Kenali Tiga Penyebab Hancurnya Pernikahan yang Sering Terjadi Tanpa Disadari

Marriage

photo credit: Expert Advice

11.4K
Bahaya jika anda hanya menganggap sebuah pernikahan hanya sebuah acara pengesahan saja.

Banyak orang yang tidak mengetahui dengan tepat arti pernikahan yang sesungguhnya. Padahal bahaya sekali jika anda tidak mengetahui apakah arti sebenarnya dari pernikahan itu. Pernikahan akan dianggap remeh dan tidak terlalu penting.

Bahaya jika anda hanya menganggap sebuah pernikahan hanya sebuah acara pengesahan saja.

Pemikiran bahwa, "Yang penting saya suka, dia suka, anda merasa cocok, disahkan, dan diresmikan secara agama dan menurut hukum negara lalu mengadakan acara pesta, ya sudah, itulah yang namanya pernikahan”. Kalau itu arti pernikahan di pikiran Anda, sungguh sangat salah besar!

Pernikahan bukan hanya bicara tentang cinta, kecocokan, dan pesta. Tetapi arti pernikahan yang sesungguhnya adalah sebuah bahtera yang sedang anda naiki bersama pasangan anda.

Mengadakan pesta pernikahan memang mudah. Membangun pernikahan juga mudah. Tapi merawat pernikahan itu yang sama sekali tak mudah. Butuh yang namanya saling mengerti dan kasih yang hanya setahun ataupun dua tahun, melainkan seumur hidup.

Lalu apa sebenarnya arti pernikahan itu? Pernikahan adalah sebuah bahtera.

Mungkin mudah bagi Anda membangun bahtera itu. Tapi Anda sering lupa merawatnya. Terkadang saat Anda berlayar dengan bahtera tersebut pasti ada badai yang mengoncangkannya. Namun jika badai itu dari luar, baiknya atasi bersama-sama pasangan. Maka bahtera anda akan selamat.

Tetapi terkadang yang sering tidak Anda sadari adalah bukan karena badai dari luar bahtera pernikahan Anda terombang-ambing. Tapi justru karena ketidaksadaran Anda dan pasanganlah yang telah merusak bahtera pernikahan itu sendiri.

Baca juga: Dua Jiwa Tak Akan Bisa Menyatu Utuh. Seni Mengalah, Bukankah Pernikahan Sejatinya tentang Itu?

Inilah penyebab yang tanpa Anda sadari dapat merusak bahtera pernikahan.


Pertengkaran

photo credit: NY Daily News

Dalam pernikahan tidak mungkin tidak ada pertengkaran. Pasti semua orang yang sudah menikah pernah mengalami pertengkaran dalam rumah tangganya. Masalah pasti ada dan ketidakcocokan pendapat juga pasti ada, Namun yang harus Anda lakukan adalah bagaimana meredakan pertengkaran itu dan mengubahnya menjadi perdamaian.

Ingatlah pesan ini : “Setiap anda membalas kemarahan dengan kemarahan, sebenarnya Anda seperti sedang memukul dengan palu, untuk menghancurkan bahtera yang Anda miliki."

Hal itulah yang banyak tidak disadari oleh semua orang yang sudah menikah. Bahwa sebenarnya suami anda bukanlah musuh. Istri bukanlah lawan. Tidak penting siapa yang benar dan siapa yang salah. Karena anda adalah satu tim dengan pasangan.

Saat Anda saling mengasihi bukan membalas, sebenarnya itu adalah kemenangan bersama. Karena dengan demikian rencana iblis menghancurkan pernikahan anda telah digagalkan.

Pernikahan bukanlah mencari pasangan yang tepat, tetapi menjadikan diri Anda menjadi orang yang tepat untuk pasangan. Apabila keluarga Anda bahagia, maka berkat pun akan turun tercurah.


Ketidakjujuran

photo credit: Babble

Dalam pernikahan, kejujuran memiliki peranan yang besar. Tidak ada manusia di bumi ini yang suka untuk dibohongi. Terlebih lagi dibohongi oleh pasangan hidupnya. Karena kejujuran adalah salah satu kunci dari segala kehidupan.

Ingatlah pesan ini: “Setiap kali anda tidak jujur pada pasangan, sebenarnya anda sedang membuat lubang kebocoran di sana-sini yang akan membuat bahtera tenggelam suatu saat nanti”.

Senantiasalah jujur pada pasangan. Supaya tidak ada kebocoran pada bahtera pernikahan. Sehingga bahtera itu bisa berjalan mulus sampai pada tujuan.


Tidak adanya kesetiaan

photo credit: Expert Advice

Setia adalah kunci utama dalam membangun pernikahan. Tanpa kesetiaan tidak akan ada kebahagian dalam pernikahan. Apabila Anda pernah tidak setia pada pada pasangan, mungkin pasangan anda memaafkan dan memberi kesempatan kedua. Tapi ingatlah “Pada kesempatan kedua yang diberikan tidak akan sama seperti kepercayaannya yang pertama“.

Satu kali saja Anda tidak setia, sebenarnya anda sedang merusak bahtera anda sendiri bahkan menghancurkannya.

Jangan pernah menghadirkan orang ketiga dalam pernikahan. Hendaklah Anda senantiasa untuk setia terhadap pasangan. Bukankah jika anda mencintai pasangan Anda adalah mudah untuk menjadi setia?

Tidaklah sepadan kenikmatan perselingkuhan sesaat, dibanding dengan kehancuran semua yang telah didapat. Karena selingkuh itu adalah sebuah pilihan yang menghancurkan.

Pilihlah berkat dan bukan kutuk. Pilihlah kehidupan dan bukan kematian. Pilihlah setia, seperti Tuhan telah setia kepada kita. Karena tanpa kesetiaan jangan pernah berharap ada kebahagiaan.

Apa yang sudah dipersatukan Tuhan tidak boleh diceraikan oleh manusia. Itulah yang Tuhan inginkan dari pernikahan, yaitu mampu mengarungi bahtera pernikahan dengan bahagia sampai maut memisahkan.


Baca juga:

Waspadalah! Satu Hal ini Lenyap, Pernikahan akan Hancur dalam Sekejap

Inilah 4 Langkah Sederhana namun Efektif untuk Menyegarkan Relasi dengan Pasangan, namun Sering Terlupakan




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Kenali Tiga Penyebab Hancurnya Pernikahan yang Sering Terjadi Tanpa Disadari". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Christine Santoso | @christinesantoso

BAGAIMANA MENURUTMU ?

Silahkan login untuk memberi komentar