Saya Bertumbuh dengan Kaki yang Tak Sempurna. Orangtua Tak Menyerah dan Melakukan 5 Hal ini untuk Menata Masa Depan

Parenting

photo credit: ExpertBeacon

3.3K
Tak mudah menerima kenyataan bahwa anak yang tercinta tak lahir dengan sempurna atau mengalami gangguan pertumbuhan yang permanen. Saya mengalami hal ini, dan bersyukur memunyai orangtua yang menolong untuk menata masa depan.

Mengetahui anak yang kita cintai terlahir cacat bukanlah hal yang mudah. Mengetahui anak kita terlahir normal, namun karena kecelakaan atau sakit, akhirnya mengalami cacat permanen adalah pukulan berat bagi orang tua. Mendengar kata 'cacat' pun tak terasa menyenangkan, sehingga ada banyak istilah yang digunakan untuk menggantikan kata ini. Namun, dalam percakapan sehari-hari, inilah kata yang sering terdengar dilekatkan pada kondisi yang saya alami.

Saya dilahirkan normal, namun pada usia 1 tahun, badan saya panas tinggi. Mulai saat itu saya tidak bisa berdiri tegak. Sampai akhirnya orang tua saya membawa saya ke berbagai dokter dan juga pengobatan alternatif. Sayangnya, sampai hari ini saya tetaplah 'tak sempurna', walaupun akhirnya bisa berjalan dan berlari, namun kaki saya bertumbuh besar sebelah.

Orang tua saya sangat terpukul. Mereka sedih luar biasa. Mereka sempat berpikir jika anak lelakinya akan memiliki masa depan yang suram. Sampai pada akhirnya mereka bangkit. Inilah 5 langkah yang mereka lakukan.


1. Menerima keadaan

photo credit: ExpertBeacon

Hal penting yang harus dimiliki oleh orang tua yang memiliki anak cacat adalah menerima keadaan. Silakan bersedih, silahkan marah. Tapi kesedihan dan kemarahan tak boleh berlarut-larut. Ingat, dunia belum berakhir. Anda memiliki tanggung jawab besar untuk mepersiapkan anak Anda. Jika Anda masih sibuk dengan rasa sedih, rasa malu dan rasa marah itu tidak menyelesaikan masalah.

Segera bangkit dan sadar. Anda harus jadi orangtua hebat, lebih hebat dari orang tua lain. Anda harus bekerja keras untuk mempersiapkan dia ketika dewasa nanti.

Mungkin Anda harus mengeluarkan biaya lebih untuk mendukung dia dalam mempersiapkan diri, Anda harus siap. Anda membutuhkan energi lebih untuk membesarkannya. Ingat, dia harus dipersiapkan menjadi anak yang mandiri, karena tidak mungkin selamanya Anda ada disampingnya. Bayangkan jika Anda masih harus sibuk dengan perasaan malu, marah dan sedih. Persiapan apa yang Anda akan berikan pada sang anak? Ingatlah, jika orang tuanya saja tidak menerima dia, bagaimana dunia bisa menerimanya?

Baca juga: Untuk Pearl, Si Mungil yang Berjuang Melewati Pre-Eklampsia dan Kelahiran Prematur Bersama Mama: Besar Kekuatanmu, Nak!


2. Menumbuhkan rasa percaya diri anak

photo credit: Enjoying the Small Things

Setelah selesai dengan diri Anda. Maka berikutnya adalah sang anak. Ia harus dipersiapkan. Ia akan melihat dirinya berbeda dengan anak yang lain. Jika Anda tidak menyiapkannya, ia bisa tumbuh menjadi anak yang minder. Dan itu bisa menimbulkan masalah baru. Salah satu hal penting dalam menumbuhkan rasa percaya diri anak adalah melalui perlakuan. Bagaimana ayah dan ibu memperlakukannya. Jangan malu memperkenalkannya kepada teman kantor Anda.

Ketika anak melihat Anda bangga akan kehadirannya, maka ia akan bisa menghargai dirinya. Hal ini penting untuk membangkitkan rasa percaya dirinya.

Hal lain yang bisa dilakukan adalah mengikutkannya pada kegiatan yang ia sukai. Contohnya kursus vokal, musik atau apa pun yang ia sukai. Bukan untuk menjadi artis atau agar ia hebat di bidang tersebut, tapi lebih dari itu, adalah menumbuhkan rasa percaya dirinya. Bahwa ia memiliki kelebihan. Ia memiliki kemampuan lain yang orang lain tidak miliki. Sebuah bonus jika ternyata ia akhirnya mampu memenangkan beberapa pertandingan.


