Masalah Mematikan dengan 5 Gejala Sederhana, Inilah Fenomena Kesepian! Periksa Dirimu lewat 5 Pertanyaan Ini.

Love & Friendship

Dokumentas pribadi Talk Talk Talk

7.2K
Seberapa sering kamu merindukan kehadiran seseorang di sebelahmu, yang nyata dan hadir secara utuh, saling menumpahkan seluruh perasaan dan masalah?


Dokumentasi pribadi Talk Talk Talk

Wabah terbesar di dunia modern.

Kondisi kesepian merupakan fenomena sosial bagi semua orang.

Semua orang?

Ya. Sangat wajar bagi siapapun untuk mengalami kesepian, berapapun usianya dan apapun status ekonominya. Seorang pria menikah umur 30'an dengan karir sukses ataupun seorang gadis SMA yang sering pergi traveling bersama teman tetap bisa menjadi sasaran "wabah" ini. Orang yang berkecukupan belum tentu memiliki tingkat kesepian yang lebih rendah dari yang berkekurangan, ataupun sebaliknya.

Pertanyaan umum masyarakat terhadap fenomena ini adalah, apakah lebih banyak wanita yang merasa kesepian daripada pria? Tidak. Bagaimana dengan sebaliknya, apakah lebih banyak pria yang merasa kesepian? Tetap tidak.

Berbagai penelitian menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan antara tingkat kesepian pria dan wanita. Kondisi kesepian mendobrak segala stereotip, ia menyerang setiap orang tanpa pandang bulu. Seorang pria menikah berusia 40-an menghabiskan sepanjang usia pernikahannya dengan pertengkaran sehari-hari. Sesekali ia berusaha mencari perhatian kepada wanita-wanita lain yang bukan istrinya.

Hingga suatu hari sang istri bertanya, "apa kekuranganku sampai kamu mata keranjang seperti itu?".

"Aku hanya kesepian," jawab pria tersebut. Jawaban yang merobek hati anak-anak dan istrinya.

Dua orang gadis yang tidak saling mengenal memiliki satu kesamaan, yaitu kurangnya perhatian dari keluarga. Dua cerita ini terjadi di tempat berbeda dan tidak pada waktu yang sama. Sehari-hari mereka menjalani kehidupan sehari-hari seolah tanpa tujuan, mencari perhatian orang lain atau kesenangan untuk mengisi kekosongan. Hingga suatu hari salah satu gadis meninggalkan studinya di tengah jalan, sedangkan yang satu menjadi simpanan orang yang sudah menikah. Dua orang gadis ini tidak saling mengenal tetapi memiliki satu kesamaan, "aku kesepian."


Dokumentasi pribadi Talk Talk Talk

Mengakibatkan kematian.

Kesepian itu bagaikan sinyal yang menunjukkan bahwa ada yang tidak beres dengan relasinya bersama orang-orang di sekitar.

Kondisi kesepian seringkali tersembunyi di balik kesibukan dan tawa. Jelas sekali bahwa merasa kesepian itu sangat tidak enak, tapi bukan berarti aman-aman saja jika dibiarkan. Kondisi kesepian bukanlah jenis perasaan yang akan hilang bersama waktu. Jika dibiarkan terus menerus, kesehatan mental seseorang bisa terancam. Kesepian itu bagaikan sinyal yang menunjukkan bahwa ada yang tidak beres dengan relasinya bersama orang-orang di sekitar.

Penelitian bahkan membuktikan bahwa kesepian dapat menjadi penyebab kematian. Sebuah penelitian menunjukkan 14 persen kematian disebabkan oleh rasa sangat kesepian. Angka tersebut lebih tinggi daripada jumlah kematian yang diakibatkan obesitas. Berdasarkan hasil penelitian Bringham Young University, kurangnya keberadaan teman di sekitar mampu membahayakan kesehatan seperti layaknya dampak yang diberikan oleh obesitas atau merokok 15 batang setiap harinya.

Cukup mengerikan, bukan? Pernahkah kamu bertanya-tanya,

Gejala kondisi kesepian begitu sederhana dan terlihat wajar. Berikut adalah lima dari sepuluh gejalanya yang diambil dari UCLA Loneliness Scale. Jika kamu ingin mengetahui kesepuluh gejalanya serta ingin melakukan pengecekan diri, yuk cek di sini bit.ly/talkquiz


1. How often do you feel unhappy doing so many things alone?

Seberapa sering kamu merasa tidak bahagia melakukan beragam aktivitas sendirian?

