Liburan Gak Harus Jalan-Jalan, Coba Ini: 10 Cara 'Baru' untuk Menikmati Liburanmu

Reflections & Inspirations

[Image: Huffington Post]

4.4K
Bagi Anda yang malas berada di keramaian tempat wisata atau tak lagi memiliki anggaran untuk berlibur, banyak hal seru yang dapat dilakukan untuk menghabiskan libur Anda.

Bagi pegawai kantoran seperti saya, warna merah di kalender - selain hari minggu - adalah hal yang paling dinanti. Terlebih lagi jika warna merah tersebut berbaris berderet secara berurutan selama beberapa hari.

"Liburan!"

Satu kata indah itu langsung terlintas di kepala.

Laman-laman yang menjual voucher tiket kereta api atau pesawat dan voucher penginapan dijamin langsung memenuhi layar komputer, terlebih lagi jika ada promo gila-gilaan dari maskapai penerbangan yang bikin jadi mendadak lapar mata [dan dompet jadi mendadak kelaparan].

Di masa libur panjang, dapat dipastikan tempat-tempat tujuan wisata akan dipadati oleh wisatawan lain yang ingin berlibur. Akibatnya, bukan perasaan senang dan gembira yang kita rasakan, mungkin malah perasaan kurang nyaman yang timbul, karena sesaknya tempat wisata yang didatangi.

Liburan tidak melulu harus dihabiskan di tempat wisata, terlebih bagi Anda yang tidak mempunyai budget untuk liburan. Berikut adalah 10 hal seru yang dapat Anda lakukan untuk menghabiskan liburan di dalam kota:



1. Beres-Beres Seru

[Image: sheknows.com]

List pertama adalah beres-beres. Yak, mari bereskan kamar kita yang berantakan! Mari ingat sudah berapa abad kita tidak menengok laba-laba yang sudah bersarang, bahkan beranak pinak, menempati sudut pojok atas kamar kita. Dengan beres-beres, kita juga dapat memilah dan memilih barang mana yang masih digunakan dan mana yang akan disumbangkan, baik ke mereka yang membutuhkan maupun ke pedagang loak. Jangan kaget kalau di tengah beres-beres kita akan menemukan diary waktu sekolah, atau sepucuk surat cinta warna merah jambu yang tidak pernah diberikan kepada orang yang kita kagumi dahulu, atau bahkan beberapa foto dengan si mantan yang terlupakan dengan gaya bibir manyun yang diambil di dalam photobox.



2. Menyayangi Kendaraan

[Image: uniqueroses.ca]
Jagalah kendaraan Anda, maka kendaraan juga akan menjaga Anda!

Yap, mari ingat kapan 'Si Bleki' [panggilan untuk kendaraan kesayangan saya] terakhir di-service. Kapan terakhir kali Anda merawat dan mengganti oli kendaraan yang telah dengan setia mengantar Anda ke mana saja setiap hari. Kendaraan memang sebuah benda mati, namun jika tidak dirawat dengan baik dan benar, kendaraan justru akan jadi sangat merepotkan ketika dibutuhkan. Menghabiskan waktu seharian di bengkel atau salon kendaraan itu worth it kok, apalagi dengan mengingat jasa kendaraan yang sudah mengantar kita ke mana saja itu.



3. Mencoba Masakan Alien

Bahan baku memasak yang dihadapi setiap hari hanya mie instan dan telur? Tak masalah! Sesekali cobalah untuk membuat kreasi masakan yang berbeda.

[Image: theawesomedaily]

Tidak harus mewah dan mahal seperti yang ada di Masterchef, gunakan saja ide serta kreativitas mix and match bahan yang berbeda. Pizza mie instan, hamburger mie instan, atau bahkan sate mie instan menarik untuk dicoba dan dikreasikan. Bukan tidak mungkin dari hasil iseng-iseng, ternyata bisa menghasilkan satu masakan yang baru dan dapat menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Baca Juga: Me Time Itu-Itu Saja dan Mulai Membosankan? Ayo Coba 7 Cara Me Time yang Gak Ribet tapi Seru ini!



4. Movie Marathon

[Image: hercampus.com]

Kamar sudah bersih, masakan alien sukses membuat perut kenyang, sekarang waktunya memanjakan diri dengan menonton film. Mari bongkar koleksi DVD lama yang ada! Niscaya kita akan menemukan banyak film dengan judul jadul yang layak untuk ditonton kembali. Menonton film-film lama juga bermanfaat, terlebih bagi Anda yang ingin menonton lanjutan [sequel] film tersebut yang sekarang sedang tayang di bioskop. Malas antre tiket di bioskop? Mari borong DVD, biasanya ada discount khusus bagi film terbitan lama.

Tapi ingat, jangan pernah beli DVD bajakan, ya! Mari dukung dan hargai kerja keras sineas perfilman dengan membeli karya mereka yang asli.



