Selama Pacaran, Raih 5 Relationship Goals yang Benar-Benar Penting ini demi Kebahagiaan Pernikahan Kelak

Singleness & Dating

[Image: theknot.com]

14.6K
Relationship goal bukanlah sekadar sesuatu yang kita abadikan lewat kamera atau pamerkan di media sosial. Semua yang nampak di depan mata memang menarik, namun apa yang ada di balik itu jauh lebih penting. Inilah 5 relationship goals yang benar benar penting untuk menopang perjalanan relasi sampai pernikahan.

"Relationship goal banget!"

Satu komen singkat ini menjadi nge-trend gara-gara Awkarin dan akun sosial medianya, yang melejit di dunia maya berkat feeds yang penuh dengan sensualitas serta gaya pacaran yang luar biasa: heboh dan kelewat batas. Makna 'relationship goal' dibengkokkan, hanya karena si pemberi komentar memiliki impian untuk mempunyai pacar yang bisa diajak pacaran super romantis, sensual, dan vulgar.

Alhasil, kini banyak remaja yang mengidentikkan relationship goal dengan pacaran yang penuh kemesraan bagai suami istri. Tidak hanya mengidentikkan, mereka bahkan ikut memimpikan dan ingin mewujudkannya.

... Heloooww ...

Bangun, ayo bangun!

Relasi pacaran gak sama dengan relasi pasangan yang sudah menikah. Itu mungkin relationship goal-nya si komentator, tapi yang jelas bukan makna dari relationship goal yang sejati.

Saya beberapa kali dijadikan tempat curhat oleh anak-anak muda. Curhatan yang mirip dari pribadi-pribadi yang berbeda berkali-kali datang menghampiri saya.

Bosan pacaran.

Sudah hampir memasuki persiapan nikah tapi perasaan malah jadi hambar terhadap calon suami/istri.

Selidik demi selidik, terbongkar latar belakang yang sama: perilaku pacaran sudah terlalu jauh. Peluk, cium, bahkan ada yang sampai pada hubungan intim. Seks, yang tadinya mereka pikir akan mempererat ikatan dan ketertarikan satu sama lain malah membuat mereka merasa hambar saat menatap gerbang pernikahan yang sesungguhnya.

Baca Juga: Bukan Hanya Soal Dosa, Inilah 7 Manfaat Menolak Seks Pranikah

Bagaimana tidak? Keintiman relasi yang dirancang Tuhan untuk menjadi kejutan dan hadiah di dalam pernikahan sudah dirampas dan dieksploitasi sebelum saat yang spesial tersebut. Perilaku lancang dalam pacaran membuat pernikahan kehilangan keistimewaan dan pasangan kekasih jadi tak bergairah untuk melangkah memasukinya.

Pacaran yang penuh nafsu dan sensualitas bukan relationship goal yang sesungguhnya.

Manusia di dunia ini terlalu "nakal" sehingga memelintir makna relationship goal dari yang indah dan mulia menjadi melenceng. Tujuan pacaran diubah sesuai dengan imajinasi dari pikiran mereka yang sudah tidak jernih lagi.

Baca Juga: Waspada! Inilah 5 Ciri Cowok dan Cewek Nakal. Jangan Sampai Salah Pilih Pacar!

Lalu, apa relationship goal yang sesungguhnya dari hubungan pacaran? Jawabnya satu: pernikahan.

Pacaran bukan sekadar coba-coba atau sekadar mencari orang yang bisa menemani, karena jika demikian, bukankah lebih baik berteman atau bersahabat saja? Lebih dari itu, pacaran bukan untuk mengumbar nafsu. Pacaran adalah langkah menuju pernikahan.

Masalahnya, pribadi seperti apakah yang dirindukan untuk dinikahi? Berikut adalah 5 hal yang didambakan oleh setiap orang dalam relasi istimewa tersebut:


1. Seorang Fans Sejati

Pernah nge-fans berat dengan seseorang? Gimana rasanya? Rasanya semua tentang si dia menarik bagi kita, bukan? Dari model rambut sampai pilihan sepatunya. Apa pun yang dia lakukan menarik perhatian kita. Karakter dan sifatnya juga membuat kita terkagum-kagum. Begitu juga apa yang seseorang rasakan ketika tertarik dengan seseorang yang hendak dijadikan pendamping hidupnya.

