Orangtua Ketahuan Berselingkuh, Sebagai Anak, Lakukan 3 Hal Ini demi Keutuhan Keluarga

Marriage

photo credit: awstory

6.2K
Sebagai anak memang tak mudah ikut andil urusan pribadi orang tuanya. Mungkin karena anak sering dianggap belum terlalu banyak makan “asam garam” kehidupan, namun bukan berarti kita tak mampu berbuat apa-apa demi orang tua kita yang sedang “tersesat” jalannya.

Seorang gadis dengan hancur hati harus menghadapi kenyataan pahit dalam hidupnya. Ayah yang selama ini menjadi lelaki pertama pujaan hatinya dan teladan bagi hidupnya, akhirnya tak mampu bertahan sebagai contoh ayah yang baik karena kehadiran orang ketiga di kehidupan keluarganya. Tiap hari, pertengkaran demi pertengkaran dengan ibunya semakin menjadi-jadi, masalah sepele pun bisa menjadi besar.

Perilaku sang ayah pun berubah drastis, yang dahulu penuh kelemahlembutan sekarang penuh dengan amarah membabi-buta. Tatapan matanya tak lagi mengungkapkan kasih sayang dan perkataan yang diucapkan tak lagi mengandung didikan. Berbicara dari hati ke hati sudah dilakukan, tapi hasilnya nihil, bahkan teguran dan nasihat tak lagi diindahkan. Bukannya sadar dari kesalahannya, justru hubungan terselubungnya semakin menjadi-jadi, sudah gelap mata! Begitulah istilahnya yang tepat saat itu.

Sebagai anak memang tak mudah ikut andil urusan pribadi orang tuanya. Mungkin karena anak sering dianggap belum terlalu banyak makan “asam garam” kehidupan, namun bukan berarti kita tak mampu berbuat apa-apa demi orang tua kita yang sedang “tersesat” jalannya.

Jika kamu berada dalam situasi yang kurang lebih sama : mengetahui orangtuamu berselingkuh, lakukan 3 hal ini demi keutuhan keluarga.


1. Berdoa dan tetap tenang

photo credit: LDS

Doa yang dipanjatkan dengan sungguh-sungguh akan besar kuasanya. Ketika kita berdoa, berserah sepenuhnya kepada kehendak Allah, maka apa pun yang kita doakan tak akan sia-sia.

Mungkin jawaban doa itu tak langsung membawa dampak bagi orang yang kita doakan, tetapi setidaknya bisa memberikan kita ketenangan untuk menghadapinya.

Mungkin saja jawaban doa itu baru akan terkabul setelah beberapa tahun bahkan belasan tahun. Memang dibutuhkan kesabaran dalam hal ini, tetapi tak perlu berkecil hati dan tetaplah berdoa.

Baca juga: "Saya ingin Anak Saya Bangga pada Ayahnya" Sebuah Kisah Nyata tentang Ungkapan Cinta Ayah yang Tak Mewujud dalam Kata


2. Jangan sampai ikut terjerumus pada hal negatif

Ketika kita harus hidup serumah dengan orangtua yang tidak bisa menjadi panutan, bukan berarti kita kehilangan kendali atas hidup kita. Jangan biarkan keburukan yang terjadi dalam keluarga membawa dampak negatif bagi pribadi kita. Tak perlu lari dari kenyataan, hadapilah dengan besar hati agar kita tidak ikut terjerumus kepada pengaruh buruk di lingkungan sekitar. Perilaku orang tua yang buruk bukanlah tanggung jawab anaknya, maka dari itu anak tak perlu ikut-ikutan berperilaku sama seperti orang tuanya, ketika sikap orang tua memang tak patut dicontoh.

Justru sebaliknya, yang seharusnya kita lakukan adalah membangun hidup dengan hal-hal yang positif baik bagi keutuhan keluarga kita mau pun diri kita sendiri.


3. Tetap mengasihi dan menjaga hubungan dengan orang tua

photo credit: michaelhyatt.

Mengasihi orang yang telah menyakiti hati kita, walau mudah diucapkan, namun tentu tak mudah untuk dilakukan. Tapi mari coba kita mengingat kembali, tanpa orang tua, kita tak akan terlahir di dunia ini dan kita bukanlah siapa-siapa. Orang tua kita meskipun tampak buruk di mata kita, namun statusnya tetaplah sama, yaitu orang tua dan kita adalah anaknya.

Dibutuhkan sebuah kerendahan hati untuk mau mengasihi dan memperbaiki hubungan kita dengan orangtua kita yang sedang renggang.

Percayalah relasi yang kita bangun tak akan sia-sia, justru akan membawa perubahan yang cukup berarti bagi kehidupan keluargamu.

Baca juga: Kelelahan dan Stres adalah Tanda bahwa Peran Rumah yang Terpenting ini Telah Terabaikan

Tak ada salahnya bila kamu mencoba untuk tetap bertahan pada ke 3 langkah ini ketika kamu sedang menghadapi kenyataan pahit di atas. Orangtua adalah manusia biasa yang tak selalu bisa menjadi superhero bagi anak-anaknya. Tapi, jangan khawatir dan putus asa untuk menjalani hidup bersamanya, karena hari esok yang lebih baik akan segera datang. Percayalah!



Baca dan dapatkanlah inspirasi dari tulisan-tulisan ini untuk kehidupan keluarga yang lebih baik :


Sudahkah Kita Benar-Benar Bahagia? Mari Periksa, Bagaimana Uang, Waktu, dan Tenaga Membentuk Kebahagiaan Kita

Jangan Biarkan Kesalahan Menghancurkan Hidupmu! Bangkit dan Keluarlah dari Jerat Rasa Bersalah dengan 5 Langkah ini

Perbedaan Pola Pikir Bisa Membuat Keluarga Berakhir! Ini 3 Cara Mengatasinya

How to Make Our Families Great Again? Runtuhkan 5 Tembok Penghalang Kebahagiaan Keluarga Ini


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Orangtua Ketahuan Berselingkuh, Sebagai Anak, Lakukan 3 Hal Ini demi Keutuhan Keluarga". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Lany Inawati | @lanyinawati

seorang ibu rumah tangga yg sedang berbagi waktu untuk bekerja dan mendidik anak sembari menulis agar bisa menjadi berkat bagi banyak orang #bighug

BAGAIMANA MENURUTMU ?

Silahkan login untuk memberi komentar