Sahabat adalah Berkat Kehidupan. Inilah 'BLESS' : 5 Kunci Sukses Menjalin Hubungan Persahabatan

Love & Friendship

photo credit: pexels

6.7K
Kalau teman bisa ratusan atau ribuan tetapi berapakah jumlah sahabat kita? Bisakah kita menyebutkan nama sahabat kita yang apabila kita perlukan sekarang, dia ada buat kita?

Siapa yang tidak punya teman? Saya rasa kita semua punya teman, tetapi mungkin tidak semua punya sahabat. Lalu apa bedanya teman dengan sahabat? Teman seringkali didefinisikan lebih umum. Semua orang bisa menjadi teman kita, dan kita pun bisa berteman dengan siapa saja. Sahabat digambarkan teman yang sangat dekat atau lebih dari sekadar teman biasa. Ada relasi yang erat, terlebih ada hubungan ketersalingan. Kita saling bercerita banyak hal, tidak hanya hal-hal yang baik atau kesenangan, tetapi permasalahan dan pergumulan kita pun bisa kita ceritakan ke sahabat kita.

Tak semua orang bisa menjadi sahabat, karena terdapat kepercayaan lebih yang kita harapkan dari sahabat. Kalau teman bisa ratusan atau ribuan tetapi berapakah jumlah sahabat kita? Bisakah kita menyebutkan nama sahabat kita yang apabila kita perlukan sekarang, dia ada buat kita?

Terkadang, meskipun kita memiliki banyak teman tetapi bisa jadi kita tidak memiliki sahabat, karena mungkin masalahnya tidak terletak pada orang lain tetapi pada diri kita sendiri.

Hidup akan terasa lebih baik jika kita memiliki sahabat. Ada tempat dimana kita berbagi, bisa mendapat arahan dan teguran. Orang bijak berkata, “Sahabat memukul dengan maksud baik tetapi lawan mencium dengan berlimpah-limpah.”

Memiliki sahabat sama halnya dengan mendapat berkat (bless) kehidupan. Beberapa hal yang bisa kita pelajari dari kata 'bless” ini berhubungan menjalin dan merawat persahabatan.

Baca juga: Sahabat Saya Belum Pernah Pacaran di Usia 30 Tahun meskipun Banyak Pria Mendekatinya, Terlalu Pemilih atau Teguh Memegang Prinsip?


Begin with prayer (berdoa)

photo credit: Reader's Digest

Semua hal alangkah baiknya dimulai dengan berdoa. Tidak hanya dalam acara-acara penting atau momen-momen penting, tetapi alangkah baiknya setiap hal kita mulai dengan berdoa. Termasuk dalam bersahabat. Sahabat saya pernah bercerita bahwa dia dulunya seorang yang pendiam dan sulit bergaul, termasuk sulit untuk berinteraksi dengan orang lain. Hingga akhirnya dia merasa ini tidak baik dan ingin memiliki sahabat dan menjadi sahabat bagi orang lain. Hal pertama yang dia lakukan adalah berdoa.

Meminta Tuhan untuk membantu menemukan sahabat dan menjadi sahabat yang baik bagi orang lain.

Permasalahan dalam mencari sahabat adalah rasa tidak aman yang kita rasakan. Kita kurang percaya pada teman kita. Kita takut dikhianati, takut segala kejelekan kita disebarluaskan. Tentu tidak semua orang bisa menjadi sahabat. Itu sebabnya mulai dari pertemanan. Dalam berteman kita bisa melihat siapa orang yang bisa kita percaya, mulai dari hal kecil hingga bisa menjadi sahabat kita. Mintalah kepada Tuhan sahabat yang dapat kita jadikan tempat berbagi kita.


Listen (mendengarkan)

photo credit Divorced Moms

Kebutuhan setiap orang adalah untuk didengarkan. Saat masalah datang terus-menerus dan pikiran kita menjadi kacau tidak bisa tenang maka kita membutuhkan tempat untuk meluapkan isi hati kita. Tidak lain tempatnya ya sahabat kita. Bisa jadi sewaktu-waktu sahabat kita akan mencari kita untuk curhat sesuatu, demikian sebaliknya. Saat itulah kita bisa menjadi pendengar yang baik.

Terkadang, sahabat kita juga tidak perlu nasihat kita, hanya perlu tempat meluapkan isi hati saja. Itu sebabnya kita perlu menjadi pendengar yang baik.

Saya pun belajar banyak untuk menjadi pendengar yang baik. Saat kita pun sedang dalam pergumulan, tetapi sahabat kita bercerita banyak hal tiada hentinya. Terkadang kita akhirnya tidak bisa menjadi pendengar yang baik, karena tidak hanya telinga kita yang mendengarkan, tetapi perhatian kita dalam mendengarkan juga diperlukan. Belajarlah menjadi pendengar yang baik.


