Sadarilah! Masa Depanmu Dibentuk oleh 3 Hal yang Terlihat Sepele tapi Berdampak Besar Ini

Reflections & Inspirations

6.9K
Siapa sih yang tidak ingin memiliki masa depan yang baik? Perhatikan 3 hal penting penentu masa depanmu berikut ini.

Suatu sore, saya dan suami yang sedang makan malam di sebuah pusat perbelanjaan, bertemu dengan seorang teman lama. Penampilan teman yang sangat jauh berubah ini sempat membuat saya pangling. Kami memang sudah bertahun-tahun tidak bertemu. Saya tidak menyangka perubahannya sedrastis ini. Tak hanya dari segi penampilan, pembawaan dirinya yang dulu cenderung pemalu dan kikuk, kini menjadi lebih fleksibel dan terlihat sangat percaya diri. Saya pun menyampaikan keheranan saya pada teman tersebut dan kami melakukan perbincangan yang cukup seru.

Dari hasil obrolan tersebut, saya ketahui berbagai kesuksesan yang telah diraihnya, saya pun mendapatkan 3 hal penting yang menurutnya menjadi penentu kesuksesan di masa depan.

Berikut ini 3 hal tersebut yang semoga bisa menjadi inspirasi kita semua.


1. Lingkungan

photo credit: Shutterstock

Walau terlihat sepele, tapi tetap tak bisa dipungkiri jika lingkungan kita memberi dampak yang besar dalam hidup. Tempat kita tinggal hingga bersama siapa kita menghabiskan waktu secara langsung dan tak langsung 'membentuk' diri kita sebagai individu. Berada di lingkungan akademisi mungkin akan membuat kita sering terpapar diskusi ilmiah atau obrolan keilmuan yang dapat mengubah pola pikir kita, berbeda halnya saat kita berada di lingkungan sosialita yang bisa saja membuat kita tergoda untuk berupaya meningkakan status sosial.

Lingkungan dapat dilihat dari tempatmu bekerja atau menghabiskan waktu paling banyak. Seorang salesman biasanya lebih mudah menjalin komunikasi dibanding staff I T. Mereka yang bekerja di media fashion, bisa tampil lebih fashionable dibanding mereka yang bekerja sebagai teknisi.

Lingkungan yang baik akan memberi dampak yang baik, begitu pula sebaliknya. Pilihlah lingkungan dengan budaya dan orang-orang yang kamu jadikan inspirasi selama ini.


2. Pergaulan

phto credit: Her Campus

Sama halnya dengan lingkungan, pergaulan juga berperan pada kepribadianmu. Pergaulan yang buruk bisa membuatmu memiliki kebiasaan-kebiasaan buruk atau meninggalkan kebiasaan baik yang selama ini kamu miliki. Sekalipun tempat kerja kita baik, jika kita memilih pergaulan yang buruk, maka tersesatlah kita. Hati-hati dalam memilih pergaulan, tak sedikit loh mereka yang jatuh dalam dosa dan kehancuran karena salah bergaul.

Sering bersama orang-orang dengan karakteristik dan kebiasaan yang buruk, lama-kelamaan akan membuat kita mewajarkan hal-hal negatif tersebut. Kita akan berpikir orang lain pun melakukan hal seperti itu, padahal faktanya di luar sana, masih banyak orang baik yang bisa kita jadikan contoh.

Baca juga: Inilah 5 Gaya Pertemanan Masa Kini. Kamu sedang Menjalani yang Mana?

Sebaliknya, saat berteman dengan orang yang taat beribadah dan santun beretika, secara sadar maupun tidak, kita akan mengimitasi perilakunya. Kita akan menganggap 'sudah sewajarnya' kita berperilaku seperti itu, karena orang-orang di sekitar kita juga berperilaku demikian. Mereka yang sebelumnya malas bersedekah, bisa menjadi dermawan ketika teman-teman pergaulannya rutin bersedah.


3. Gaya Hidup

photo credit: Financial Tribune

Gaya hidup terbentuk dari kebiasaan-kebiasaan kita selama ini. Dua poin di atas bisa jadi memberi dampak besar terhadap gaya hidupmu. Misalnya kamu yang memiliki teman-teman yang selalu menghabiskan waktu di pusat perbelanjaan atau kafe-kafe setelah pulang kerja, lama-kelamaan akan memiliki gaya hidup yang sama agar bisa menyesuaikan diri.

Sementara gaya hidup memiliki peranan besar dalam menentukan masa depan loh! Bukan hanya soal kesehatan, gaya hidup juga berdampak pada kondisi keuangan. Kamu yang malas berolahraga, jangan heran jika rentan terserang penyakit di kemudian hari, kamu yang rutin hangout tiap pulang kerja, jangan heran jika saldo tabungan terasa sulit bertambah.

Baca juga: How to Sell Yourself: Rahasia Sukses 'Menjual Diri' dan Meraih Keberhasilan dalam Hidup

Ajarkan 3 hal ini kepada keluarga kita dan orang-orang yang kita cintai. Supaya kita semua memiliki masa depan yang cerah dan baik.


Artikel-artikel berikut ini juga dapat menginspirasi Anda yang berjuang menata masa depan :

Raih Kebebasan Finansial dengan 7 Cara Sederhana yang Bisa Kamu Lakukan Mulai Sekarang

Biarkan Orang Berkata Apa, Kurangi Ribuan Pertempuran Tak Perlu, Jadilah Bahagia! Ini Teknik Cerdasnya

Kaya : Tak Sekadar Meraih Banyak Uang, namun juga Hidup Penuh Berkat. Inilah 5 Caranya



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Sadarilah! Masa Depanmu Dibentuk oleh 3 Hal yang Terlihat Sepele tapi Berdampak Besar Ini". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Christine Santoso | @christinesantoso

BAGAIMANA MENURUTMU ?

Silahkan login untuk memberi komentar