Mengampuni Bukanlah Melupakan! Inilah Tanda Pengampunan Sejati dan Cara Melakukannya

Reflections & Inspirations

photo credit : pexels

3.9K
Suana hati tak 'jatuh' dari langit. Kita dapat mengkondisikannya dengan cara ini.

Belum lama ini saya menyaksikan film dokumenter yang mengangkat hubungan antara apa yang masuk ke otak kita dan sikap hati kita setelah menerima rangsangan itu. Ada dua gadis kembar identik bernama Geneviele dan Charmagne. Gadis kembar Afro-America ini memiliki penampilan fisik dan kebiasaan yang boleh dibilang sama. Mereka suka pakai pakaian yang sama, hobinya sama, selera makannya sama, bahkan mereka suka hang out sama-sama.

Nah, mereka dijadikan ‘kelinci percobaan’. Suatu hari mereka sama-sama dibangunkan jam 7 pagi. Kepada Geneviele diberi cd lagu yang riang dan penuh semangat, sedangkan Charmagne diminta memutar cd yang sedih. Setelah itu Geneviele diminta menyaksikan dua film yang bernada riang dan penuh semangat hidup, sedangkan Geneviele, diminta memutar film yang sedih.

Lalu mereka dilepas untuk berbelanja. Ternyata sikap dan perilaku mereka berubah. Geneviele dengan bersemangat memasuki toko serba ada dan membeli banyak barang. Dia membeli barang-barang dengan antusias dan dalam jumlah yang lebih banyak. Sedangkan Charmagne ogah-ogahan belanja. Suasana hatinya tidak mendukung. Dia membeli barang sedikit sekali.

Sore harinya, mereka dipertemukan kembali. Ternyata Geneviele belanja lebih banyak karena dia jadi dermawan dan membelikan barang untuk saudara kembarnya. Yang menarik, keriangan Geneviele akhirnya menular juga ke Charmagne.

Baca Juga : Kisah Nyata: Ketika Kelembutan Hati Ibu Membebaskan Anak dari Jerat Narkoba


Kita dapat mengkondisikan suasana hati

photo credit : pexels

Apa yang bisa kita pelajari dari sini? Suasana hati itu bisa kita kondisikan. CD lagu dan film saja ternyata bisa mengubah dua saudara kembar identik sehingga suasana hati mereka bertolak belakang. Di rak buku saya ada penjelasannya. Keith Harrel menulis buku motivational berjudul Attitude is Everything. Jika kita mengubah sikap kita, maka hidup kita akan berubah. Sikap kita hari ini menentukan sukses kita di masa depan. Itulah yang dijanjikan buku itu. Anthony Robbins, penulis buku top Awaken the Giant Within, mengatakan, “Sikap adalah hal terpenting untuk mencapai kepenuhan pribadi dan kesuksesan.”

Kita perlu memiliki sikap hati yang baik di hadapan sesama dan pencipta kehidupan. Kita perlu menjaga hati. Bagaimana menjaga hati? Tentu saja dengan mengawasi apa yang kita masukkan ke dalam hati dan apa yang kita biarkan berada di luar.

Baca Juga : Bahagia, Meski Menderita Kanker dan Tak Berlimpah Materi. Bahwa Bahagia Sejatinya Perkara Hati, Keluarga Ini Membuktikannya


Pengampunan adalah pilihan yang membebaskan diri sendiri

photo credit : pexels

Seorang manajer sebuah perusahaan keuangan bercerita kepada saya bahwa suatu hari dia dimaki-maki seseorang. “Peristiwa itu sudah terjadi bertahun-tahun yang lalu. Saat ini, kalau saya bertemu dengannya, saya tidak lagi merasa sakit hati,” ujarnya.

“Lho, tetapi buktinya you masih mengingatnya kan?” potong saya.

“Memang benar dan itu tidak mungkin saya lupakan,” ujarnya, “namun, saya tidak lagi merasa sakit ketika mengingat peristiwa itu.”

Rupanya dia benar-benar sudah melepaskan pengampunan kepada orang itu, karena dia tidak mau hatinya dibelenggu oleh dendam kesumat yang akibatnya justru merugikan dirinya sendiri. Nah, masih adakah hal-hal yang menganggu hati kita saat ini? Mari kita buang keluar agar tidak mempengaruhi diri kita dan kinerja kita.

(Xavier Quentin Pranata, Life is Colorfull)


Tulisan-tulisan ini akan memberikan inspirasi bagimu :

Merasa Sepi dan Hancur Setelah Patah Hati? Saya Mengusir Sepi dan Menata Diri dengan 7 Cara Ini

Berulangkali Ingin Mati. Inilah Kisah Hidup Saya bersama Depresi Klinis

Aborsi dan Bunuh Diri Bukan Solusi. Kisah Nyata Sarni Ini Membuktikan Rencana Tuhan Jauh Lebih Indah


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Mengampuni Bukanlah Melupakan! Inilah Tanda Pengampunan Sejati dan Cara Melakukannya". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


BACA JUGA

XavierQuentin Pranata | @xavierquentinpranata

BAGAIMANA MENURUTMU ?

Silahkan login untuk memberi komentar