Seni Merawat Keluarga : 4 Hal yang Harus Dilakukan dan 4 Tanda Keluarga Sehat dan Hangat

Marriage

photo credit: Daily Mail

4.2K
Keluarga membutuhkan perawatan untuk tetap utuh, sehat dan hangat. Lakukan 4 hal ini dan periksa kesehatan keluarga lewat 4 tanda ini.

Kalau menjadi guru dan dokter ada sekolahnya, bagaimana dengan menjadi pasangan suami istri atau orangtua? Tak ada pendidikan formal untuk hal ini bukan? Rumah adalah universitas keluarga, tempat anak belajar nilai, tradisi kehadiran dan teladan orang tua. Hubungan antara keluarga itu sangat penting, maka harus dirawat untuk terciptanya keluarga yang sehat dan berfungsi.

Orang tua sering mengatakan pada anaknya yang sudah menikah “Ojok tukaran wae, mengko adoh berkah e” artinya “Jangan sering bertengkar terus, nanti jauh rejekinya” Nasehat itu benar sekali karena di dalam keluarga rukun, berkat Tuhan turun.

Bagaimana seharusnya merawat keluarga? Inilah 4 Hal yang mesti kita renungkan, lakukan atau hindarkan untuk merawat keutuhan keluarga :


1. Keluarga adalah prioritas setelah Tuhan

photo credit: How To Use Vine Vera

Banyak orang tidak terlalu mementingkan arti keluarga. Mereka banyak sibuk dengan pekerjaannya sampai lupa dengan keluarganya. Padahal keluarga adalah satu-satunya pemberian Tuhan untuk kita. Semua teman akan meninggalkan kita di saat kita susah, sakit dan hancur. Tetapi, keluarga yang akan merawat kita, menemani dan memberi kekuatan di saat kita hancur. Setelah Tuhan, keluarga adalah prioritas selanjutnya.

Baca juga: Perbedaan Pola Pikir Bisa Membuat Keluarga Berakhir! Ini 3 Cara Mengatasinya


2. Sekali rusak, kerusakannya 'diwariskan' ke anak-cucu

photo credit: AccorHotels

Orang tua adalah teladan bagi anaknya. Anak banyak meniru apa yang dilakukan orang tua. Jika anak melihat orang tuanya sering bertengkar, mereka tidak takut untuk melakukan hal yang sama seperti orang tuanya. Dibutuhkan pemulihan yang tidak mudah bagi orang tua untuk mendidik dan membimbing anak tersebut.


3. Ciptakanlah ikatan batin

photo credit: Mirror

Kedekatan antar anggota keluarga tidak bisa terjadi begitu saja. Ada upaya yang harus dilakukan. Contohnya : suami dengan istri harus ada waktu berdua. Entah itu sekedar makan malam atau liburan ke luar kota berdua. Orang tua dengan anak-anaknya juga harus ada waktu untuk bersama. Kegiatan sederhana seperti bermain bersama, nonton film, dan memeluk anak-anak sangat penting dampaknya bagi ikatan batin keluarga.


4. Jangan timbulkan luka batin

photo credit: thestir.cafemom

Seringkali tanpa sadar banyak suami melukai hati istri, istri melukai hati suami, dan orang tua melukai hati anak, lewat perkataan maupun perbuatan. Tidak jarang suami istri bertengkar dengan kata-kata yang tidak layak diucapkan, sehingga menimbulkan sakit hati dan kepahitan. Begitu pula dengan orang tua yang tak jarang mengeluarkan kata-kata yang tidak pantas dikatakan saat marah kepada anak. Sehingga anak menaruh benci pada orangtuanya. Luka-luka batin itulah yang menyebabkan hubungan dalam keluarga menjadi dingin dan tidak nyaman lagi.

Baca juga: "Saya ingin Anak Saya Bangga pada Ayahnya" Sebuah Kisah Nyata tentang Ungkapan Cinta Ayah yang Tak Mewujud dalam Kata


Apa yang menjadi tanda keluarga yang sehat dan hangat?