Dokumentasi pribadi Talk Talk Talk

Ada saja aktivitas yang bisa kita lakukan dari pagi hingga malam.

Mulai dari mengerjakan tugas, membaca buku, makan tiga kali sehari, jalan-jalan, berbelanja kebutuhan sehari-hari, menonton film, membersihkan rumah, dan lain-lain. Sebanyak apapun teman yang dimiliki, tidak selalu kita melakukan setiap aktifitas bersama-sama, bukan? Terkadang juga ada orang yang menonton di bioskop sendirian, berbelanja kebutuhan bulanan di supermarket sendirian, mengerjakan tugas sendirian, dan lain-lain.

Beberapa orang bisa menikmati hal itu, mereka menikmati kesendiriannya, alone but not lonely.

Salah seorang teman saya sering menarik diri dari perkumpulan kami yang berisi hampir 100 orang, untuk 'bermeditasi' katanya. Ia menikmati berteman dengan orang-orang tersebut, namun sesekali ia ingin 'mengisi energi' dengan melamun atau membaca buku sendirian.

Tapi tidak semua bisa menikmati kesendirian. Bagi beberapa orang, alone means lonely. Bagaimana dengan kamu, seberapa sering kamu merasa tidak nyaman atau susah menikmati melakukan beragam aktifitas sendirian?


2. How often do you feel you have nobody to talk to?

Seberapa sering kamu merasa tidak ada orang yang bisa diajak untuk mengobrol?

Dokumentasi pribadi Talk Talk Talk

"Aku punya banyak teman, tidak mungkin aku kesepian!" kata seorang teman yang sering kebingungan mencari sesama untuk curhat. Pernyataannya cukup kontradiksi dengan pengalaman sehari-harinya.

Mungkin kamu memiliki banyak teman yang terlihat, namun teman bukan untuk ditata dan dipajang seperti piala.

Teman ada untuk menyayangi dan disayangi, saling membantu dalam kesukaran, dan terutama saling membentuk serta menumbuhkan. Di antara 'lautan' teman dan keluargamu yang ada, apakah kamu bisa terbuka kepada mereka? Apakah mereka bisa terbuka kepadamu?

Setiap kali ada masalah, siapakah orang yang muncul di pikiran yang bisa melegakan hatimu? Atau justru kamu kesulitan menemukannya?


3. How often do you feel you cannot tolerate being so alone?

Seberapa sering kamu merasa tidak nyaman ketika sendirian?

Dokumentasi pribadi Talk Talk Talk

Kesendirian dan kesepian adalah hal yang berbeda. Kadang seseorang membutuhkan kesendirian untuk berpikir tenang atau me time. Kesendirian berarti menemukan kebebasan di dalam kondisi seorang diri, secara tulus menemukan kebahagiaan dan puas ditemani diri sendiri. Seberapa betah kamu berada dalam kondisi seperti ini, sendirian tanpa merindukan kehadiran siapapun saat itu juga?

Sendiri artinya kamu bisa tetap bahagia meski sendirian.
Kesepian artinya kamu merasa kosong di tengah keramaian.


4. How often do you feel as if nobody really understands you?

Seberapa sering kamu merasa seolah tidak ada orang yang benar-benar mengertimu?

Dokumentasi pribadi Talk Talk Talk

"Aku kasihan pada dia, aku hanya ingin mengasihi dan 'menyelamatkan' dia. Ia mempunyai banyak luka di masa lalu, aku ingin bisa selalu ada baginya dan menjadi penolong. Kasihan sekali dia," kata seorang teman yang memutuskan untuk berpacaran dengan seseorang yang di mata saya dan teman-teman 'kurang cocok'. Ia menceritakan apa saja luka-luka masa lalu pasangannya itu dan memang membuat miris hati.

