Jangan Biarkan Sakit Meruntuhkan Semangat Hidupmu. Dua Hal ini Memberi Kekuatan untuk Bertahan

Reflections & Inspirations

photo credit: AZ Dept

2K
Akhirnya ada begitu banyak orang yang bergumul sendiri menghadapi sakitnya, dan bahkan mungkin meratapi hidup tanpa ada orang lain yang tahu.

Ketika mendengar kabar tentang seseorang yang mengalami sakit kronis, ada banyak perasaan yang berkecamuk di dalam hati kita, kaget, sedih, tidak percaya, berpikir apa yang harus kita lakukan, dan mungkin merenungkan bagaimana kalau kita yang harus mengalaminya. Kalau kita yang tidak mengalami sendiri saja bisa merasa begitu tekejut, sedih dan juga berbeban berat, apalagi mereka yang sakit dan harus mendengarkan sendiri vonis dari dokter.

Tetapi saya mengucap syukur, karena berkali-kali juga, saya boleh bertemu dengan orang-orang yang luar biasa. Mereka yang seharusnya dikuatkan, malah menguatkan setiap orang yang mengunjunginya. Mereka yang berada di dalam keadaan lemah, tetapi tidak pernah kehilangan pengharapan. Mereka yang bukan hanya pasrah kepada nasib, tetapi berada di dalam penyerahan yang total kepada Sang pemilik hidup. Mereka yang bisa tetap bersemangat.


Bagi kamu yang saat ini sedang bergumul dengan sakit,

Berbagilah! Bagikan apa yang sedang kamu alami dan rasakan

photo credit: BOSTON CANCER SUPPORT

Banyak orang merasa kalau kita tidak perlu untuk membagikan kesedihan, karena kesedihan seharusnya disimpan di tempat yang rapat dan hanya menjadi milik kita sendiri. Berbeda kalau itu merupakan sesuatu yang indah dan menyenangkan, kita boleh menceritakan dan membagikannya kepada sebanyak mungkin orang. Akhirnya ada begitu banyak orang yang bergumul sendiri menghadapi sakitnya, dan bahkan mungkin meratapi hidup tanpa ada orang lain yang tahu. Mereka yang hanya bisa menangis ketika tidak ada orang yang tahu, tetapi akan berusaha tegar ketika ada orang yang melihat.

Tentu tidak seharusnya seperti itu, karena kita pasti akan merasa sangat lelah, bukan hanya lelah fisik karena sakit, tetapi juga lelah mental karena kita harus selalu lari dari kenyataan. Padahal, kita diciptakan untuk hidup bersama dengan orang yang lain, tentu Sang pencipta ingin supaya kita bisa berelasi dengan sesama, bisa saling menghibur dan juga menguatkan. Karena seorang sahabat itu bukan hanya yang ada ketika semua hal berjalan enak dan lancar, tetapi dia yang mau menaruh kasih setiap waktu, dan bisa menjadi saudara dalam kesukaran.

Karena itu, Berbagilah! Bagikanlah apa yang menjadi isi hatimu.

Kami memang tidak akan pernah bisa mengerti perasaanmu sepenuhnya, tetapi biarlah kami belajar mendukungmu. Mencoba memahami ketakutan dan kekhawatiranmu, bukan hanya menasihati dan merasa lebih hebat.

Mungkin kami hanya bisa meresponmu dalam diam dan dengan tetesan air mata, tetapi itulah tanda kepedulian, dari kami yang bukan hanya menguatkan, tetapi yang juga dikuatkan.


Berjuanglah! Berjuanglah dengan setia. Berjuanglah semaksimal kamu bisa!

Tiap orang akan menempuh jalan hidup masing-masing, dan mengalami perjuangan hidup yang berbeda-beda. Karena kita memang tidak pernah diminta untuk menjadi sama dengan orang yang lain, harus bisa sekuat dan setegar orang yang lain. Tetapi berjuanglah dengan segenap kekuatan yang kita punya, kekuatan yang mungkin hanya kecil dan terbatas, kekuatan yang bahkan seolah sudah hampir pudar. Tetapi selama kekuatan masih ada, walaupun sangat kecil sekali pun, itu tanda kalau kita masih harus berjuang sampai akhir.

photo credit: NCJWC Toronto

Perjuangan yang kadang terlihat kecil, ketika diilakukan dengan kegigihan dan semangat yang menyala-nyala, pasti akan berdampak, bukan hanya bagi diri sendiri, tetapi juga bisa menginspirasi orang yang lain. Akan menguatkan sesama yang sedang berjuang, dan bahkan bisa memberikan kekuatan kepada orang yang sehat juga. Karena kesulitan dan penderitaan memang bukan akhir dari segalanya, tetapi sebuah proses yang akan membuat kita menjadi lebih dewasa, menyadari bahwa kita adalah manusia lemah yang harus bergantung sepenuhnya kepada Sang pemilik hidup.

Baca juga: Ketika Pasangan Terbaring Sakit, Inilah 9 Cara Menunjukan Perhatian dan Menjaga Diri tetap Sehat

Karena itu, berjuanglah! Berjuanglah terus bahkan melalui setiap kelemahanmu.

Kami akan terus mendoakan dan menopangmu sekuat kami bisa. Memberikan bantuan yang bukan kami lakukan karena kami lebih baik, tetapi dari kami yang juga berjuang untuk menjalani proses hidup, dengan pergumulan yang berbeda yang harus kami jalani juga.

Seperti sebuah perlombaan, biarlah kami menjadi suporter setia yang terus mendukung dan memberikan semangat sepanjang kamu berjuang menyelesaikan lomba kehidupan ini.

Baca juga: Tetap Bersukacita di Tengah Sakit? Mungkin! Inilah 5 Rahasianya!


Berbagilah! Berjuanglah! Tetap semangat dan jangan menyerah!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Jangan Biarkan Sakit Meruntuhkan Semangat Hidupmu. Dua Hal ini Memberi Kekuatan untuk Bertahan". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Davy Hartanto | @davyedwin

BAGAIMANA MENURUTMU ?

Silahkan login untuk memberi komentar