Kamu pun tentunya menginginkan fans sejati. Fans sejati adalah orang yang tertarik dengan apa pun yang ada pada diri kamu. Mulai dari apa pun yang kamu pakai, apa yang kamu lakukan, pokoknya banyak hal dalam dirimu dikagumi olehnya. Ia tidak akan pernah mencemooh, sebaliknya selalu bangga akan prestasi dan kelebihanmu.

Fans sejati terus memikirkan kamu dimana pun ia berada dan sangat berhasrat untuk berada di dekatmu, bukan untuk mempermalukan kamu, tapi untuk memberi support padamu. Ia bahagia banget kalau bisa dekat denganmu, dan ia berharap kehadirannya dapat membahagiakan kamu juga.

Semua orang merindukan untuk dikagumi dan di-support oleh satu pribadi istimewa - layaknya seorang fans sejati - tak hanya ketika hendak memasuki pernikahan, namun hingga akhir hayat.

Baca Juga: Belajar dari Istri Ahok, Veronica Tan: 4 Peran Tak Tergantikan Istri yang Membentuk Kesuksesan Suami



2. Seorang Sahabat Sejati

Selain memiliki kriteria fans sejati, tujuanmu berelasi dekat tentunya untuk mendapatkan orang yang dengannya kamu bisa bebas berbagi tanpa dihakimi. Seseorang yang dapat bercanda denganmu dalam suka, menangis bersamamu dalam duka, namun juga dapat menegur kesalahanmu dengan penuh kasih, menjagamu agar tak terjerumus dalam lubang penderitaan akibat terlalu jauh menyimpang. Hanya seorang sahabat sejati yang dapat melakukan semua hal itu.


[Image: Canyon View Pediatrics]

Apakah kekasihmu saat ini juga bisa menjadi sahabat bagimu?

Baca Juga: Sahabat Sejati atau Sekadar Kawan? Inilah 10 Tanda yang Menjadi Pembedanya



3. Seorang Partner yang Kompak

Oleh karena relationship goal yang sesungguhnya dalam pacaran adalah pernikahan, tentunya kita menginginkan pasangan hidup yang dapat diajak bekerja sama dengan kompak. Pernikahan adalah arena kehidupan yang rumit, yang hanya bisa dinikmati dan dijalani dengan lebih ringan jika sepasang suami-istri dapat menjadi partner dan bekerja sama dengan luwes dan kompak. Mulai dari urusan rumah tangga, mengurus anak, mencari nafkah untuk menopang kehidupan seluruh anggota keluarga, semua butuh keselarasan, kata sepakat, dan saling mendukung.

[Image: womanshealthmag.com]

Partner adalah orang yang setara derajatnya. Partner sejati saling menghormati agar relasi dan teamwork yang dibangun tetap langgeng dan sukses.

Perjalanan penting dalam relasi menuju pernikahan adalah menemukan orang yang juga memiiki kriteria sebagai partner sejati yang kompak tersebut.

Baca Juga: Wanita, Periksa Kesiapan Pasanganmu untuk Menikah Lewat 4 Pertanyaan Ini



4. Seorang yang Menerima Kamu Apa Adanya

Seorang pria jatuh cinta pada seorang gadis. Gadis muda cantik idamannya tersebut memiliki sebuah syarat yang tinggi. Pria yang layak menjadi calon suaminya haruslah orang yang memiliki sejumlah kekayaan tertentu. Oleh karena itu, si pria tersebut bekerja keras untuk dapat menggapai gadis pujaan hatinya. Nasib baik membawanya pada kesuksesan di usia muda dan ia pun berhasil meminang sang kekasih hati. Roda kehidupan senantiasa berputar. Nasib baik tak selalu berada di pihaknya. Memasuki tahun ke-8 pernikahan, krisis moneter datang menghantam. Perusahaan pria ini turut tergilas. Satu per satu propertinya dilepas. Habis. Istrinya pergi begitu saja, meninggalkan dirinya dan ketiga anak mereka. Lari dengan pria lain yang menawarkan kenyamanan dan fasilitas baginya. Akhir kisah, pria tersebut meninggal dalam penderitaan dan luka hati mendalam.

