Punya Istri Cantik, Kok Suami Masih Saja Selingkuh? Ini 3 Penyebabnya

Marriage

[Image: femina.ch]

31.7K
Mengapa seorang suami berselingkuh meskipun punya istri cantik? Kadangkala kita tak dapat mengerti, bukan?

Jakarta. Siang hari.

Seorang istri baru pulang nge-gym. Saat keluar dari parkiran dia melihat mobil suaminya melintas. Sekilas dia melihat ada wanita lain di samping suaminya. Dia ikuti mobil itu dari jarak yang aman. Ternyata suaminya masuk ke sebuah apartemen dan tidak keluar dalam waktu yang lama. Dengan perasaan gemas dan jengkel sang istri terus menunggu. Akhirnya suaminya keluar sendirian. Tanpa wanita itu. Terbukti sudah selentingan yang selama ini dia dengar, “Suamimu punya WIL [Wanita Idaman Lain], lho!”

Itulah curhatan seorang mahmud [mamah muda] kepada saya. Dia tidak habis pikir. Apa yang kurang darinya.

“Apa Ibu sudah konfirmasi ke suami? Apa jawabannya?” Mendapat pertanyaan dari saya itu, ibu muda yang cantik dan modis itu tidak langsung menjawab. Dia menangis. Saya sodorkan tisu. Setelah bisa menguasai diri lagi, ibu itu berkata,

“Suami saya hanya berkata pendek, 'Kamu tidak bisa diatur!'”

Selanjutnya istri yang sedang kecewa berat itu curhat. Dia dan suami sama-sama dari keluarga kaya. Mereka ‘dipertemukan’ oleh keluarga yang sama-sama ingin mendapatkan bibit, bobot, dan bebet yang seimbang. Masa pacaran kilat diteruskan dengan pernikahan yang sangat mewah dan meriah. Ibu muda satu anak itu mengakui bahwa dia memang keras kepala karena terbiasa dimanja sejak kecil. Semua saudaranya laki-laki. Boleh dibilang tidak ada keinginannya yang tidak tercapai. Karena dikelilingi oleh ART, apa pun tersedia. Sebaliknya, suaminya anak sulung yang biasa ‘mengatur’ adik-adiknya.

Dari kisah yang mengalir deras dari mulut sang istri ini dan beberapa wanita lain yang konseling kepada saya, saya bisa menarik benang merah, “Mengapa punya istri cantik kok masih selingkuh?” Lewat tulisan ini, saya sama sekali tidak membenarkan suami yang selingkuh.

Apa pun alasannya, selingkuh tetap salah.

Namun, saya memberikan 3 sebab yang membuat seorang suami selingkuh meskipun punya istri cantik sebagai masukan dan bahan perenungan:



1. Dominasi sebagai Pria Terlecehkan

Sejak manusia purba, pria ‘diciptakan’ sebagai the great hunter. Sebagai pemburu ulung, dia merasa punya kewajiban sebagai the bread winner for the family. Dia akan bangga sekali jika pulang membawa hewan buruan yang cukup besar. Dia merasa bermartabat saat seluruh keluarganya bergantung kepadanya.

Sebaliknya, istri purba berfungsi sebagai the cave keeper. Dialah yang mengurusi bagian rumah tangga. Sebagai ‘penjaga gua’, dia membersihkan tempat tinggalnya dan memastikan anak-anaknya terurus dengan baik. Suami akan senang jika pulang keadaan ‘gua’ sudah rapi dan bersih. Anak-anaknya menyambutnya dengan kerinduan.

Zaman sekarang, banyak istri yang bekerja. Jelas tidak salah. Bekerja bukan saja sebagai sarana mencari nafkah, melainkan wujud aktualisasi diri. Apalagi kalau dia punya gelar yang cukup mentereng. Rasanya sayang kalau nggak terpakai.

Nah, persoalan muncul saat sang istri tidak lagi ‘tunduk’ kepada suaminya. Istilahnya ‘tidak bisa diatur’ karena merasa mapan dan mandiri. Lebih-lebih jika penghasilannya lebih tinggi ketimbang suami.

[Image: verywell.com]
Suami yang merasa terlecehkan martabatnya, mencari WIL yang bisa tetap mengaguminya.

