse

Ini modal yang terakhir dan akan terdengar menjadi sebuah tantangan. Tapi memang dengan nekat liburanmu akan terealisasi, apalagi dengan dana yang super minim. Mungkin tips terakhir hanya bisa dilakukan bagi kalian yang suka tantangan dan siap bertahan dalam kondisi apapun.

Baca juga: Sedih karena Putus Cinta? Solo Travelling ke Yogyakarta akan Menyembuhkanmu lewat 5 Hal Ini


Nah, itulah 12 tips seru liburan ala anak mahasiswa yang bisa kamu coba. Selamat menikmati liburan yang akan datang!


Buat Kamu yang sedang menempuh studi di kampus, artikel-artikel ini akan memberikanmu inspirasi :

Tiga Kategori Mahasiswa : Kupu-kupu, Kunang-kunang, dan Kura-Kura. Periksa Kelebihan dan Tantangannya. Kamu Termasuk yang Mana?

Mahasiswa, Raih Pekerjaan Impianmu dengan Melakukan 7 Hal Ini dari Sekarang!

Kuliah Segera Mulai, Inilah 5 Hal yang Wajib Kamu Lakukan agar Tak Lagi Jomblo Semester Ini




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Status sebagai Mahasiswa Bukan Halangan untuk Menikmati Liburan Seru. Inilah 12 Tipsnya". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Anang R | @Anangridwan

Terus melangkah | www.mamikos.com | Blogger

BAGAIMANA MENURUTMU ?

Silahkan login untuk memberi komentar