Jangan Melamar Kekasihmu, Sebelum Memeriksa 4 Hal Penting Ini

Singleness & Dating

211.2K
Pacaran bukan bukan ajang coba-coba yang memberi kepastianlah yang akan memenangkan hati ini.

Ada begitu banyak pasangan kekasih yang tak memahaminya arti dari berpacaran. Mereka berpacaran hanya mengisi waktu luang, bahkan ada yang berpacaran karena gengsi hingga nafsu semata. Mereka tak memiliki pemahaman yang tepat tentang berpacaran. Pacaran adalah masa ketika kalian berdua mempersiapkan diri untuk berumah tangga. Sebab itu, jangan terlalu lama berpacaran karena tidak baik buatmu dan kekasihmu. Ups, mungkin kalimat ini menyakitkan bagi kalian. Tetapi bila dipikir lebih mendalam harusnya juga demikian. Pacaran bukanlah ajang coba-coba ataupun juga mencari kecocokan. Sebab dua pribadi yang bersatu itu pasti ada bedanya. Yang perlu dipikirkan yakinkah kamu untuk berumah tangga dengannya.

Bila kalian sudah berpacaran, jangan lama-lama untuk menjalaninya. Yakinkan dirimu untuk melamarnya, setelah memeriksa empat hal ini.


1. Bimbingan

photo credit: kabarmakkah

Dalam berumah tangga kamulah yang akan menjadi pemimpin. Sanggupkah kamu membimbing pasanganmu kelak saat kalian sudah berumah tangga. Baik dalam hal kerohanian maupun dalam kehidupan sehari-hari, sanggupkah kamu menjadi teladan baginya. Sebab begitu banyak persoalan tejadi dimana para pria tidak bisa membina keluarganya dengan baik.

Baca juga: Apakah Orang yang Berpacaran Lebih Bahagia daripada yang Masih Single? Inilah Realitanya!

Kekasihmu barangkali lebih berpendidikan dari kamu, atau barangkali ia punya jabatan yang tinggi di perusahaan tertentu, namun saat di rumah kamulah yang harus membinanya. Kamulah imam bagi kekasihmu dan keturunanmu nantinya.

Tanyakan pada dirimu sanggupkah kamu membina kekasihmu saat ia nanti jadi istrimu.


2. Komunikasi

photo credit: New Love Times

Yakinkan dirimu kamu memiliki komunikasi yang baik padanya. Sebab, bila komunikasi selama berpacaran tidak baik maka akan menjadi tanda awas bagimu saat kamu berumah tangga dengannya. Ada begitu banyak pernikahan yang hanya seumur jagung. Masalah utamanya adalah komunikasi. Banyak pasangan sudah tahu bahwa komunikasi dengan kekasih itu penting namun tak banyak dari mereka memiliki komunikasi yang baik dengan kekasih.

Kelancaran berkomunikasi sangat menentukan masa depan dari hubunganmu di kemudian hari.


3. Perhatian dan kasih sayang

photo credit: SahabatRagam

Yakinkan dirimu untuk mengasihinya sepanjang masa hingga mautlah yang memisahkan kalian. Tidak dipungkiri bahwa perhatian dan kasih sayang sangat dibutuhkan oleh kekasihmu. Bila kamu tak bisa memberi perhatian dan kasih sayang yang cukup janganlah kamu melamarnya dulu. Tundalah sampai kamu bisa memberi waktu yang cukup untuk memperhatikan dan mengasihinya dengan sepenuh hatimu.

Baca juga: Cinta atau Suka? Jangan Salah Mengartikan Rasa, Ini 3 Hal yang Membedakannya

Sebuah lagu yang dipopulerkan oleh Ada Band memberikan petunjuk bahwa wanita itu ingin dimengerti. Ungkapan itu sering diungkapkan para wanita dan istri ketika dia mencurahkan perasaannya. Namun, realitanya kebanyakan para istri mampu memendam perasaannya. Hal yang demikian bisa teratasi dengan baik bila kamu punya waktu yang cukup untuk memperhatikan kekasihmu.


4. Keuangan

Yakinkan dirimu kamu sanggup untuk menghidupi keluargamu nanti. Keuangan adalah persoalan penting namun bukan yang terpenting dalam berumah tangga. Jangan sampai hal ini jadi masalah di kemudian hari. komunikasikan kondisi keuanganmu saat ini agar di kemudian hari tidak menjadi batu sandungan. Bila kamu tak memilki pekerjaan yang sudah mapan dan pemasukan bulanan pun belum jelas, jangan sekali-kali kamu melamar dan mengajak kekasihmu untuk menikah. Bila hal ini dilanggar pasti akan berakibat fatal di kemudian hari.

Keuangan yang sudah dipersiapkan dengan baik akan menentukan kesejahteraan masa depan keluargamu kelak.

Baca juga: Waspada! 4 Kesalahan Fatal terkait Penggunaan Uang yang Seringkali Terjadi

Itulah 4 hal yang perlu kamu perhatikan untuk meyakinkan diri sebelum melamar pasangan. Jika sudah yakin pada 4 poin di atas, sudah akhirilah masa pacaranmu, saatnya membangun rumah tangga bersama!


Baca juga:

Ditolak Saat Menyatakan Cinta, Inilah Tiga Hal yang Saya Lakukan untuk Memenangkan Hatinya

Inilah Tiga Prinsip Agar Pahitnya Cinta Tetap Bisa Senikmat Secangkir Kopi

Dari Kisah Selma-Haqy-Senna: Apakah Setia Berarti Menderita? Cinta itu Pilihan, tentang Masa Depan. Realistis Saja!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Jangan Melamar Kekasihmu, Sebelum Memeriksa 4 Hal Penting Ini". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Yoel Prasetyo | @yoelprasetyo

Yoel Prasetyo adalah pembicara publik dan pemerhati perkembangan anak, dan juga sebagai pengajar di sebuah yayasan. Berasal dari Solo saat ini tinggal di Surabaya.

BAGAIMANA MENURUTMU ?

Silahkan login untuk memberi komentar