Mendapatkan Julukan Playboy? Ini 6 Kerugian yang Pasti Tak Terbayangkan

Ex & Broken Hearts

photo credit: inovasee

5.4K
"Nggak apa-apa jadi playboy, karena itu adalah bukti gw ganteng dan pintar memikat hati banyak wanita."

"Nggak apa-apa jadi playboy, karena itu adalah bukti gw ganteng dan pintar memikat hati banyak wanita."

Bagi seorang anak muda, khususnya laki-laki, punya banyak mantan adalah kebanggaan. Apalagi laki-laki itu sampai diberi julukan playboy, maka dia akan merasa sebagai orang yang paling ganteng dan ahli dalam memikat hati wanita. Tetapi kebanggaan mempunyai banyak mantan pacar ternyata tidak hanya bagi kaum lelaki, tak jarang juga para wanita begitu bangga berganti-ganti pasangan dan menceritakannya kepada banyak orang.

Bahkan tak sedikit anak SMA yang telah lulus dan belum pernah pacaran, merasa minder, karena teman-temannya rata-rata sudah memiliki sederet mantan.

Saya mengenal mereka yang bahkan dari SD sudah berpacaran, ketika SMP sudah mempunyai 4-5 mantan pacar, ketika menginjak SMK sudah mempunyai lusinan mantan. Bagi kebanyakan anak muda, semakin banyak mantan maka dia semakin populer dan kebanggaannya semakin besar, seolah-olah itu adalah prestasi yang luar biasa.

Padahal tidak ada yang perlu dibanggakan dari punya banyak mantan. Ketika sudah mengetahui kerugiannya, mungkin yang awalnya adalah kebanggaan, kini adalah sebuah aib yang begitu memalukan. Sebelum kamu memutuskan untuk jadi seorang playboy atau playgirl, pertimbangkanlah beberapa hal ini.


1. Kamu akan dianggap sebagai orang yang tidak berkomitmen

photo credit: The Independent

Sebenarnya perkataan “orang yang tidak berkomitmen” adalah bahasa halus dari orang murahan. Kamu akan dianggap seperti itu, meskipun mungkin saja kamu tidak seperti itu. Tetapi penilaian seperti itu adalah keniscayaan yang tidak bisa dihindari. Semakin kamu mempunyai banyak mantan, maka semakin kamu akan dianggap orang yang tidak bisa berkomitmen. Dan meskipun suatu hari, kamu telah benar-benar berkomitmen, tetap saja akan ada pihak-pihak tertentu yang meragukan komitmenmu.


2. Semakin banyak gonta-ganti pacar, semakin besar peluang melakukan perzinaan

Tak bisa dipungkiri dalam masa pacaran selalu ada godaan untuk melakukan perzinaan. Baik itu “sekadar” ciuman, chat sex, sampai pada melakukan seks pra nikah. Dengan godaan seperti ini, maka dapat dipastikan semakin seseorang banyak gonta-ganti pacar, maka semakin besar peluang untuk melakukan perzinaan.

Dengan kerugian ini, tentunya gonta ganti pacar bukan lagi hal yang harus dibanggakan bukan?


3. Hidup dalam kegalauan

Saya melihat banyak anak muda yang seharusnya belum usia pacaran tetapi memilih untuk berpacaran hidup dalam kegalauan. Dalam usia remaja yang cenderung masih labil, kemungkinan untuk menjadi galau sangat besar.

Kegalauan anak-anak remaja ini tidak bisa dipandang remeh. Banyak dari mereka yang sejak muda sudah merasakan pilu karena dikhianati oleh pacarnya, sehingga seumur hidupnya hidup dalam kepahitan yang sangat sulit dipulihkan.

Baca juga: Tanya-Jawab 9 Detik: Darimana Saya Tahu Dia adalah Orang yang Cocok Menjadi Pacar?


4. Menyia-nyiakan waktu yang berharga

photo credit: Sequel Entertainment

Banyak hal yang seharusnya bisa dilakukan pada masa muda, misalnya berjuang untuk berprestasi dalam berbagai bidang dan membangun sebanyak mungkin relasi persahabatan dan sebagainya. Waktu-waktu yang berharga itu akan dengan mudah direnggut oleh seorang pacar. Saya ingat ketika saya masih sekolah. Saya sangat suka bermain futsal, tetapi selalu terhalang karna pacar tidak mengizinkannya hanya karena alasan untuk menemaninya sms-an.


5. Melewatkan banyak kesempatan karena takut betemu mantan

photo credit: Relate Institute

“Aku nggak mau ah ikutan acara itu, mantanku juga ikutan!” Ini satu kerugian yang sangat besar. Harusnya kita bisa berteman dengan banyak orang, akhirnya diakhiri dengan ketakutan yang tidak perlu, yakni takut bertemu mantan. Banyak dari antara kita yang sebelumnuya berteman baik, tetapi pada akhirnya berakhir dengan cara yang tidak baik.


6. Takut untuk berharap

Karena mempunyai mantan yang banyak, biasanya seorang tidak akan berani berharap untuk mempunyai seorang pacar yang baik. Perasaan minder ini terutama lebih sering terjadi kepada perempuan. Karena merasa sudah menjadi orang yang tidak baik dengan kebiasaan gonta-ganti pacar, maka untuk berharap mempunyai pasangan idaman adalah hal yang sangat sulit.

Dengan kerugian-kerugian itu, masihkah mempertimbangkan ingin gonta-ganti pacar? Atau masihkah bangga dengan statusmu sebagai playboy atau playgirl?

Baca juga: Tanpa Kata, Taklukkan Hatinya. Ini Pengalaman Saya


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Mendapatkan Julukan Playboy? Ini 6 Kerugian yang Pasti Tak Terbayangkan". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Yogi Liau | @yogiliau

BAGAIMANA MENURUTMU ?

Silahkan login untuk memberi komentar