Menemukan Keindahan dalam Perbedaan lewat Lagu Natal Rudolph the Red Nose Reindeer

Reflections & Inspirations

[image: Greenpeace]

486
Mengapa perbedaan justru dibuat menjadi jurang pemisah? Bukankah seharusnya perbedaan bisa menjadi bumbu yang membuat persahabatan makin bewarna-warni?

Rudolph the red nose reindeer

You know Dasher and Dancer and Prancer and Vixen

You know Comet and Cupid and Donner and Blitzen

But do you recall

The most famous reindeer of all

Rudolph the Red-Nosed Reindeer

Had a very shiny nose

And if you ever saw it

You would even say it glows

All of the other reindeer

Used to laugh and call him names

They never let poor Rudolph

[image: acartoonchristmas]
1

Sewaktu kecil, mungkin kita sering menyanyikannya tanpa menyadari apa arti sebenarnya dari lagu ini. Apalagi menjelang Natal, di pertokoan, di mall, bahkan di gereja, lagu ini sering dinyanyikan oleh siapa saja, mulai anak-anak hingga orang dewasa. Setelah dewasa, saya menyadari bahwa lagu ini berkisah tentang rusa kecil bernama Rudolph. Tidak seperti irama lagu yang ceria, awal kisah Rudolph tidaklah bahagia.


"Berbeda itu indah"

Rudolph adalah rusa kecil yang berbeda. Sama halnya dengan yang sering terjadi dengan kita, perbedaan tidak bisa dengan mudah diterima. Ia seringkali diejek oleh rusa-rusa lainnya karena hidungnya yang bewarna merah dan bisa mengeluarkan cahaya. Rudolph tidak memiliki teman dan merasa kesepian. Tubuhnya tidak cukup besar untuk menarik kereta salju Sinterklas, sehingga ia makin terisolasi dari teman-temannya.

Sewaktu di sekolah dulu, saya memiliki seorang teman yang dianggap berbeda. Entah sikapnya yang kaku, obrolannya yang sering kali juga tidak nyambung, atau penampilann seperti kutu buku yang membuatnya tidak bisa diterima oleh kami. Sewaktu saya duduk sebangku dengannya, saya menyadari meski ia memang agak berbeda, tetapi sebenarnya ia seorang teman yang baik dan menyenangkan.

Lalu saya berpikir, mengapa perbedaan justru dibuat menjadi jurang pemisah? Bukankah seharusnya perbedaan bisa menjadi bumbu yang membuat persahabatan makin bewarna-warni?

Apa yang salah dengan menjadi berbeda? Bukankah berbeda itu indah?

Baca Juga: Tinggal di Asrama, Saya Menemukan Keluarga. Meski Berbeda Warna Kulit dan Bahasa, Kami Bersaudara


"Keunikan bukan keanehan"

Unik atau aneh? Sebenarnya itu tergantung mindset kita saja. Sama halnya dengan Rudolph si rusa kecil berhidung merah ini, apakah kita menganggapnya unik karena hidung merahnya atau justru aneh?

Saya pribadi lebih senang menganggapnya unik. Perbedaannya itu yang membuat Rudolph si rusa kecil memiliki kelebihan tersendiri. Kelebihannya ini tidak ia sadari pada mulanya, karena teman-temannya menganggapnya aneh. Namun, suatu hari kereta salju Sinterklas terjebak badai salju yang sangat dahsyat, sehingga Sinterklas dan rusa-rusa lainnya tidak dapat menemukan jalan pulang.

[image: duetteko]

Lalu, apa yang terjadi? Rudolph membuktikan bahwa hidungnya yang bisa menyala yang sering diejek oleh teman-temannya inilah yang akhirnya menjadi penunjuk jalan bagi mereka, sehingga nyawa Sinterklas dan teman-teman rusanya terselamatkan.

Baca Juga: Sepiring Soto dan Sebungkus Nasi Rasa Toleransi. Kisah Tentang Persatuan di Tengah Perbedaan


"Diterima dan menjadi berguna"

Setelah menjadi penolong, Rudolph si rusa kecil diterima oleh teman-teman rusanya. Tidak hanya itu, kini ia juga bergabung dengan teman-temannya menjadi penarik kereta salju Sinterklas. Ia bahkan mendapat kehormatan untuk menjadi penarik kereta salju yang terdepan. Rudolph berperan sebagai penerang dan pemberi cahaya, sehingga Sinterklas tidak akan tersesat lagi saat menuju rumah anak-anak untuk memberikan kado Natal.


***


Haruskah kita menunggu mengalami “badai salju” terjadi pada kita, sebelum kita bisa menerima perbedaan? Alangkah baiknya jika kita menghargai dan menerima siapa saja tanpa membeda-bedakan mereka.

Ketahuilah, semua orang ditempatkan di dunia dengan segala keunikan dengan suatu tujuan. Agar kita dapat saling melengkapi dan saling memberi warna.

Karena pelangi tidak akan indah jika hanya bewarna merah saja atau kuning saja atau hijau saja. Pelangi menjadi indah karena ia memiliki warna yang berbeda-beda.


Selamat Natal!


Baca juga artikel-artikel inspiratif seputar Natal ini:

Natal di Bulan Juli? Inilah 5 Kesalahan Merayakan Natal yang Fatal

Karena Kita Mungkin Tidak Bisa Bertemu Lagi Natal Tahun Depan

Buat Kamu yang Merayakan, Inilah 3 Lagu Natal Paling Menyentuh Hati Pilihan Saya



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Menemukan Keindahan dalam Perbedaan lewat Lagu Natal Rudolph the Red Nose Reindeer". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Beatrice Fella | @Beatricefella

A wife and a mother of two beautiful daughters. -I'll feed you love and I hope that's enough to inspire you through suffering, holding you up-

BAGAIMANA MENURUTMU ?

Silahkan login untuk memberi komentar

Crystal Monica | @alibabaalibabi

Malam Tahun Baru