3. Bergabung dengan komunitas yang sama

photo credit: iC2 Prephouse
Tidak selamanya Anda bisa kuat menerima keadaan. Akan ada saat Anda merasa lemah. Untuk itu, cobalah dari awal bergabung dengan komunitas orang tua yang memiliki persoalan yang sama.

Percayalah, ketika anda lemah maka akan ada teman-teman yang menguatkan Anda, begitu juga sebaliknya. Saya adalah salah satu volunteer di komunitas orang tua dengan anak Berkebutuhan khusus. Bukan karena anak saya ABK. Saya sering mendapatkan para orang tua yang ada di komunitas tersebut saling menguatkan. Bahkan saya sering dikuatkan dengan cerita hidup mereka.

Baca juga: Setiap Anak Istimewa. Bantu, Bukan Paksa, Mereka Mengenali Kekuatan, Bakat dan Keunikan Pribadi serta Memilih Masa Depan Mereka Sendiri


4. Memberi pendidikan yang layak

photo credit: TAFE Illawarra

Ingatlah selalu, bahwa tidak selamanya Anda bisa berada disampingnya, karena itu Anda perlu mempersiapkannya. Salah satu wadahnya adalah dengan memberikan pendidikan yang layak bagi sang Anak.

Ketika Anda menyekolahkannya, Anda sedang mengajarkan kemandirian. Anda sedang mempersiapkan dia di masa depan untuk tidak tergantung selamanya pada Anda.

Bahkan tanpa disadari hal tersebut akan memberi tahu Anda, bahwa ternyata ia bisa sendiri. Kini ia sudah mandiri. Kini peran Anda mungkin “tidak lagi dibutuhkan”, karena Anda telah hebat dalam mempersiapkannya.

Baca juga: Moana: 5 Pelajaran Penting tentang Mempersiapkan Masa Depan Anak


5. Mempersiapkan mentalnya dari perilaku bully

photo credit: News - University of Nebraska–Lincoln

Salah satu hal yang paling berat yang akan dihadapi anak adalah perlakuan teman-temannya. Ia akan sangat rentan dengan bullying. Sebagai orang tua, Anda bisa mempelajari trik serta mengajari anak bagaimana mereka harus menghadapi bullying. Anak harus dipersiapkan untuk menghadapinya karena Anda tidak bisa menjaganya 24 jam bukan? Bangunlah kedekatan dengan anak, agar ia selalu cerita kepada Anda serta apa yang ia hadapi.

Ketika ia dibully , cobalah ajari anak untuk menghadapinya dulu. Jika masalahnya cukup besar dan Anda tahu ia tidak mampu, maka Anda bisa langsung maju untuk menyelesaikan atau memberi jalan keluar. Namun, jangan terlalu sering memberi bantuan. Ingatlah suatu hari ia harus mampu menyelesaikannya tanpa kehadiran Anda.

Ingatlah selalu bahwa anak adalah anugerah terindah dari Tuhan yang diberikan kepada kita. Jika anak yang dianugerahkan kepada Anda tidak seperti keinginan Anda, bukan berarti Tuhan Jahat. Persiapkan diri Anda, persiapkan anak Anda. Buktikan jika Anda adalah orang tua yang hebat.


Bagi orangtua yang berjuang untuk mengasuh anak, tulisan-tulisan ini akan memberikan inspirasi :

Orangtua, Inilah 4 Hak Anak yang Penting bagi Pertumbuhannya, Namun Seringkali Terbaikan

Orangtua Bisa Jadi Pembunuh Terbesar Impian Anak Sendiri. Hidup Hanya Sekali, Hindari Kesalahan Fatal ini!

Rupanya ini yang Membuat Anak Berontak terhadap Orangtua. Terapkan 3 Cara ini sebelum Terlambat!

Pelecehan Seksual pada Anak: Orangtua, Bekali Anak-Anak dengan 5 Hal Penting ini agar Mereka dapat Melindungi Diri Sendiri


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Saya Bertumbuh dengan Kaki yang Tak Sempurna. Orangtua Tak Menyerah dan Melakukan 5 Hal ini untuk Menata Masa Depan". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


BACA JUGA

Robita Sembiring | @robitasembiring

Public Speaker. Pemerhati Anak. Dosen. Treaner. OWNER Sekolah CROWN SCHOOL yang berdiri di Surabaya. (WA - 0858-8375-9612)

BAGAIMANA MENURUTMU ?