Menolak Cinta Tanpa Drama? Bisa! Inilah 10 Cara Menolak Pernyataan Cinta atau Sekadar Ajakan Jalan Berdua dengan Bijak dan Efektif

Singleness & Dating

[Image: thaihealth.or.th]

3.3K
Kebenaran yang menyakitkan jauh lebih baik ketimbang kebohongan yang melenakan.

Seorang teman diundang ekspatriat untuk makan malam. Orang bule itu ternyata jengkel dengan sikap bawahannya - orang Indonesia, yang selalu berkata, "Ya!" saat disuruh, tetapi tidak melakukan apa yang diperintahkan. Dalam menjalin relasi dengan lawan jenis, wanita [pria juga bisa] susah untuk berkata, "Tidak!" saat ada orang lain yang mengajak 'jalan' atau ‘nembak’, padahal hatinya menolak.

Baca Juga: Rahasia di Balik Penolakan Cinta oleh Wanita: 6 Alasan yang Tak akan Mereka Katakan kepada Para Pria

Berikut 10 cara untuk menolak dengan bijak saat diajak 'jalan' berdua atau saat 'ditembak':


1. Jangan Menghindar

Ada orang-orang tertentu yang jika Anda menghindar, malah akan berusaha semakin keras untuk mengejar. “Kejarlah daku, maka engkau kujerat.” Mungkin dia berpikir Anda ‘malu-malu kucing’, padahal, Anda jelas-jelas tidak bisa berkata, "Meong!"

Ketimbang main kejar-kejaran [emangnya bintang film India?!] lebih baik hadapi dengan berani.
[Image: whykol.com]


2. Kebenaran yang Menyakitkan

Katakanlah sejujurnya bahwa Anda tidak bisa ‘jalan’ dengannya. Semakin cepat Anda mengatakannya, semakin baik. Bukan saja bagi Anda, tetapi juga bagi dia. PHP justru lebih menyakitkan. Jika Anda ‘jalan’ terus bersamanya meskipun tidak tertarik dengannya, artinya Anda mempermainkan perasaannya.

Kebenaran yang menyakitkan jauh lebih baik ketimbang kebohongan yang melenakan.


3. Selebihnya Berasal dari Setan

Jika ‘ya’ katakan ‘ya’. Jika ‘tidak’ katakan ‘tidak’. Katakan secara hitam putih. Jangan ada abu-abu. Penulis Kitab Kehidupan berkata, jawaban yang mengambang berasal dari si jahat. Jawaban yang ‘abu-abu’ justru membuat Si Dia bingung dengan jawaban Anda. Ya atau tidak?


4. Aku Masih ingin Sendiri

Jawaban semacam ini baik. Artinya, Anda masih belum mau diganggu. Katakan dengan tegas agar dia tidak menawar-nawar lagi. Jika Anda membuka ‘celah’, dia akan terus mengejar Anda.

Tutup pintu dengan sopan.

[Image: ributrukun.com]


5. Aku ingin Sekolah di Luar Negeri

Jika itu memang kerinduan Anda, tidak perlu merasa menyombongkan diri. Kalau pun nantinya Anda kuliah di luar kota, toh artinya berpisah juga, kan? Anda tidak mau LDR, itu jelasnya.

Hubungan yang serius membutuhkah tatap muka secara real, bukan lewat Skype atau media lainnya.

Baca Juga: 13 Tahun Menjalani Pacaran Jarak Jauh, inilah 4 Tips dari Saya untuk Long Lasting Long Distance Relationship


6.Pekerjaanku Belum Memungkinkan

Katakan bahwa Anda masih dalam proses mengejar karier. Anda tidak mau diganggu agar tidak salah arah dan salah fokus. Yakinkan dia bahwa waktu Anda benar-benar tersita oleh pekerjaan, sehingga saat pulang ke rumah pun Anda ingin beristirahat.

