Rayakan Ulang Tahun dengan Gembira dan Bermakna, Lakukan 3 Hal Ini!

Reflections & Inspirations

photo credit: Daily Mirror

434
Bagi yang berulang tahun, selamat merenungkan tentang kehidupan.

Waktu TK, hari ulang tahun adalah hari yang sangat menyenangkan. Selalu ada pesta meriah yang tidak terlupakan, mengundang banyak teman, mendapat banyak kado, menyantap kue tart yang lucu, dan makanan enak lainnya.

Waktu SD, meskipun sudah tidak mengadakan pesta, tetapi saya masih mendapatkan banyak kado dari keluarga. Satu lagi yang paling berkesan bagi saya karena akan ada puding dan sup jagung, masakan favorit saya yang hanya dimasak pada saat ulang tahun.

photo credit: The Spruce

Waktu SMP, selain sudah tidak ada pesta, ternyata saya pun sudah tak mendapatkan banyak kado. Walau begitu, ucapan selaman ulang tahun banyak saya dapatkan dari teman-teman di sekolah.

Waktu SMA, karena uang saku sudah lebih banyak, ulang tahun menjadi masa ketika uang habis karena harus traktir banyak teman. Ditambah sedikit rasa cemas kalau-kalau ada teman yang iseng.

Waktu kuliah, menjadi masa mencekam karena selain uang habis untuk traktir teman, kecemasan “dikerjain” jadi lebih ekstrem. Mulai dimasukkan ke kolam ikan lele, disiram air AC, dilempar tepung, dan masih banyak kisah yang lainnya.

Waktu sudah bekerja, masih bagus kalau ada yang ingat. Kalau pun ada yang memberi selamat, itu dikarenakan adanya pemberitahuan di media sosial. Sehingga, ucapan selamat yang diberikan hanya "syarat" sebuah hubungan saja.

Apa pun yang sudah terjadi, saya tetap suka ulang tahun. Meskipun ada "trauma" dan juga pemborosan, masih lebih banyak perasaan senang karena bisa mendapatkan perhatian khusus dari orang-orang di sekitar.


Inilah 3 cara untuk merayakan ulang tahun dengan gembira dan bermakna


Menjadi waktu untuk mengucap syukur atas satu tahun yang telah berlalu

photo credit: Pixabay

Setiap hari yang masih bisa kita lalui adalah anugerah dari Tuhan. Kesempatan demi kesempatan menjadi suatu rangkaian proses kehidupan yang membuat kita bertumbuh menjadi lebih baik. Hari ulang tahun, menjadi suatu masa ketika waktu seolah berhenti sejenak, memperhadapkan kita dengan masa lalu. Kita diajak untuk melihat film kehidupan yang sedang diputar ulang, yang memberikan banyak kenangan kepada kita.

Tentu bukan hanya kenangan indah yang bisa kita ingat karena kadang hal pahit malah lebih membekas. Itulah hidup, tidak semua berjalan dengan lancar, tetapi ketika kita berdiam dan merenungkan tentang kehidupan, kita bisa melihat kalau meskipun tidak mudah, tetapi kita sudah berhasil melaluinya.

Kita akan disadarkan kalau masa sulit justru menjadi satu bagian hidup yang mendewasakan. Karena itu, berapa pun umur kita, ketika masih bisa merayakan ulang tahun, ambillah waktu untuk mengevaluasi diri dan mengucap syukur karena masih diizinkan untuk melanjutkan perjalanan kehidupan ini.


Menjadi waktu untuk menatap masa depan di tahun kehidupan yang baru

photo credit: WebMD

Ulang tahun bukan hanya memperhadapkan kita dengan masa lalu, tetapi juga mengajak kita untuk melihat masa depan. Berharap ada hal baik yang terjadi di masa akan datang karena dengan bertambahnya usia, kita akan memiliki tanggung jawab yang lebih besar. Selain diikuti pertumbuhan fisik, kita juga harus mengalami pertumbuhan mental dan rohani, sehingga hidup kita bisa menjadi jauh lebih baik dan berdampak lebih luas.

Jangan takut bertambah tua karena hidup memang terus berjalan maju. Tetapi lihatlah itu sebagai kesempatan untuk melakukan lebih banyak hal besar bagi sesama dan dunia. Siapa pun kita, bagaimana pun keadaan kita, bersyukurlah untuk kesempatan memasuki tahun kehidupan yang baru. Siap berjuang untuk mengisinya dengan perjuangan terbaik yang kita bisa lakukan.


Menjadi waktu untuk mengingat kalau kita tidak hidup sendirian di dunia ini

photo credit: LovePanky

Selain merenungkan tentang masa lalu dan juga masa depan, yang keduanya berkaitan dengan diri kita sendiri. Ulang tahun juga menjadi kesempatan untuk mengingat, bahwa kita tidak hidup sendirian di dunia ini. Ucapan selamat, doa yang dinaikkan, kado yang diberikan, bahkan teman yang iseng di hari ulang tahun, menjadi pengingat bahwa kita tidak hidup sendiri.

Kita ternyata sangat dikasihi, dipedulikan, dan juga didukung oleh sesama.

Jangan melarikan diri ketika berulang tahun, justru nikmatilah kebersamaan dengan teman, saudara, keluarga, atau siapa pun yang Tuhan tempatkan di sekitar kita. Mengucap syukur atas keberadaan mereka karena keberhasilan kita pun juga karena peran mereka. Jadikan setiap kado yang diberikan sebgai pengingat cinta mereka, doa yang mereka naikkan sebagai kekuatan di dalam menghadapi tantangan kehidupan ini.


Mari kita merayakan ulang tahun dengan riang bahagia

Bagi yang berulang tahun, selamat merenungkan tentang kehidupan. Kalau memang ada rezeki, silakan menraktir para sahabat karena itu merupakan salah satu cara untuk berbagi kebahagiaan dengan sesama. Kalaupun sedang tidak punya uang, doakan mereka yang sudah mengucapkan selamat, supaya mereka juga memiliki kehidupan yang lebih baik.

Baca juga: Satu Hal Terpenting yang Seringkali Terlupakan dalam Perayaan Ulang Tahun

Bagi yang tidak berulang tahun dan ingin memberikan ucapan selamat, berikanlah sebuah kejutan yang indah dan manis kepada sesama. Bukan hanya memberikan “teror”, tetapi buatlah supaya dia bisa merasa dicintai. Kado yang kita berikan pun harus merupakan sesuatu yang berguna dan penuh makna.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Rayakan Ulang Tahun dengan Gembira dan Bermakna, Lakukan 3 Hal Ini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Davy Hartanto | @davyedwin

BAGAIMANA MENURUTMU ?

Silahkan login untuk memberi komentar