"Maaf, aku tidak menyangka kamu mengalami masalah seperti ini. Aku tahu kamu pasti ingin sekali menyelamatkan orang tersebut, tapi apakah harus dengan cara pacaran? Tidak bisakah hanya dengan menjadi teman saja?" Rentetan jawaban mengikuti pertanyaan saya. Hingga akhirnya saya bertanya lagi, "Masalah seberat ini pasti sudah kamu pertimbangkan dari lama. Kenapa kamu tidak berdiskusi dulu dengan teman-temanmu?"

"Mereka pasti menghakimi. Aku tidak yakin mereka bisa memahami aku," jawab teman saya, seseorang yang sering terlihat ceria dan banyak teman.


Pernahkah kamu memiliki masalah yang sepele ataupun sangat berat namun tidak yakin ingin bercerita kepada siapa?

"Dia bermulut ember, ceritaku pastibocor kemana-mana nanti."

"Dia pendiam sekali, hampir tidak pernah merespon ceritaku."

"Dia selalu memotong omonganku, malas sekali cerita padanya."

"Dia tidak pernah memberi solusi, malah mengkritik terus."


Meskipun ada banyak jenis 'teman' yang seperti itu, pasti ada beberapa yang bisa menjadi pendengar yang baik dengan tulus dan penuh kasih. Namun apakah kamu cukup percaya untuk bercerita kepada mereka? Tidak selalu pihak luar yang menjadi penyebab seseorang susah percaya.


5. How often do you feel starved for company?

Seberapa sering kamu merasa membutuhkan seseorang untuk menemanimu?

Dokumentasi pribadi Talk Talk Talk


Ketika masih SMP saya sering menghabiskan waktu di sekolah hingga sore. Awalnya saya bermaksud untuk me time, namun ternyata makin lama makin susah menikmati. Tiba-tiba saya ingin menangis dan tidak tahu harus bagaimana. Pada masa-masa itu hubungan saya dengan keluarga sedang tidak baik dan hanya memiliki satu teman dekat saja -- yang tidak mungkin bisa selalu saya tuntut ini itu. Sehingga saya tidak tahu bagaimana cara mengisi kekosongan ini.

Apakah kamu sering merindukan kehadiran seseorang di sebelahmu, yang nyata dan hadir secara utuh, saling menumpahkan seluruh perasaan dan masalah?


Seen. Heard. Valued.

Kesusahan menikmati aktifitas sendirian, tidak tahu ingin menghubungi siapa, tidak bisa menikmati kesendirian, merasa tidak ada yang bisa mengertimu, serta mendambakan seseorang untuk menemani. Mungkin kamu bertanya-tanya, "ini semua kok mirip-mirip ya?"

Ya! Gejala-gejala kondisi kesepian memiliki satu kesamaan, yaitu a sense of belonging.

Semua orang ingin di dilihat secara nyata bukan melalui layar kaca (seen), didengarkan atau disimak dengan baik bukan hanya sambil lalu saja (heard), dan terutama dihargai sebagai bagian dari satu sama lain (valued).

Dokumentas pribadi Talk Talk Talk

Talk Talk Talk - Talking Solve Things merupakan kampanye sosial yang berfokus dalam menangani fenomena kesepian, terutama bagi masyarakat usia dewasa dini. Konsep kampanye ini berasal dari dua hal, yaitu keterbukaan (talk, yang berarti "bicara" dalam bahasa Indonesia) dan pertemuan relasi nyata yang mengikat kebersamaan (talk talk talk terdengar seperti suara "tok tok tok" yang merupakan suara ketukan pintu di telinga orang Indonesia).

Jika Anda ingin mengetahui seberapa besar tingkat kesepian yang sedang Anda alami, silakan menuju link berikut bit.ly/talkquiz

Talk Talk Talk

Talking Solve Things


Baca juga tulisan inspiratif berikut ini :

Kesepian di Tengah Keramaian : Inilah 5 Tandanya. Saya Berhasil Mengatasinya dengan Cara Ini

Fenomena Suami Kesepian: Bukan Sekadar Seks, Inilah 6 Hal yang Dapat Dilakukan Istri untuk Mendampingi Suami


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Masalah Mematikan dengan 5 Gejala Sederhana, Inilah Fenomena Kesepian! Periksa Dirimu lewat 5 Pertanyaan Ini.". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Talk Talk Talk Talking Solve Things | @evelinemustika

BAGAIMANA MENURUTMU ?

Silahkan login untuk memberi komentar