Pacaran Beda Agama, LDR Terjauh. Sebelum Lanjut, Pastikan 4 Hal Penting ini Kamu Miliki

Love & Friendship

photo : park avenue relationship

2.1K
Perbedaan agama adalah hubungan dengan jarak terjauh antar pasangan. Namun, apakah jarak tersebut lantas menjadi pemisah? Sebelum lanjut, pastikan 4 hal ini kamu dan pasangan miliki.

Apakah cinta beda agama itu salah? Apa yang harus saya lakukan jika saya sudah terlanjur mencintai seseorang yang memeluk agama yang berbeda dari saya? Bagaimana kelanjutan hubungan kami nanti? Apakah saya yang harus berpindah agama atau dia yang berpindah agama? Begitu banyak pertanyaan yang tidak akan pernah habis daftarnya jika bicara tentang pasangan beda agama. Hubungan jarak jauh saja tidak sebanding dengan perbedaan yang sangat jauh ini.

Perlu kita tahu, bahwa cinta bisa datang kapan saja dan dengan siapa saja, cinta bahkan tidak dibatasi oleh adanya perbedaan sejauh apapun; status sosial, pandangan, usia, bahkan agama. Ketika kita dihadapkan dengan teman atau bahkan saudara yang mengeluh khususnya tentang perbedaan agama tesebut, kita lantas menjadi takut atau malah menganggap perbedaan sebagai sebuah penyakit yang harus dihindari. Perbedaan bukanlah penyakit mematikan, sebaliknya, tidak adanya perbedaan dalam hubungan justru membuat segalanya menjadi datar. Kita tidak dituntut untuk berjuang lebih karena semua hal yang ada pada diri kita sama persis dengan pasangan kita. Lalu, apa yang harus kita lakukan jika kita terlanjur mencintai pasangan yang berbeda keyakinannya? Apakah kita harus menyerah?

Berikut ini adalah empat hal yang perlu kamu kantongi sebelum kamu memutuskan untuk melanjutkan hubunganmu.


Pastikan Kamu Mendapat Restu Orangtua

photo : quora

Dalam hubungan beda agama, restu orangtua adalah yang paling penting, kamu tidak perlu menutup-nutupi perihal perbedaan keyakinan tersebut di hadapan orang tuamu, biarkan orang tuamu yang memutuskan apakah merestui atau menyuruhmu mengakhiri hubungan.


Pastikan Kamu Memang Mencintainya dan Demikian juga Sebaliknya

Jangan memilih untuk tidak melanjutkan hubungan kalau kamu hanya merasa penasaran dengan tantangan beda agama ini.

Pastikan bahwa kamu memang benar mencintainya, bukan karena penasaran ingin menaklukan tantangan.

Telaah dulu perasaanmu. Ukur seberapa besar cintamu untuknya yang bisa menuntunmu untuk melanjutkan hubungan. Bersepakat untuk saling menghormati agama masing-masing.


Hormati Perbedaan Agama Masing-masing

photo : vemale

Sejak awal hubungan dimulai, pastikan kalian sudah bersepakat untuk saling menghormati agama masing-masing sehingga tidak adanya perkelahian karena jam atau jadwal ibadah yang berbeda. Satu sama lain bertoleransi kepada jam ibadah pasangannya. Tidak komplain, apalagi melarang. Mengapa?

Karena walaupun pacar, kita tidak berhak membatasi atau malah melarang kegiatan spiritual pasangan kita.


Jalin Komunikasi yang Baik dan Jangan Mengeluh

photo : 4bp

Mengeluh adalah pemicu utama tejadinya pertengkaran. Perbedaan agama saja sudah merupakan tantangan paten dalam hubungan kalian, jangan menambahnya lagi dengan keluhan. Sebaliknya, jika kamu sadar benar ingin tetap menjaga hubungan. Hindari kata-kata bersifat keluhan yang akan membuat pasanganmu merasa tersinggung.


Pada akhirnya, jika kalian bisa menghadapi segala macam rintangan yang ada karena perbedaan tersebut, maka kalian sendiri bisa bersama-sama memutuskan untuk membawa hubungan tersebut ke sebuah pernikahan yang sakral, cinta yang kuat bukanlah cinta yang tidak pernah tertimpa masalah, melainkan cinta yang memiliki banyak rintangan, namun tetap memutuskan untuk bersama. Entah kamu yang akan berpindah memeluk agama pasanganmu ataupun sebaliknya. Intinya adalah bagaimana kamu berpegang teguh pada apa yang kamu yakini benar dan tidak akan menyesalinya di kemudian hari.


Buat Kamu yang Menjalani Pacaran dengan Segala Permasalahan yang Ada, Simak Artikel-artikel Inspiratif ini :

Ketika Cinta terhadadang Perbedaan Suku dan Agama, Lanjut atau Berhenti?

13 Tahun Menjalani Pacaran Jarak Jauh, Inilah 4 Tips dari Saya untuk Long Lasting Long Distance Relationship

Ketika Cinta Tak Sempurna, Lalu Bagaimana Menjalaninya tanpa Lara?





Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Pacaran Beda Agama, LDR Terjauh. Sebelum Lanjut, Pastikan 4 Hal Penting ini Kamu Miliki". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Stella azasya | @stellaazasya

Mencintai matahari terbit sebagai alasannya bangun besok hari

BAGAIMANA MENURUTMU ?

Silahkan login untuk memberi komentar