Ketika Santet Dijadikan Biang Keladi Perselingkuhan, Inilah 3 Fakta yang Perlu Anda Ketahui

Marriage

www.bintang.com

6.6K
Cinta ditolak, dukun pun bertindak! Seolah-olah ini menjadi sebuah acaman tersendiri bagi pasangan harmonis. Tetapi benarkah santet yang menjadi biang keladi perusak rumah tangga?

Berita mengejutkan datang dari seorang sahabat yang sudah lama tak bersua. Ketika berjumpa tak kuasa dia menahan isi hatinya untuk menumpahkan segala kepedihan yang dialaminya baru-baru ini. Proses perceraiannya dengan suami tercinta akan segera berakhir. Satu per satu orang yang punya kredibilitas pun didatangkan untuk membantu mencegah perceraian tersebut, tetapi hasilnya nihil. Toh, akhirnya suaminya juga merasa lebih berat meninggalkan wanita lain daripada istri sendiri. Ironis memang! Sebuah keputusan yang dirasa amat berat, namun apa daya bila suami justru menjatuhkan pilihannya kepada wanita lain karena merasa tak bisa melepaskan wanita itu begitu saja.

Disantet! Begitulah alasan suaminya rela meninggalkan istrinya yang cantik demi wanita yang membuatnya mabuk kasmaran. Menurut penuturan sang suami.

Tak berselang lama, kisah pilu yang sama juga dialami oleh saudara saya. Ketika saya berkunjung ke rumahnya, tak kuasa dia menahan tangis dengan rentetan cerita yang cukup mengenaskan. Bahwa suami yang dicintainya rela kabur bersama wanita lain ketimbang mempertahankan rumah tangga yang dibangunnya sekian lama.

Lagi-lagi, santet menjadi penyebabnya. Ketika bernegosiasi, hatinya penuh dengan kebimbangan, kalut dan kacau pikirannya. Di satu sisi ia ingin tetap punya keluarga, namun di sisi lain, ia tak bisa meninggalkan wanita yang selama ini disebut-sebut sebagai tukang santetnya itu. Duh!

Cinta ditolak, dukun pun bertindak. Seolah-olah ini menjadi sebuah acaman tersendiri bagi pasangan harmonis. Tetapi, benarkah santet yang menjadi biang keladi perusak rumah tangga orang? Atau hanya alibi pasangan untuk mengkambinghitamkan santet atas perselingkuhannya? Inilah 3 Fakta yang perlu diketahui


Baca juga: Punya Istri Cantik, Kok Suami Masih Saja Selingkuh? Ini 3 Penyebabnya


1. Santet itu mitos atau fakta?

photo credit: yuly360
Santet dengan tujuan untuk merusak hubungan orang lain termasuk dalam kuasa kegelapan. Ketika kita mengalaminya terkadang tak sadarkan diri bahwa kita sedang ada di dalam perangkap tersebut. Namun, satet atau dukun tak selalu berdampak pada kehidupan relasi kita selama kita memiliki iman yang teguh.

Saya teringat pada pengalaman saat remaja dulu, seorang tetangga memberitahukan kepada saya bahwa ada seorang pria yang naksir berat dan takut cintanya ditolak. Setiap malam dia selalu menaburkan garam di pintu rumah saya sesuai dengan perintah dukunnya. Benar saja, sejak saat itu, tiap pagi saya cek di depan pintu rumah saya terlihat banyak ceceran garam. Tapi, apa pengaruhnya? Tidak ada! Tak ada perasaan apa pun yang berkecamuk di hati saya walaupun saya tahu atau tidak tahu tentang santet dan perdukunan.

Baca Juga : Suami Selingkuh, Istri Cerdas Bertindak Realistis. Begini Strategi Teman Saya Mengatasi Perselingkuhan Suaminya

Santet bagi sebagian orang yang memercayainya mungkin sebagai kekuatan untuk menaklukkan seseorang yang diinginkan, namun sebagian orang juga tak memercayainya karena kuasa jahat tak lebih besar kekuatannya dibanding dengan pemeliharaan Allah. Jadi, ketika santet atau dukun bertindak, tak selalu dapat memenangkan hati kita, selama kita hidup dalam perlindungan Tuhan. Memang santet dan dukun sering berkeliaran di dekat kita, jika kita kurang waspada bahwa apa yang kita pikir itu mitos akan menjadi kenyataan, begitu pula sebaliknya, fakta yang ada belum tentu akan terjadi pada diri kita selama kita mawas diri. Jadi, santet itu mitos atau fakta tergantung dari apa yang kamu yakini.


2. Hindari santet dengan menjaga komunikasi dengan pasangan dan mawas diri

photo credit: OMG Top Tens List

Komunikasi yang baik dengan pasangan, jujur dan terbuka adalah kunci utama dalam menjalin hubungan intim dalam keluarga.

