Orangtua, Inilah 4 Hak Anak yang Penting bagi Pertumbuhannya, Namun Seringkali Terbaikan

Reflections & Inspirations

2.7K
Jika kita sibuk bekerja demi kebahagiaan anak, jangan sampai justru mengabaikan kebutuhan anak yang lebih krusial. Jangan sampai cara mencapai tujuan yang kita inginkan, justru menjauhkan kita dari tujuan yang sebenarnya.

Sebagai seseorang yang berkecimpung di dunia pendidikan dan menghabiskan sebagian besar waktu bersama para murid, banyak hal penting mengenai anak-anak yang menarik perhatian saya. Sebagian besar murid saya hanya memiliki sedikit waktu bersama orang tua mereka yang sibuk. Tuntutan pekerjaan dan segala kebutuhan hidup membuat kita, sebagai orang tua berupaya semaksimal mungkin demi memberikan yang terbaik bagi buah hati. Sayangnya, ada kalanya kita justru alpa terhadap hak-hak anak yang selama ini tak kita sadari. Mengirimkan anak ke sekolah untuk mendapat pendidikan terbaik tentu saja langkah yang tepat, namun mempercayakan pendidikan anak 100% pada pihak lain, tanpa ikut campur dalam prosesnya pun bukanlah hal yang benar. Belum lagi perkembangan teknologi membuat anak mudah sekali terpapar informasi-informasi yang belum tentu pantas untuknya.

Baca juga: Orangtua Bisa Jadi Pembunuh Terbesar Impian Anak Sendiri. Hidup Hanya Sekali, Hindari Kesalahan Fatal ini!

Sebelum terlambat, berikut ini hak-hak anak-anak kita yang sebaiknya tak lagi kita abaikan.


1. Memperoleh kasih sayang dari kedua orang tuanya

Ketika anak tidak mendapatkan kasih sayang dari kedua orangtuanya, ia akan tumbuh menjadi pribadi yang merasa insecure terhadap dirinya sendiri. Rasa tak aman dan tak dicintai akan membuat anak berusaha semaksimal mungkin agar 'diterima' oleh lingkungannya. Alhasil, anak akan hidup mengikuti 'selera' orang lain bukan apa yang memang ia inginkan. Anak pun akan memiliki kepercayaan diri yang rendah dan tidak memiliki karakter yang kuat.

Baca Juga : Tidak Ada Anak yang Bodoh, Kenali Kelebihan Buah Hati dengan 5 Langkah Ini

2. Mendapat pengajaran nilai-nilai kehidupan langsung dari sang orang tua

Apa yang benar dan salah sebaiknya sudah anak pahami dari dalam rumah. Komunikasikan nilai-nilai yang dijunjung keluarga kepada sang anak, agar anak tahu bagaimana bersikap dengan baik. Menyerahkan tugas mendidik pada lembaga pendidikan sepenuhnya dapat membuat anak melihat kedua orang tuanya sebagai sosok yang kurang bertanggung jawab. Maka, jangan heran jika anak jadi mudah memberontak terhadap orang tuanya.


3. Memiliki pendengar yang baik

Orang tua identik dengan sosok yang gemar memberi nasihat dan segala petuah untuk anaknya. Hal ini tentu saja baik, namun menjadi pendengar yang baik juga perlu demi sang anak. Jadilah pendengar anak ketika ia ingin menceritakan pengalamannya di sekolah, atau memberi pendapat tentang penilaiannya terhadap suatu hal. Anak yang merasa didengarkan kelak juga akan menjadi pendengar yang baik dan mampu belajar memahami orang-orang di sekitarnya.

Baca Juga : Om Telolet Om: Inilah 3 Suara Anak-Anak yang Perlu Kita Dengar

4. Mendapat perhatian dan apresiasi

Anak yang sering mendapat kritikan tumbuh menjadi pribadi rendah diri, tak percaya diri, suka menyerang secara verbal dan tidak sanggup menerima penolakan. Mereka tidak tahu bagaimana mengapresiasi orang lain karena mereka tidak pernah mendapatkan hal tersebut. Berilah anak perhatian dan apresiasi mereka atas setiap usaha yang mereka lakukan. Hal kecil seperti bangun tidur pagi hari dan tidak terlambat saat berangkat sekolah pun perlu diapresiasi.

Baca juga: 'Aku Salah Apa?' Sebuah Curahan Hati: Penantian Panjang Akan Hadirnya Anak dalam Pernikahan

Jika kita sibuk bekerja demi kebahagiaan anak, jangan sampai justru mengabaikan kebutuhan anak yang lebih krusial. Jangan sampai cara mencapai tujuan yang kita inginkan, justru menjauhkan kita dari tujuan yang sebenarnya. Luangkan waktu untuk buah hati dan jalinlah komunikasi yang baik. Bersama sang anak, kita pun terus belajar menjadi orang tua yang baik. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi semuanya.


Buat setiap orangtua, inilah artikel-artikel inspiratif tentang pendidikan anak :

5 Bahaya Masa Kini yang Mengancam Jiwa Anak-Anak Kita

Tanya-Jawab 9 Detik : Anak Saya Tidak Dapat Lepas dari Gadgetnya, Apa yang Harus Saya Lakukan?

Rupanya ini yang Membuat Anak Berontak terhadap Orangtua. Terapkan 3 Cara ini sebelum Terlambat!

Sebagai Anak Korban Perceraian, Inilah 4 Alasan Saya Bisa Tetap Bersyukur dan Percaya Diri


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Orangtua, Inilah 4 Hak Anak yang Penting bagi Pertumbuhannya, Namun Seringkali Terbaikan". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


BACA JUGA

Philipus Kristianto | @philipuskristianto

BAGAIMANA MENURUTMU ?

Silahkan login untuk memberi komentar