Kita dapat memeriksa apakah empat hal yang menjadi tanda sebuah keluarga yang sehat dan hangat itu di tengah kita.


1. Saling merindukan

Kedekatan dan kehangatan suatu keluarga bisa terlihat dari seringnya kita merindukan anggota keluarga kita. Suami merindukan istri, istri merindukan suami. Anak merindukan orang tua dan orang tua merindukan anak. Apabila keluarga itu sehat dan berfungsi, maka rasa saling merindukan itu sangat kuat sekali. Walau baru sehari saja tidak ada di rumah rasanya sudah seperti setahun tidak bertemu.


2. Senang bersama

Keintiman suatu keluarga akan terlihat ketika mereka senang bersama-sama. Adanya keterikatan yang kuat dalam keluarga akan menciptakan keinginan selalu bersama antara anggota keluarga.

Baca juga: Memuji Anak Bukanlah Cara Tepat Membangun Percaya Dirinya. Bukan Pujian, Melainkan Satu Ini, Pembangun Percaya Diri Anak Sejati

3. Adanya rasa bangga

Seorang wanita akan sangat bangga dengan suaminya apabila suaminya berhasil menjadi figur ayah dan figur suami yang baik. Demikian sebaliknya. Hal itu juga terjadi pada anak-anak. Mereka akan bangga dengan figur orang tuanya yang baik. Bahkan anak-anak suka sekali membanggakan orang tuanya kepada teman-temannya. Sekalipun mama atau papanya jelek, anak-anak akan mengatakan mamanya cantik dan papanya ganteng. Itulah kepolosan anak-anak karena bangga dan cintanya mereka pada orang tua.


4. Senang berbagi

Anak yang suka sharing kepada orang tuanya adalah bukti dia merasa nyaman berkomunikasi dengan mereka. Tidak takut untuk dimarahi, tetapi bisa mendapat masukkan seperti seorang teman . Anak-anak lebih suka orangtua yang bisa diajak sharing dan bisa menjadi sahabatnya. Jangan pernah menutup diri pada anak-anak. Anak-anak juga butuh teman curhat yang baik, dan itu adalah orang tuanya. Begitu pula suami dan istri yang akan lebih baik jika saling berbagi. Saling terbuka dan bercerita segala hal. Mungkin suami istri bisa saling sharing pekerjaan masing-masing dan hal apa saja yang terjadi saat tidak bersama.

Baca juga: Orang tua Bisa Jadi Pembunuh Terbesar Impian Anak Sendiri. Hidup Hanya Sekali, Hindari Kesalahan Fatal ini!


Keluarga harus dirawat supaya tidak rusak. Harta yang paling berharga adalah keluarga. Mengingat sebuah lagu dari film “Keluarga Cemara” yang dinyanyikan dengan merdunya oleh Novia Kolopaking:

Harta yang paling berharga adalah keluarga.

Istana yang paling indah adalah keluarga.

Puisi yang paling bermakna adalah keluarga.

Mutiara tiada tara adalah keluarga.



Inilah tulisan-tulisan yang akan memberikan inspirasi untuk menata keluarga :

Bahagia, Meski Menderita Kanker dan Tak Berlimpah Materi. Bahwa Bahagia Sejatinya Perkara Hati, Keluarga Ini Membuktikannya

Keluarga : Bukan Surga, Bukan Neraka. Tiga Hal ini yang akan Membuat Kita Mencintai Keluarga Apa Adanya

Inilah 5 Khasiat Pelukan dan Ciuman yang Seringkali Tak Terpikirkan, Padahal Memperkuat Relasi dan Keluarga

Sekadar Seks? Bukan! Perselingkuhan Ternyata Meruntuhkan 7 Hal Penting Ini dalam Keluarga


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Seni Merawat Keluarga : 4 Hal yang Harus Dilakukan dan 4 Tanda Keluarga Sehat dan Hangat". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Christine Santoso | @christinesantoso

BAGAIMANA MENURUTMU ?

Silahkan login untuk memberi komentar