Istrinya Lebih Tua 24 Tahun. Dari Kisah Cinta Beda Usia Presiden Perancis Emmanuel Macron, Ini Pelajaran Pentingnya

Marriage

[Image: closemag.fr]

9.7K
Tembok usia tidak bisa lagi menahan benih cinta yang bersemi, bertumbuh dan berbuah lebat. Akar cinta yang dalam ternyata bisa menembus batas usia.

Perancis memiliki presiden baru yang memecahkan rekor. Pertama, dialah presiden Perancis pertama dengan usia paling muda: 39 tahun. Kedua, dialah presiden pertama juga [jangan-jangan di seluruh dunia] yang memiliki istri berusia jauh lebih tua: beda 24 tahun 8 bulan.

Alih-alih menyembunyikan istrinya yang sudah tampak keriput, Emmanuel Macron yang menang pemilihan presiden melawan Marine Le Pen, justru mengajak istrinya, Brigitte Trogneux, yang sudah punya tiga orang anak dan tujuh cucu dari pernikahan yang terdahulu itu baik di acara kenegaraan maupun privat.

[Image: cnn, people.com]

Setelah menulis Dicintai Pria Lebih Muda? Waspadai 3 Jebakan Berbahaya ini sebelum Memutuskan Menjalani Hubungan di RibutRukun, kini mari kita simak bersama mengapa Macron justru bangga dengan Trogneux yang berusia 64 tahun. Saya punya cukup banyak sahabat yang istrinya lebih tua dari mereka, bahkan terpaut belasan tahun.

Lewat pergaulan dengan mereka sekian lama, saya belajar apa saja keuntungan pria menikahi istri yang lebih tua. Istri yang lebih tua bisa menjadi …



1. Advisor

Pria muda cenderung aktif, dinamis, bahkan meledak-ledak. Saya pernah melihat seorang suami muda yang karena jengkel membanting barang-barang rumah tangga. Alih-alih marah, sang istri justru memunguti barang-barang itu, mencucinya, mengembalikannya ke tempat semula dan baru setelah itu ‘mencuci’ suaminya.

Dengan kata-kata yang lembut, dia menasihati suaminya untuk lebih ‘behave’ dan menahan diri. Perlahan tapi pasti, wajah suaminya yang semula seperti kepiting rebus, lama-lama menjadi normal kembali. Apalagi ketika istrinya berkata, “Sudah, Yang.” Dua kata ajaib itu, “Sudah, Yang.” ternyata bisa mendinginkan ‘air’ yang sedang mendidih.

[Image: freerepublic, purepeople.com]
Istri yang lebih tua bisa menjadi penasihat yang baik karena kedewasaannya yang biasanya melebihi kematangan pria.

Bukankah jamak kita lihat, istri yang berusia sama atau bahkan lebih muda saja bisa punya kematangan jiwa yang lebih dari suami mereka?



2. Mentor

Bukan kebetulan jika Trogneux pernah menjadi guru Macron. Bermula dari kekaguman seorang murid kepada gurunya, benih-benih cinta di hati sang murid mulai tumbuh terhadap sang guru.

[Image: parismatch]

Saat bertugas di luar negeri, saya pernah tinggal dengan seorang wanita bijak yang menjadi mentor bagi pemuda yang berusia jauh di bawahnya. Saya percaya bahwa sahabat saya ini sungguh-sungguh ingin membangun pemuda itu menjadi seorang pria sejati. Dalam perjalanan waktu ternyata justru benih cinta tumbuh di hati mereka berdua.

Tembok usia tidak bisa lagi menahan benih cinta yang bersemi, bertumbuh dan berbuah lebat. Akar cinta yang dalam ternyata bisa menembus batas usia.

Kini mereka hidup sebagai pasangan suami istri yang berbahagia. Saya dikirimi video saat mereka bermain-main di pantai.

Baca Juga: Tolong! Suamiku Anak Mama. Inilah 5 Cara Mengubah Anak Mama Menjadi Pria Dewasa



3. Inspirator

“Tanpa dia, saya tidak pernah menjadi seperti saya yang sekarang ini,” ujar Macron tentang Trogneux. Ucapannya di depan massa pendukungnya ini menjadi viral di sosial media.

