Ketika Mantan Mengintai dan CLBK Menghantui, Keutuhan Rumah Tangga Terancam. Segera Lakukan 5 Langkah ini!

Ex & Broken Hearts

[Image: doctornerdlove.com]

9K
Bagaimana jika suatu ketika kamu tak sengaja bertemu dengan sang mantan, padahal kamu sekarang sudah menikah dan bahagia bersama pasangan? Wah, agak baper juga pastinya. Perasaan kembali terbawa ke masa lalu.

Pacaran adalah masa-masa indah, dihiasi dengan begitu banyak kisah. Kadangkala bahagia, namun tak jarang pula kecewa. Sedih, galau, putus asa semua ada. Benci, sakit hati, putus hubungan lalu musuhan? Bisa. Betapa dahsyat ya warna-warni dalam bercinta?

Mungkin itulah alasan mengapa para pujangga sepertinya tak kehabisan kata-kata ketika dipaksa untuk mengkaryakan cerita cinta. Begitu pun pelukis, takkan kesulitan saat menggambarkan megahnya cinta di atas kanvas.

Ketika pasangan gagal bercinta, karena perbedaan iman, beda prinsip, beda pendapat ... beda semuanya ... putus adalah jalan terbaik yang harus dipilih. Tak mudah memang, apalagi bagi yang telah bertahun-tahun merajut kasih. Bahkan yang sudah hampir menikah pun, banyak juga yang rela membubarkan hubungan asmara karena kondisi yang tak dapat ditoleransi lagi.

Orang lain, dengan pendapat-pendapat mereka yang kadang kurang menyenangkan untuk didengar, mungkin sangat menyayangkan jika ini terjadi pada diri kita. Tapi, diri kita yang mengalami sendiri tentu lebih paham. Tak ada yang lebih terpukul atas segala kerumitan yang terjadi dibandingkan diri kita sendiri, bukan? Anggap saja mereka sekadar komentator. Rasa pedas itu sesungguhnya biasa. Menetralisir rasa pedas di tubuh agar tak menimbulkan sakit perut, itu baru sulit. Tak biasa.

Dahulu pacar kini mantan.

Mantan, lambat laun akan terlupa. Jauh dan semakin jauh hingga akhirnya kita temukan belahan jiwa atau cinta sejati. Orang yang kita sebut 'jodoh', anugerah Tuhan yang tak terelakkan lagi.

Baca Juga: Terima kasih Mantan, Darimu Aku Belajar 7 Hal Penting untuk Masa Depanku


Pacaran yang baik akan berakhir dalam ikatan perkawinan yang sah

Bagaimanapun kita coba menghindar, jodoh itu kian mendekat. Hingga mewujud sebuah ikatan perkawinan yang sah. Sebuah tanda bahwa kita resmi menjadi milik orang lain. Tak ada yang boleh merampas, termasuk barisan mantan yang pernah menghiasi hari-hari kita di masa lalu.

Tapi, bagaimana jika suatu ketika kamu tak sengaja bertemu dengan sang mantan, padahal kamu sekarang sudah menikah dan bahagia bersama pasangan? Wah, agak baper juga pastinya. Perasaan kembali terbawa ke masa lalu.

Sekali ketemu, ingatanmu tentang sosoknya timbul ke permukaan, rekaman kisah kalian pun kembali terputar-putar di kepala. Apalagi jika si mantan sudah genggam kontak WA atau BBM kamu dan mencoba untuk mendekati kamu kembali dengan sapaan hahahihi.

Tak masalah sih jika masih wajar dan tak menganggu kehidupan rumah tangga kamu. Tapi, kalau si mantan mencoba untuk ‘merogoh’ keindahan masa lalu kalian, masih wajarkah itu?

Sampai di sini, stop!

Jangan coba-coba bermain api. Kamu sudah menjadi milik orang lain, orang yang telah membuat kamu bahagia. Dan kamu memang lebih bahagia kan? Andai kamu sudah bahagia dengan si mantan itu, tak mungkin dulu kamu berpaling dan lebih memilih pasanganmu yang sekarang.