Di saat komunikasi mulai tersendat dan kita berani membuka celah sedikit saja untuk kehadiran orang lain, saat itulah titik awal kita mudah menjadi sasaran empuk tambatan hati orang lain, entah menggunakan jurus santet dan dukun ataupun tidak, asalkan mangsa dengan gampang dijinakkan, mengapa tidak diembat saja, bukan?

Baca juga: Mengapa Wanita Berani Berselingkuh? Inilah 3 Penyebab Utamanya

Kembali saya teringat dengan guyonan gubernur DKI Basuki Tjahaya Purnama alias pak Ahok yang menirukan gaya stand up komedian. Bahwa istri itu bagaikan kitab suci yang senang dipahami dan tidak berani dibuang karena takut kualat, sedangkan suami itu seperti duit, jika dilempar keluar bakal diambil orang lain. Sementara selingkuhan itu seperti permen karet yang terasa manis di awal tapi lama-kelamaan pahit dan lengket, mau dibuang aja susah. Memang guyonan ini hanya candaan, namun jika ditelisik lebih dalam lagi, sebenarnya itu adalah faktanya. Ketika perselingkuhan terjadi, sejatinya kita sedang terjebak pada sebuah perangkap manis yang berakibat fatal. Bahkan untuk menyingkirkannya pun butuh perjuangan yang harus dibayar mahal oleh pengorbanan cinta.

Sadar atau tidak, ketika dimabuk cinta, terkadang rasio manusia bertindak tak sewajarnya. Orang lain yang melihatnya mungkin sudah muak dengan perselingkuhan itu, namun sebagai pelaku, tak jarang mereka justru menikmatinya tanpa rasa bersalah.

Oleh sebab itu, diperlukan kewaspadaan ketika kita berkesempatan untuk membina hubungan relasi, bukan untuk menaruh curiga melainkan agar kita bisa menjaga diri dengan baik.


3. Senjata terampuh tangkal santet

photo credit: Diocese of Hamilton

a. Jaga hubungan dengan Sang Khalik. Semakin kita mendekatkan diri kepada pencipta kita, maka Allah yang Maha Kasih tak akan membiarkan kita jatuh tergeletak karena kelemahan kita. Ketika kita menyadari keterbatasan kita, Tuhan mampu memberikan kekuatan iman untuk kita menghadapi berbagai macam godaan yang menghantam biduk rumah tangga maupun pribadi kita.

b. Jaga hubungan dengan keluarga, khususnya dengan pasangan kita. Bersama dengan suami/istrilah kita dapat bersatu dan saling menopang. Setidaknya, kita lebih banyak tahu kelebihan dan kekurangan pasangan kita daripada orang lain bukan? Maka, ketika ada orang lain yang ingin masuk dalam kehidupan pernikahan kita, suami/istrilah yg seharusnya pertama kali menyadari hal tersebut dan kembali ingatkan komitmen pasangan kita dalam mengarungi bahtera rumah tangga bersamanya.

c. Jaga hubungan dengan sesama, termasuk 'calon musuh' yang akan menyerang hati kita sekalipun. Bersikaplah dengan santun dan bersahaja, agar orang lain yang ingin merusak keharmonisan rumah tangga kita harus berpikir berkali-kali lipat sebelum melancarkan aksi 'manisnya'.

Sekarang kita bisa menilai, apakah perselingkuhan itu akibat dari santet atau tanpa santet dan antek-anteknya pun, pasangan kita masih bisa berselingkuh? Mari, coba kita amati pasangan kita sejak dini sebelum nasi menjadi bubur.



Inilah tulisan-tulisan inspiratif yang dapat menjadi bekal berharga dalam menata relasi bersama pasangan :


Mengapa Suami Tega Membohongi Istri? Ternyata Tak Selalu dengan Maksud Buruk. Inilah 3 Alasannya

Orangtua Ketahuan Berselingkuh, Sebagai Anak, Lakukan 3 Hal Ini demi Keutuhan Keluarga

Jika Harta Bertambah, Mengapa Istri juga Bertambah? Mari Belajar Setia dengan 3 Hal ini!

Mengapa Wanita Berani Berselingkuh? Inilah 3 Penyebab Utamanya



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ketika Santet Dijadikan Biang Keladi Perselingkuhan, Inilah 3 Fakta yang Perlu Anda Ketahui". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Lany Inawati | @lanyinawati

seorang ibu rumah tangga yg sedang berbagi waktu untuk bekerja dan mendidik anak sembari menulis agar bisa menjadi berkat bagi banyak orang #bighug

BAGAIMANA MENURUTMU ?

Silahkan login untuk memberi komentar