Jenuh dan Lelah dengan Percintaanmu? 2 Hal Ini akan Menyegarkan Relasimu

Singleness & Dating

[image: Faithfulman]

3.4K
Dua orang yang berbeda dalam satu hubungan harus mau berjuang bersama. Bukan untuk menyamakan perbedaan, tetapi bagaimana bisa menerima perbedaan dan kemudian saling melengkapi.

Hidup manusia akan selalu dipenuhi dengan perjuangan. Bahkan dari perjuangan ibu untuk melahirkan kita, hal itu sudah menunjukkan kalau hidup ini bukan sesuatu yang mudah. Perjuangan akan terus berlanjut ketika seorang anak harus belajar berjalan, berbicara, membaca, menulis, naik sepeda, sekolah, bekerja, dan juga dalam mencari pasangan hidup. Karena itu, sangatlah mengherankan, kalau ada orang yang tidak mau berjuang untuk mencari cinta sejatinya.

Memang, hidup di zaman yang serba instan ini bisa membuat kita terbiasa enak dan maunya serba cepat. Termasuk di dalam mencari pasangan hidup. Kalau bisa harus enak dan cepat juga, tanpa perlu berjuang keras.

Memangnya kenapa sih cinta itu harus diperjuangkan?


Pertama, karena cinta harus saling melengkapi

Setiap pasangan tentu terdiri dari dua orang yang berbeda. Perbedaan yang pertama dan pasti ada adalah jenis kelamin, laki-laki dan perempuan. Keduanya akan sangat berbeda, misalnya ketika yang satu lebih sering memakai logika, sedang pasangannya adalah seseorang sangat perasa. Belum lagi perbedaan latar belakang keluarga, minat, dan visi ke depan.

[image: Weddbook]

Ada satu hal yang terkesan konyol, tetapi sering dijadikan contoh untuk menggambarkan perbedaan. Hal itu adalah perbedaan cara memencet kemasan odol. Akan tetapi, suatu media massa pernah memberitakan kalau memang ada pasangan yang betul-betul bercerai karena perbedaan ini. Karena yang satu memencet odol dari bagian bawah kemasan dengan rapi, tetapi pasangannya asal pencet dari mana saja.

Karena itulah, cinta harus diperjuangkan.

Dua orang yang berbeda dalam satu hubungan harus mau berjuang bersama. Bukan untuk menyamakan perbedaan, tetapi bagaimana bisa menerima perbedaan dan kemudian saling melengkapi.

Mungkin tidak akan pernah bisa menjadi seideal yang kita inginkan, tetapi berjuanglah untuk menjadi lebih baik. Saling menerima tidak berarti kita terus tinggal di dalam kelemahan, tetapi kita harus mau ditolong dan terus berusaha untuk berubah.

Oleh sebab itu, carilah pasangan yang memang bisa melengkapi, bukan yang sama persis dengan kita. Pastikan kalau dia siap berjuang bersama untuk membuat relasi pacaran dan juga pernikahan sebagai sarana untuk bisa saling melengkapi dan keduanya bertumbuh menjadi lebih baik.

Baca Juga: Saya Batak Karo, Istri Tionghoa. 5 Rahasia Ini yang Membuat Perbedaan Tak Menjadi Hambatan dalam Tujuh Tahun Pernikahan Kami



Kedua, karena cinta harus sampai selamanya

[image: LoveCasm]

Setiap pasangan tentu menginginkan hubungan yang bahagia sampai selamanya. Seperti yang ada di dongeng-dongeng yang pernah kita baca atau tonton. Tidak ada yang menginginkan hubungannya gagal, karena cinta harus sampai selamanya.

Baca Juga: Ingin Cinta Tetap Manis Sepanjang Usia? Begini Caranya



Lalu, kenapa ada banyak pasangan yang gagal di tengah jalan, bahkan kadang hanya dalam durasi yang sangat singkat?

Ada terlalu banyak alasan yang tentu tidak bisa dibahas satu per satu. Mungkin bukan alasannya yang seharusnya lebih kita pikirkan, tetapi pikirkanlah bagaimana pasangan bisa sama-sama berkomitmen untuk menjaga relasi sampai maut memisahkan.

Karena itulah, cinta harus diperjuangkan. Bagaimana dua orang yang sama lemah dan terbatas, bisa terus bergandeng tangan dan berjalan bersama di tengah segala tantangan kehidupan.

Hal ini tidak akan mudah. Bisa jadi, di tengah jalan, pasangan kita mengalami kegagalan. Namun, ketika sudah bersatu dalam pernikahan, kegagalannya seharusnya juga menjadi kegagalan kita. Tangisnya adalah tangis kita juga. Bukan penghakiman yang seharusnya diberikan, tetapi dukungan semangat untuk bisa bangkit dan kembali berjuang bersama.

[image: Wunderweib]

Oleh sebab itu, carilah pasangan yang memang siap berkomitmen untuk berjalan bersama sampai maut memisahkan. Pastikan dia siap menerima segala keadaan, bahkan yang terburuk sekalipun, tetapi tidak menyerah dan mau terus melanjutkan perjuangan.

Berjuang bersama sampai akhir, itulah yang akan menjadi kebahagiaan kita.


Itulah perjuangan cinta!


Mungkin tidak mudah dan membuthuhkan jangka waktu yang lama. Karena itu, sebelum menyuruh orang lain untuk berjuang, kita harus memulainya dari diri sendiri terlebih dahulu,.

Kalau memang kita sendiri belum siap, jangan terburu-buru melangkah. Lebih baik ambil waktu tenang, pikirkan semua hal dengan matang, baru mulai melangkah setelah kita yakin.

Memang semua itu akan memerlukan waktu yang lebih lama, tetapi kalau untuk sesuatu yang lebih baik, kenapa tidak?


Sudah cukup teorinya, sekarang perjuangan harus segera dimulai!


Baca juga:

Perbedaan, Perubahan, dan Cinta yang Tetap Bertahan: Pelajaran dari 10 Tahun Pernikahan Kami

Cinta Tak Berarti Cocok. Ini Saran Pakar Psikologi tentang Memilih Pasangan Hidup!





Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Jenuh dan Lelah dengan Percintaanmu? 2 Hal Ini akan Menyegarkan Relasimu". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Davy Hartanto | @davyedwin

BAGAIMANA MENURUTMU ?

Silahkan login untuk memberi komentar