Baca Juga: Sudah Lama Bekerja namun Tak Kunjung Mendapat Promosi Jabatan? Cobalah 'Karir Maju', 9 Formula untuk Melesatkan Kariermu!


7. Orangtua Melarangku Pacaran

Jelaskan bahwa Anda sangat menghormati orangtua. Oleh sebab itu, apa pun yang menjadi perintah mereka, Anda lakukan. Anda bukan dalam posisi tawar menawar dengan orangtua. Dengan demikian, Anda tidak memberi kesempatan baginya untuk mengajak Anda 'jalan' berdua.

Baca Juga: Cinta Terhalang Restu Orangtua Pacar, Inilah 3 Pelajaran - tentang Cinta dan Mencintai - yang Saya Dapatkan dari Peristiwa itu


8. Anda Bukan Tipeku

Apakah kalimat ini tidak akan menyinggung perasaan? Bisa jadi, apalagi kalau dia orang yang super sensitif. Namun, ada cara untuk menyiasatinya. “Bukan tipeku tidak berati Anda kurang baik, hanya aku merasa tidak cocok saja.”

Kecocokan memang tidak bisa dipaksakan.

[Image: ributrukun.com]

Orang Barat berkata, “Agree to disagree!”

Selesai.


9. Aku Sudah Ada yang Punya

Di antara semua jawaban di atas, kayaknya inilah yang paling cespleng untuk menolak dia. Jika Anda serius dalam mengucapkannya, dia bisa jadi justru akan kagum kepada Anda karena Anda tipe setia. Memang pernyataan di atas wajib disertai dengan kejujuran. Artinya, Anda benar-benar sudah punya pacar.

Bagaimana jika belum?

Coba katakan yang terakhir ini:


10. Aku Sedang Mengharapkan Orang Lain

Anda diam-diam sedang naksir orang lain. Hati Anda sedang terfokus kepadanya dan tidak mau terganggu. Anda sedang menunggu seseorang untuk ‘nembak’ Anda. Jika Anda cowok, katakan, “Aku sedang PDKT kepada seorang gadis." Artinya, Anda sedang menunggu waktu yang tepat untuk mengutarakan hati Anda. Dan, sementara itu, Anda tidak mau mendua hati. Meskipun jarang, di zaman sekarang, tidak mustahil ada cewek yang 'nembak' duluan. Ketimbang memberinya harapan palsu, lebih baik berkata terus-terang agar dia bisa tetap melaju alias move on.


Pesan Terakhir

Ada beberapa orang cowok yang mendatangiku di kantor dan meminta saran bagaimana cara memutuskan pacar tanpa menyakitinya. “Itu adalah pertanyaan yang salah!” jawabku tegas. Mengapa? Siapa yang tidak sakit saat diputuskan? Demikian juga, apakah kita tidak membuat orang lain kecewa saat menolak cintanya?

Yang lebih bijak adalah, “Ajari saya untuk mengatakan penolakan.” Dan untuk permohonan itu, inilah jawab saya, "Jawaban terbaik berasal dari kata-kata Anda sendiri. Anda yang menjalin hubungan dengannya, Anda yang paling tahu situasi dan kondisinya. Saran saya: Be truthful!"



Baca Juga:

Mencintai Dia yang Tak Mencintaimu Bukanlah Hal yang Memalukan. 4 Hal ini akan Menegaskan, Cinta Bertepuk Sebelah Tangan Bukanlah Akhir Dunia

Ketika Cinta Tak Sempurna, Lalu Bagaimana Menjalaninya Tanpa Lara?

5 Cara untuk Berhenti Mencintai Ia yang Tak Dapat Dimiliki


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Menolak Cinta Tanpa Drama? Bisa! Inilah 10 Cara Menolak Pernyataan Cinta atau Sekadar Ajakan Jalan Berdua dengan Bijak dan Efektif". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


XavierQuentin Pranata | @xavierquentinpranata

BAGAIMANA MENURUTMU ?

Silahkan login untuk memberi komentar