5. Eksperimen Penampilan

[Image: Dhaka Tribune]

Hasil dari beres-beres juga bisa lho menimbulkan ide baru bagi penampilan kita. Kita pasti akan menemukan beberapa pakaian yang sudah tidak lama tidak terpakai, mari berkreasi dengan menggunakan pakaian-pakaian lama tersebut. Selain pakaian, menghabiskan waktu untuk merawat badan dan merubah gaya rambut juga dapat dilakukan. Bagi para cowok, jenggot bergaya Dumbledore sudah nggak zaman, coba ubah dengan gaya yang lagi in seperti Robert Downey Jr., bisa dipastikan cewek-cewek banyak yang akan ngelirik kamu. Untuk para cewek, cobalah bereksperimen dengan potongan rambut baru, atau jika cukup percaya diri silakan cat rambut dengan gaya yang lagi happening sekarang.



6. Jalan-Jalan ke Taman Kota

Akhir-akhir ini banyak pemerintah daerah berlomba-lomba untuk membangun dan mempercantik taman kota. Taman yang dulunya kumuh dan kotor, sekarang bisa dinikmati dengan cukup nyaman dan nggak kalah dengan taman-taman di luar negeri. Jalan-jalan di sore hari sambil menikmati senja adalah hal yang cukup asik dilakukan. Semakin menarik jika kita bertemu dengan komunitas tertentu yang sedang berlatih dan menunjukkan kebolehannya.

Psssttt ... Bagi Anda para jomblo, taman kota sekarang banyak dikunjungi oleh cewek-cewek & cowok-cowok cakep lho, siapa tahu bisa ketemu gebetan baru di sana.

Baca Juga: Belum Juga Menemukan Pasangan Hidup? Jangan Menyerah! 8 Langkah ini Akan Memberikan Harapan Baru Untukmu!



7. Quality Time dengan Pasangan

[Image: pinterest]

Kapan terakhir kalinya Anda menikmati quality time dengan pasangan? Ngobrol santai sambil menikmati kudapan, membawakan setangkai bunga kesukaannya, sambil saling bertukar tatapan yang dalam diiringi dengan alunan musik yang merdu, menggenggam tangan pasangan sambil berbisik lembut di telinganya, "I Love You", membahas rencana tentang relasi ke depan dan hal-hal yang ingin dicapai.

Sekian lama berelasi, kejenuhan dan ketidakcocokan pasti [sering] terjadi, mari ambil waktu sejenak untuk mengulang romantisme seperti ketika awal-awal saling jatuh cinta dahulu. Ajaklah pasangan Anda mengunjungi tempat-tempat yang mempunyai nilai sejarah bagi relasi kalian berdua.

Baca Juga: Buat Kamu yang Sering Bertengkar dengan Pasangan, 10 Cara ini Bisa Membuat Harmonis Hubungan Cintamu



8. Jogging Bersama

[Image: mapsmagazin.com]

Jogging atau olahraga biasanya dilakukan bersama dengan teman yang mempunyai hobi yang sama. Sesekali, ajaklah seluruh anggota keluarga untuk jogging atau olahraga bersama. Tidak harus olahraga yang berat dan tidak harus pula berkeringat, yang penting melalui aktivitas tersebut hubungan antarkeluarga yang mungkin mengalami kekakuan akan menjadi cair dan semua anggota keluarga dapat menikmati kegiatan lain selain yang biasa dilakukan di kehidupan sehari-hari.



9. Nongkrong dengan Teman Lama

[Image: medium]

Kapan, ya, terakhir ketemu dengan teman-teman sekolah waktu SD atau SMP? Nah, ajaklah mereka untuk bertukar kabar, bertemu, dan nongkrong bersama. Sekian tahun tidak bertemu dan terpisah oleh sekolah dan kampus yang berbeda, bisa dipastikan akan banyak cerita yang asyik untuk dibagikan. Nostalgia betapa nakalnya kalian waktu itu, hutang di kantin yang tidak dibayar hingga saat ini, atau bahkan betapa galaknya guru yang suka melempar potongan kapur tulis dan penghapus akan menjadi hal yang sangat seru untuk dilakukan. Jangan lupa bahas "kembang sekolah" yang jadi sasaran keisengan di masa lalu.



10. Wisata Kuliner Dadakan

[Image: okezone.com]

Ada banyak masakan enak lho di sekitar kita. Nggak percaya? Coba saja beberapa jajanan kaki lima yang ada di sekitaran rumah, atau coba googling tentang kuliner khas yang ada di kota kita. Informasi tentang makanan baru yang menggoda untuk dicoba pasti langsung muncul di layar smartphone. Ajaklah beberapa teman atau anggota keluarga untuk berwisata kuliner dadakan, selain sarana untuk membagi persebaran lemak dan kolesterol secara merata dan berkesinambungan, teman atau keluarga juga dapat diminta ikut patungan membayar tagihan makanan.

Liburan asyik tidak melulu harus ke tempat wisata, bukan? Yuk, tag temanmu dan ajaklah dia mencoba satu atau beberapa hal di atas untuk mengisi liburan bersama.

Selamat berlibur!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Liburan Gak Harus Jalan-Jalan, Coba Ini: 10 Cara 'Baru' untuk Menikmati Liburanmu". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Nicho Krisna | @nichokrisna

Auditor | Banker | Blogger

BAGAIMANA MENURUTMU ?

Silahkan login untuk memberi komentar