Saat diundang untuk bicara dalam perayaan hari jadi sebuah lembaga di luar negeri, di atas panggung saya katakan,

[Image: mirror.co.uk]
“Behind every succesful man, there is a devout woman.”

Karena bersahabat dengan pimpinan lembaga itu sejak mereka belum menikah, saya tahu persis bagaimana dukungan sang istri terhadap suaminya baik saat mereka masih di Jakarta maupun setelah melanglang buana ke mancanegara, termasuk merintis karier di metropolitan dunia, New York.

Baca Juga: Belajar dari Istri Ahok, Veronica Tan: 4 Peran Tak Tergantikan Istri yang Membentuk Kesuksesan Suami



4. Protector

Apa tidak salah? Biasanya justru suami yang dianggap pelindung bagi istrinya. Memang kita cenderung menganggap suami menjadi bodyguard utama sang istri karena faktor fisik.

[Image: thesun.co.uk]
Namun, dalam tataran mental spiritual, bahkan juga sosial,
istri punya peran yang sangat besar dalam melindungi suaminya.

Belum lama ini kita juga menyaksikan sebuah foto yang menjadi viral. Saat London Marathon digelar, ketika tiga orang pelari memasuki finis, pangeran yang menjadi pujaan banyak orang mengulurkan botol air minum kepada mereka. Tanpa diduga seorang pelari nekat menyiramkan air minumnya ke Pangeran William. Atas perbuatan iseng yang sebenarnya bisa dibilang kurang ajar ini, Sang Pangeran tidak marah. Hanya senyum kecut yang menghiasi wajahnya, namun tidak lama. Berikutnya justru tampak dia tersenyum lebar. No hard feeling.

Wajah sang istri, Kate Middleton, mula-mula tampak tidak senang. Bukankah ketidaksenangannya ini mengungkapkan bahwa dia ada di belakang sang suami? Dengan kata lain, menjadi pelindung dan pembela suaminya saat dirundung orang? Namun, tidak lama kemudian, wajah sang istri kembali cerah.

Bukankah ini pelajaran yang sangat indah bagi para pemimpin yang masih suka saling melempar hate speech?

Baca Juga: Apa yang Diharapkan Suami dari Istrinya? Inilah 4 Hal yang Tak Terkatakan Namun Dinantikan Pria dari Istrinya


Dari keempat peran ini kita bisa belajar bahwa tidak selalu dan selamanya mempunyai istri lebih tua itu merepotkan. Wajah memang boleh lebih tua, tetapi isi kepala - dan terutama hati - pasti lebih matang juga.

Bukankah manusia lahiriah kita memang secara alami akan merosot baik pelan-pelan maupun drastis? Namun, di sini lain, manusia batiniah kita justru diperbarui dari hari ke hari.
[Image: ributrukun.com]

Perbedaan usia yang mencolok antara Macron dan Trogneux mengingatkan saya pada seorang manusia paling bijak yang pernah lahir di bumi: Salomo. Raja yang sangat terkenal ini pernah berkata,

“Kemolekan adalah bohong dan kecantikan adalah sia-sia, tetapi isteri yang takut akan TUHAN dipuji-puji.”



Baca Juga:

Menjadi Istri Kesayangan dan Kebangaan Suami, Ini 4 Rahasianya

Wanita, Inilah 3 Rahasia yang Membuat Suami Tak Mudah Berpaling ke Lain Hati

Menjadi Suami Idaman, Kesayangan dan Kebanggaan Istri, Ini Rahasianya



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Istrinya Lebih Tua 24 Tahun. Dari Kisah Cinta Beda Usia Presiden Perancis Emmanuel Macron, Ini Pelajaran Pentingnya". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


BACA JUGA

XavierQuentin Pranata | @xavierquentinpranata

BAGAIMANA MENURUTMU ?

Silahkan login untuk memberi komentar