Lalu, bagaimana cara menghindari mantan yang mencoba menganggu hidup kamu ketika sudah bahagia bersama orang lain?



1. Tunjukkan Sikap Cuek Saat Bertemu Dia

Cuek Saat Ketemu Mantan

Secara gak sengaja ketemu dia saat kamu sendirian di suatu tempat? Gak usah bingung. Tunjukkan ekspresi cool. Tegas tapi tetap ramah. Sekalipun dulu kamu bencinya setengah mati karena diselingkuhi, misalnya, buatlah sikap yang menunjukkan, ini lho diriku yang sekarang. Bahwa aku bebas, aku kuat, aku bahagia.

Oh ya, kamu juga tak perlu kepo tentang hidupnya biar dia-nya gak ke-GR-an. "Rumahmu masih di sana?" "Gimana kabar bapak ibu?" "Sudah merit belum?" Itu semua tak perlu dibahas, sekadar say hello sudah lebih dari cukup. Kecuali jika si mantan kepo-kepoin kamu, ya sudah jawab aja dengan tegas. Nah, jika dia tanya tentang pasangan, bilang saja, “Syukurlah, sebuah pernikahan sakral sudah terjadi beberapa tahun lalu. Sekarang saya bahagia dengan suami dan anak-anak saya.” Jlebb!!!

Baca Juga: 5 Cara untuk Berhenti Mencintai Ia yang Tak Dapat Dimiliki



2. Andai Minta Kontak, Berikan Seperlunya Saja

Stalking sosmed adalah cara ampuh mantan untuk tahu kehidupanmu

Coba tanya apa alasannya ketika dia minta nomor HP ataupun kontak sosmed kamu. Buat jaga-jaga saja sih, siapa tahu dia punya rencana jahat. Ya kan? Oh ya, daripada nomor HP, mendingan kasih akun sosmed kamu saja, FB, atau Twitter, atau Instagram. Kenapa malah kasih sosmed? Ya iyalah, yuk berpikir cerdas untuk membuat mringis si doi.

Mungkin kamu takut bakal diganggu, tapi strategi ini akan lebih menguntungkan untukmu. Pamer keharmonisan keluarga, itu jawabnya. Saat tahu sosmed kamu, kemungkinan besar dia bakal stalking di akunmu dan melihat betapa dinamisnya hidupmu sekarang. Dalam kondisi itu, buatlah status-status kebahagiaan keluarga kamu. Yakin deh, si mantan bakal menyesal saat ingat dulu pernah kecewain kamu. Nah lho :D

Baca Juga: 9 Tipe Mama-Mama Muda di Media Sosial



3. Jangan Pernah Menyapa duluan di Sosial Media

Nah, ini salah satu trik yang membuat kamu terkesan cool dan tak ingin mengingat-ingat dia lagi di masa sekarang. Apapun statusnya, betapa dahsyatnya pun kata-kata dia, bagaimana menariknya pun foto-foto yang di-upload, jangan pernah deh kamu kasih komentar atau pun kasih like. Apalagi chat dia duluan di WA atau BB, ehmm pantangan besar itu!

Kalau dipikir-pikir, bisa jadi lho dia kayak gitu untuk menarik perhatian kamu biar kamu kasih komentar. Ingat, komentar kamu di sosmed bisa jadi sebuah pencapaian tersendiri bagi dia. Bangga, tentunya, karena kamu yang sudah punya pasangan ternyata masih lempar perhatian sama dia. Kamu juga kan yang rugi sendiri? Tengsin berat jika pada akhirnya ini beneran terjadi sama kamu. So, mari bijak bersikap saat mantan masih berusaha ngusilin kita. Biarkan dia berjuang sampai bosan dan menyadari bahwa kita sudah melupakan semua kenangan lama.