Baca Juga: Pacar Materialistis: Minta Ini, Minta Itu? Inilah 3 Cara Lembut namun Tegas untuk Menyiasati agar Kamu Tak Terus Jadi ATM Berjalannya


[Image: mirror.co.uk]

Carilah seseorang yang menerima kamu apa adanya, yaitu dia yang bersedia mengasihi kamu tanpa syarat - sekalipun memang pada awalnya pasti ada kelebihanmu yang menjadi daya tarik baginya.

Kasih tanpa syarat akan memampukan seseorang untuk mencari solusi di tengah masalah yang menerpa, bukan malah memberi skakmat. Kasih tanpa syarat akan membangunkan seseorang, yang sekalipun sebelumnya tidak punya keahlian tertentu, untuk berkarya demi menopang pasangannya agar tak tergeletak oleh dera badai.

Baca Juga: 3 Gaya Pacaran Anti Boros yang Malah Menghasilkan Uang untuk Persiapan Pernikahan

Menemukan pasangan yang menerima kamu apa adanya dengan kasih tak bersyarat, hal itu yang sepatutnya kamu incar dari sebuah relasi dekat.



5. Seorang yang Setia

Saya pernah mendengar perkataan seperti ini, "Kalau pasanganku selingkuh gimana? Santai aja ... Ikut selingkuh juga. Gitu aja kok repot!" Entah orang itu serius atau tidak ketika mengatakannya. Pada zaman ini, banyak orang memandang enteng kesetiaan, menganggapnya bukan hal penting.

Sekalipun demikian, jauh di lubuk hati terdalam, semua orang merindukan pasangan yang setia - yang akan memberikan rasa aman dalam hidupnya. Hidup tak akan tenang, bak terkurung dalam sebuah ruangan dengan bom waktu, jika pendamping kita adalah orang yang tidak setia. Sewaktu-waktu bom itu dapat meledak. Sekalipun mungkin saja ada mukjizat, tapi fakta umum bahwa orang yang tidak menjujung tinggi kesetiaan suatu saat akan benar-benar berselingkuh, itu lebih menggelisahkan jiwa.

Kesetiaan, dengan demikian, adalah sebuah sifat yang patut kamu cari dalam relasi istimewamu dengan si dia.

Baca Juga: Perselingkuhan: 3 Mitos Keliru yang Dipercaya Mereka yang Tergoda untuk Berselingkuh


Untuk bisa mendapatkan orang sesuai dengan 5 kriteria di atas, tentunya harus dimulai dari dirimu sendiri dahulu.

Sudahkah kamu menjadi orang yang dicari oleh orang yang kamu cari?

Jangan egois, menuntut pasangan terus bertahan memikirkanmu padahal kamu ga pernah memikirkan kesejahteraannya. Jangan berharap mendapat sahabat sejati, jika kamu sendiri tidak bersahabat. Jangan bermimpi untuk ber-partner dengan kompak kalau kamu sendiri orang yang sulit diajak bekerja sama. Jangan menuntut untuk diterima apa adanya, sementara kamu sendiri selalu melihat “ada apanya”. Jangan berharap mendapatkan orang yang setia, kalau kamu sendiri tidak setia.



Baca Juga:

Kamu yang Masih Menunggu Jodoh yang Tepat, Ini Penting Untukmu!

Inilah 5 Kriteria Pasangan Hidup yang Tak Boleh Ditawar Lagi demi Kebahagiaan Pernikahanmu Kelak

4 Fase dalam Pacaran yang Harus Kamu Lewati untuk Hubungan yang Mantap Menuju Pernikahan

Inilah 3 Cara Pacaran Berkualitas yang Akan Memantapkan Langkahmu dan Pasangan ke Pernikahan



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Selama Pacaran, Raih 5 Relationship Goals yang Benar-Benar Penting ini demi Kebahagiaan Pernikahan Kelak". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


BACA JUGA

Heren Tjung | @herentjung

Public speaker. Pendiri Gerakan Kekudusan Seksual Kaum Muda True Love Waits Indonesia (pemegang lisensi resmi TLW International). Penulis buku Membongkar Rahasia Pornografi-bimbingan terpadu lepas dari jerat pornografi. Kontak:tlwindonesia@gmail.com

BAGAIMANA MENURUTMU ?

Silahkan login untuk memberi komentar