Mengapa Suami Tega Membohongi Istri? Ternyata Tak Selalu dengan Maksud Buruk. Inilah 3 Alasannya

Marriage

[Image: whitsundayprofessionalcounseling.com]

7.1K
Mengapa suami tega membohongi istri? Barangkali ini pertanyaan beberapa istri. Lewat tulisan ini, simak beberapa perspektif baru yang tak terduga.

“Saya sengaja tidak memberitahu istri kalau saya punya tabungan di rekening bank yang saya rahasiakan,” ujar seorang bapak dua anak kepada saya. “Jika sudah banyak, saya ingin memberi kejutan kepadanya dengan membelikan mobil baru!”

“Kalau ketahuan istri bahwa jumlah tabungan saya sebesar ini gawat,” ujar suami yang lain. “Bisa-bisa tabungan saya dikuras habis. Istri saya gila belanja!”

“Terus terang, saya belum siap dengan jujur mengaku bahwa saya punya WIL,” ujar seorang pengusaha, “Saya mau melepaskan WIL saya lebih dulu. Kalau sudah beres, baru saya beritahu istri saya.”

Tiga ucapan suami di atas hanyalah pucuk gunung es dari sekian banyak hal-hal yang suami rahasiakan terhadap istri mereka. Inilah 3 alasan mengapa suami membohongi istri:



1. Bikin Surprise

[Image: Reader's Digest]

Seperti bapak pertama di atas, ada suami yang sengaja merahasiakan kalau dia memiliki tabungan lain. Tujuannya sebenarnya bagus, yaitu ingin memberi kejutan kepada sang istri. Bahayanya? Jika uang sudah terkumpul dan dia tergoda untuk hal yang lain, maka niat yang semula tulus bisa jadi bulus. Misalnya, uang itu justru dia pakai untuk menyenangkan diri sendiri dan - ini yang gawat - bersenang-senang dengan wanita lain yang bukan istrinya.

Padahal, surprise tetap bisa kita lakukan tanpa menyembunyikan tabungan.

Bukankah hadiah-hadiah kecil pun bisa membahagiakan istri?

Saat pulang dari Hawaii, saya belikan istri saya liontin dengan bentuk sandal jepit khas Hawaii yang warna-warni. Waktu berada di Tasikmalaya, istri tercinta saya belikan daster dan kelompen yang benar-benar bikin kejutan karena dia tidak suka. “Daster kok seperti baju hamil,” semprotnya. Hehehe ... Di Tokyo saya belikan dia t-shirt sederhana dengan warna yang menarik, karena mau beli kimono kok ya terlalu mahal harganya ... wkwkwk.

Baca Juga: Rahasia Hubungan Cinta yang Harmonis: Lakukan 10 Hal Sederhana, Dengan atau Tanpa Kata-Kata Ini, Setiap Hari



2. Istri Boros

[Image: matrouge.com]

Sama dengan curhatan bapak kedua, suami tidak mau uang yang ditabungnya sedikit demi sedikit dihabiskan istrinya. “Istri saya boros, Pak Xavier,” ujar seorang bapak bertubuh kurus kepada saya. “Setiap bulan saya harus membayar tagihan kartu kreditnya dalam jumlah yang besar.”

“Jika saya tidak bisa menyediakan uang sekian puluh juta sebulan, istri saya langsung bersikap dingin terhadap saya. Malam hari pun dia tidak mau melayani saya,” ujar pengusaha aksesoris kendaraan.

Jadi, suami belum tentu pelit atau punya 'simpanan' yang menghabiskan simpanannya, melainkan takut kalau uang tabungannya terkuras habis.

Bukankah dia juga memikirkan masa depan keluarga, misalnya, untuk pendidikan anak-anaknya kelak?

Baca Juga: Waspada! Inilah 6 Masalah Keuangan yang Dapat Menghancurkan Kebahagiaan Rumah Tangga



3. Belum Siap

Memang, ada suami yang nakal sehingga bukan hanya menyimpang uang, tetapi juga WIL. Di antaranya ada yang bertobat tetapi takut mengakuinya seperti curhatan suami ketiga. Ada istri yang begitu suaminya mengaku langsung mengamuk tanpa memberi kesempatan kepada suaminya untuk menjelaskan.

“Apa yang perlu dijelaskan? Sudah jelas-jelas selingkuh!”

Begitu semprotan istri semacam ini.

[Image: New York Post]

Saya bisa memahami - bahkan sangat memahami - kemarahan istri yang dikhianati suami.

Namun, marah saja tanpa melepaskan pengampunan akan membuat rumah tangga tidak bisa lagi dipertahankan.

Faktanya ada suami-suami yang akhirnya sadar dari kenakalannya dan bertobat sungguh-sungguh. “Saya jadi malu saat membaca tulisan Pak Xavier tentang suami yang tetap selingkuh walau memiliki istri yang cantik,” ujar seorang bapak dari luar pulau kepada saya. Perselingkuhan bapak ini berakhir dengan 'happy ending' karena suami benar-benar bertobat dan berhenti dari kenakalannya, sedangkan sang istri berbesar hati untuk mengampuni dan menerima suaminya yang pernah menjadi ‘suami yang hilang’.

Oleh sebab itu, jika istri ‘mencium’ atau ‘merasa’ bahwa gelagat suaminya mencurigakan atau menyembunyikan sesuatu, coba lakukan 3 hal ini:


1. Cross Check

Jika stasiun televisi swasta saja menayangkan Cek & Ricek, alangkah baiknya kalau sang istri meminta waktu kepada suami untuk bicara dari hati ke hati. Jika perlu, libatkan orang yang dihormati untuk menjadi penengah.

Baca Juga: Jangan Terlalu Cepat Menghakimi Pasangan, Inilah 5 Bahaya dan 5 Solusinya


2. Lakukan Introspeksi

Bisa saja suami memang bersalah ketika berbohong dan menyembunyikan sesuatu dari istrinya. Namun, tidak ada salahnya jika sang istri menguji diri sendiri.

[Image: Huffington Post]

Jangan-jangan ada bagian yang perlu diperbaiki.

Baca Juga: Satu Rahasia Menaklukkan Pria yang Harus Diketahui Wanita


3. Cari Solusi

Setiap kali ada masalah relasi dengan pasangan, jauh lebih baik mencari solusi konkret ketimbang mengorek-ngorek masalah lebih dalam lagi.

Apalagi jika suami sudah mau membuka diri dengan mengorbankan wibawa dan rasa malunya. Gengsi yang tinggi justru membuat tensi semakin tinggi pula.

Baca Juga: Inilah Pembunuh Relasi Nomor Satu. Simak dan Hindari, Niscaya Hubungan akan Harmonis Selamanya


“Keterbukaan adalah awal pemulihan.” - Doulos Camp



Baca Juga:

Belajar dari Tax Amnesty: Ungkap Sejauh Apa dan Tebus Bagaimana yang Dapat Membawa Kelegaan dalam Relasi dengan Pasangan?

3 Nasihat tentang Relasi dari Mereka yang Pernah Bercerai

Pernikahan Tidak Bahagia? Setiap Hari 'Sleeping with The Enemy'? Inilah 6 Cara Cerdas Mengatasinya




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Mengapa Suami Tega Membohongi Istri? Ternyata Tak Selalu dengan Maksud Buruk. Inilah 3 Alasannya". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


BACA JUGA

XavierQuentin Pranata | @xavierquentinpranata

BAGAIMANA MENURUTMU ?

Silahkan login untuk memberi komentar