Baca Juga: Awas! Media Sosial Merampas dan Membunuh 3 Hal Penting ini dari Hidupmu. Segera Lakukan Sesuatu!



4. Hindari Pertemuan yang Direncanakan, apalagi hanya Berdua

Wah, bahaya banget ini. Dalam kondisi khilaf karena sudah terlanjur asyik chit chat sama dia, eh tiba-tiba dia ngajak kamu ketemuan berdua alias jalan bareng. Mungkin dia punya sejuta alasan cerdas yang bisa mengaburkan keraguan kamu, traktiran karena temannya buka kafe baru, ada diskon spesial di mall, atau iming-iming event yang berhubungan dengan hobi kamu, misalnya. Wah, susah nolaknya kan? Tapi, kuatkan deh imanmu, karena ini bisa jadi awal kehancuran untuk rumah tangga yang sudah kamu bangun bertahun-tahun.

Jika kamu beneran OK-in tawaran dia, kamu bakal ketemu dia. Lama-lama ketagihan. Lama-lama sayang lagi. Akhirnya terjadi hubungan terlarang karena sama-sama tak bisa kontrol diri. Siapa yang rugi coba? Jadi, saat dia ajakin kamu ketemuan berdua, bilang saja kamu masih sibuk dengan pekerjaan dan urus keluarga. Andai dia masih maksa? Jawab saja, "Oke. Mau ketemu kapan? Biar saya bisa samakan dengan jadwal pasangan dan anak-anak, mereka butuh refreshing juga.” Hihihi, dijamin mingkem!

Baca Juga: 3 Modus Andalan Para Lelaki Buaya Darat untuk Memangsa Korban. Begini Caramu Mendeteksi agar Tidak Jadi Korbannya!



5. Buang Jauh Semua Kenangan Tentang Dia

Tinggalkan kenangan masa lalu dengan fokus pada keluarga tercinta

Ini adalah kunci utama yang membuat hidup kamu tetap tenteram bahkan ketika si mantan masih mencoba mendekat. Buanglah semua kenangan yang berhubungan dengan dia, baik itu foto, tempat-tempat kenangan, bayang-bayang wajahnya. Semuanya. Ganti dengan berbagai kegiatan positif dan lebih mendekatkanmu dengan keluarga. Anggap saja kenangan tentang mantan adalah sesuatu yang akan membuat kamu sakit, pusing, mual, muntah, dan mengundang berbagai energi negatif lainnya.

Tujuan dari semua ini sebenarnya satu, yaitu mempertahankan hati dan pikiran agar tetap bisa fokus pada keluarga. Lihat deh wajah-wajah damai-bahagia dari pasangan dan anak-anakmu. Tak sempurna, memang - bukankah memang tak ada yang sempurna di dunia ini? - tapi indah, apa adanya.

Baca Juga: Ketika Cinta itu Pergi, Percayalah yang Lebih Baik akan Datang


Mantan, tak perlu kita membencinya, cukup membatasi diri sendiri tanpa harus membuatnya tersinggung atau sakit hati. Doakan saja, semoga sang mantan bisa hidup bahagia bersama pasangannya di masa depan.

Tuhan, biarkan kenangan tentang mantan terbang tertiup angin dan tak kembali lagi.



Baca Juga:

4 Prinsip yang Membuat Relasi Cinta Makin Kokoh

2 Hal Sederhana yang Menciptakan Pernikahan Bahagia, Namun Terlupakan

Wanita, Jangan Lakukan 3 Kesalahan Fatal dalam Berkomunikasi ini Jika Tidak Ingin Hubunganmu dengan Pasangan Rusak!

3 Cara Suami Mengatakan "I Love You" yang Sering Tak Terdengar oleh Istri



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ketika Mantan Mengintai dan CLBK Menghantui, Keutuhan Rumah Tangga Terancam. Segera Lakukan 5 Langkah ini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Riana Dewie | @RianaDewie

Simple, Faithful & Candid

BAGAIMANA MENURUTMU ?

Silahkan login untuk memberi komentar