Eat (makan)

photo credit : traveller

Hal yang menjadi tradisi dan kesukaan setiap orang adalah makan. Setiap acara pasti akan ada makanan. Makan tidak hanya soal mengenyangkan perut, tetapi makan bisa mempengaruhi mood seseorang. Jika perut kenyang, maka hati akan senang. Seringkali pula pertemuan dengan rekan bisnis atau teman jauh dilakukan di tempat makan. Sambil makan semua hal bisa dilakukan, semua hal bisa dibahas. Oleh sebab itu, terkadang tempat makan atau kafe sering menyajikan tidak hanya makanan yang enak tetapi suasana tempat yang nyaman. Akan lebih indah bila bisa menghabiskan waktu makan bersama sahabat.

Pergunakan waktu makan kita dengan baik. Luangkan waktu makan bersama sahabat kita. Semakin sering kita makan bersama mereka, maka kedekatan kita dengan sahabat akan terjalin dengan sangat baik.

Akan ada semakin banyak hal yang bisa kita lakukan bersama, entah sekedar tertawa bersama, berbagi pengalaman bersama, berbagi makanan bersama hingga berbagi pengalaman mencoba makanan baru bisa kita bagikan. Relasi yang baik akan membutuhkan waktu dan kualitas dalam menjalaninya.


Serve (melayani)

photo credit: pexels
Melayani bukan berarti kita sebagai pembantu sahabat kita. Melayani sahabat berarti kita menjadikan mereka salah satu prioritas utama kita.

Ketersediaan kita untuk selalu ada bagi mereka. Rasa simpati dan empati kita terhadap mereka. Ikut merasakah kesenangan mereka dan kesedihan mereka. Itulah makna dari melayani. Hal simple yang dapat kita lakukan dengan memberi kejutan saat mereka ulang tahun, bisa jadi salah satu wujud pelayanan kita terhadap sahabat. Tentu bukan nilai hadiah yang mahal jumlahnya, bukan tentang seberapa baik acara yang kita arrange buat sahabat kita. Tetapi keberadaan kita menjadi kebahagiaan tersendiri bagi sahabat kita.

Baca juga: Sahabat Sejati atau Sekadar Kawan? Inilah 10 Tanda yang Menjadi Pembedanya

Saat terjadi kesedihan, ada yang meninggal, dan kita ada bagi sahabat kita, menghibur, menguatkan dan menolong mereka, tentu hal ini yang harusnya terjadi. Tidak berpikir semua hal ini merepotkan dan jadi beban. Tetapi dilakukan dengan sukacita serta sama-sama merasakan kesedihan yang sama. Itulah peran sahabat. Sudahkah kita melayani sahabat kita?


Share your story (Berbagi cerita)

Hubungan ketersalingan terjadi tidak hanya soal kita ada buat sahabat kita, kita makan bersama mereka, kita mendengarkan cerita mereka, tetapi keterbukaan kita terhadap siapa diri kita dan hidup kita juga sangatlah penting bagi relasi persahabatan. Kita mengenal sahabat kita, tetapi sahabat kita tidak mengenal kita dengan baik itu juga keliru. Saling terbuka satu dengan yang lain, saling menguatkan, mendorong untuk hal-hal baik. Bisa jadi sahabat kita sudah menceritakan semua hal dalam dirinya, tetapi kita baru luarnya saja.

Berbagi cerita ini juga bisa jadi berkat buat orang lain, terlebih sahabat kita. Membagikan pengalaman kita dalam menghadapi masalah dan menyelesaikannya bisa membawa dampak bagi mereka. Siapa tahu sahabat kita pun akan mengalami masalah yang sama dengan kita, sehingga mereka tahu solusinya.

Tuhan berkata tidak baik manusia itu seorang diri saja. Adam diberikan hawa, yang tidak hanya menjadi pasangan hidup, tetapi juga sahabat. Mari bersahabat.


Buat kamu yang berjuang menata hidup dan relasi, tulisan-tulisan ini akan menjadi inspirasi :

Curhatan Sahabat Membuat Anda Lelah? Pikirkan Dulu 7 Hal Ini Sebelum Tutup Telinga

5 Keuntungan Ini Membuktikan bahwa Sahabat adalah Calon Terbaik Pasangan Hidup. Setuju?

Sahabat Saya Mengaku Gay. Inilah Kisah Kehidupannya


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Sahabat adalah Berkat Kehidupan. Inilah 'BLESS' : 5 Kunci Sukses Menjalin Hubungan Persahabatan". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


BACA JUGA

Bagus Saputra | @MisterGood

BAGAIMANA MENURUTMU ?

Silahkan login untuk memberi komentar

mike donald | @LOANFIRM

Hola, ¿Está buscando libertad financiera? ¿Está en deuda, necesita un crédito para iniciar un nuevo negocio? ¿O doblar financieramente, usted necesita un crédito, un coche para comprar o una casa? ¿Alguna vez ha rechazado las finanzas de su banco? ¿Quieres mejorar tu situación financiera? ¿Necesita un préstamo que sus cuentas pagan? No busque más, le damos la bienvenida a una oportunidad para obtener todo tipo de préstamos, a un precio muy asequible 3% de interés para obtener más información, póngase en contacto con nosotros ahora por correo electrónico a: (stevedanielloanfirm@gmail.com)