Baca Juga: Wanita, Sering Mengalami Kesulitan Memahami Pria? Inilah 3 Rahasia Pria yang Perlu Kamu Tahu



2. Istri Dominan dalam Setiap Percakapan

Seorang istri dosen kampus terkemuka datang kepada saya dan mengatakan suaminya terlihat flirting dengan rekan dosennya. Saat ‘tertangkap kering’ karena mereka 'dating' di kampus, pulangnya suami-istri ini perang. Hubungan mereka memburuk sejak saat itu.

Suatu kali saya ketemu dengan suaminya. Dari sekadar say ‘Hello’ sampai mengobrol di ‘warung kopi’ di sebuah mal. Dari obrolan itu saya bisa menangkap bahwa sang suami kalah dalam berkomunikasi dengan istrinya. “Istriku kalau sudah ngomong, kereta api jurusan Surabaya-Jakarta pun kalah. Aku baru ngomong satu kalimat, dia sudah memberondongku dengan satu novel,” ujarnya sambil tertawa sumbang.

[Image: psychologytoday.com]
Komunikasi yang tidak seimbang inilah yang membuat sang suami mencari WIL yang mau mendengarkannya.

Pasangan suami-istri harus saling mendengarkan satu sama lain. Jika tidak, suami/istri akan mencari 'orang lain' yang mau 'duduk manis’ dan ‘membuka telinga’. Anak-anak yang butuh hiburan dan didengarkan saja membuat tulisan sambil teriak “Om Telolet Om!” kepada setiap bus yang lewat.

Baca Juga: Fenomena Suami Kesepian: Bukan Sekadar Seks, Inilah 6 Hal yang dapat Dilakukan Istri untuk Mendampingi Suami



3. Sudah Nakal sejak Muda

Saya menaruh sebab ini di bagian akhir mengingat banyak kasus perselingkuhan terjadi karena sang suami memang playboy sejak dulu.

[Image: partyandwhine.com]
“Ah, nanti kalau sudah menikah kan berubah!” Pernyataan bernada skeptis dan cuek ini amat berbahaya.

Perilaku pria yang gampang gonta ganti pasangan dan tidak pernah merasa puas dengan satu pacar, saat menikah pun tidak akan pernah puas dengan satu istri. Pernyataan saya ini tidak menafikan kemungkinan pertobatan sejati, tetapi butuh kesadaran diri, energi dan persistensi yang kuat untuk berubah. Apakah Anda sebagai wanita sanggup menjalaninya?

“Saya merasa jenuh dengan hubungan yang begini-begini saja,” merupakan alasan klise yang sering kita dengar. Ini berlaku bagi suami maupun istri. Bukankah ada pula playgirl di sekeliling kita? Bagi pria semacam ini, dia mencari tantangan baru untuk ditaklukkan. Semakin sulit seorang wanita didapatkan, pria tipe ini akan berusaha keras untuk mengejarnya. Setelah ‘piala’ berada di tangan, apa yang dia lakukan? Hanya ditaruh di lemari pajangan dan dibiarkan di sana sampai berdebu tanpa mendapat sentuhan. Jika Anda mempunyai suami semacam ini, kelas konseling dan terapi rumah tangga sangat saya sarankan.

Baca Juga: Wanita, Inilah 7 Tanda Cowok Playboy. Waspadalah sebelum Menjadi Korbannya

Pencegahan lebih baik ketimbang pengobatan, bukan? Oleh sebab itu, 3 sebab mengapa pria selingkuh meskipun punya isteri yang cantik bisa dijadikan bahan introspeksi dalam berelasi.

Rumah tangga yang harmonis sangat layak untuk diperjuangkan.



Baca Juga:

Jangan Biarkan Orang Ketiga Merusak Relasi. Bangun Hubungan dengan Mengingat Tiga Hal Ini

3 Jenis Keintiman yang Harus Dimiliki Pasangan untuk Menyelamatkan Hubungan dari Godaan Perselingkuhan

Mengapa Pria Berselingkuh? Inilah Pengakuan Mengejutkan 5 Pria Peselingkuh

Selingkuh itu Indah? Inilah Sisi-Sisi Gelap yang Seringkali Tak Terungkap

Perselingkuhan: 3 Mitos Keliru yang Dipercaya Mereka yang Tergoda untuk Berselingkuh



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Punya Istri Cantik, Kok Suami Masih Saja Selingkuh? Ini 3 Penyebabnya". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


BACA JUGA

XavierQuentin Pranata | @xavierquentinpranata

BAGAIMANA MENURUTMU ?

Silahkan login untuk memberi komentar