Inilah 6 Pelajaran Hidup dari Serial K-Drama Hospital Ship

Reflections & Inspirations

Review Drama Asia

909
Kwak Hyun memang pernah gagal di masa lalunya namun ia tetap berusaha berlatih untuk memperbaiki kesalahannya dan pada akhirnya bangkit kembali dari kegagalannya dan berhasil menjadi dokter yang sesungguhnya.

Penggemar K-Drama tidak mungkin melewatkan serial Hospital Ship. Drama ini berkisah tentang seorang dokter ahli bedah yang sangat pintar bernama Song Eun Jae (diperankan oleh Ha Ji Won) yang dipecat karena melaporkan kasus malpraktik yang dilakukan oleh senior sekaligus gurunya kepada pasien. Hingga akhirnya Song Eun Jae pun bergabung dengan Hospital Ship bersama dokter internis Kwak Hyun (Kang Min Hyuk-CNBlue), ahli kedokteran tradisional Kim Jae Gol, dan dokter gigi Cha Joon Young. Bersama-sama dengan kru di Hospital Ship, mereka membantu memberikan pelayanan kepada orang-orang yang tinggal di pulau-pulau terpencil.

Dari serial ini ada banyak hal yang bisa dipelajari. Mari kita simak satu-persatu.


1. Keluarga adalah orang-orang yang paling mengasihi kita, cintai, dan jaga mereka sebelum kita merasakan kehilangan

photo credit: Shutterstock

Dokter Song Eun Jae memiliki seorang ibu yang kesepian namun sangat mengasihi putrinya. Ia senang menyuruh teman-temannya untuk berobat pada putrinya agar ia dapat mendengar cerita-cerita baik tentang putrinya dan merasa bangga. Sayangnya, Dokter Song pada awalnya bersikap dingin kepada sang ibu, hingga suatu hari ia mendapat kabar jika ibunya sedang sekarat. Sekalipun ia berupaya untuk menyelamatkan nyawa ibunya, akhirnya ia dengan terpaksa merelakan kematian ibunya.

Baca juga: Bukan Materi, Inilah Warisan Keluarga Paling Berharga yang Saya Miliki

Kematian ibunya menyadarkan Dokter Song bahwa sesungguhnya keluarganya, apa pun kesalahan mereka di masa lalu, tetaplah keluarganya. Dan ia selalu berusaha agar orang lain tidak mengalami hal yang sama dengan dirinya, yang baru menyadari kemudian setelah terlambat.


2. Pengampunan menghilangkan kepahitan di dalam hati

photo credit: SheKnows

Kim Jae Gol memiliki hubungan yang buruk dengan ayahnya, karena kepahitannya di masa lalu. Ayahnya yang pilih kasih selalu membanggakan kakaknya dan sama sekali tidak menganggap Jae Gol. Sebaliknya ayahnya pun selalu menganggap Jae Gol sebagai penyebab kematian putra kesayangannya.

Hubungan keduanya membaik pada akhirnya ketika Jae Gol dan ayahnya memutuskan untuk saling mengampuni.

Pengampunan, memang terdengar mudah namun sungguh amat susah untuk dilakukan. Akan tetapi orang-orang yang berhati besar yang mampu mengampuni, akan merasa hidupnya lebih baik, tidak ada lagi kepahitan yang mengganjal dalam hati.


3. Integritas harus lebih unggul dari rasa ego

Ada suatu episode ketika Song Eun Jae memohon kepada mantan seniornya yang sedang bersengketa dengannya untuk mengoperasi ayahnya yang sedang sakit parah. Sang senior tentu masih merasa kesal karena dokter Song melaporkan tindakan malpraktiknya, namun pada akhirnya integritasnya yang tinggi membuat ia menyanggupi. Sekalipun pada awalnya ia menolak karena rasa egonya yang tinggi, namun ia akhirnya berhasil mengesampingkan ego nya dan menjalankan tugasnya sebagai seorang dokter. Nyawa pasien lebih tinggi harganya dibandingkan egonya.


4. Persahabatan adalah hal yang berharga setelah keluarga

Pada awalnya dokter Song bergabung dengan Hospital Ship agar ia dapat kembali ke rumah sakit lamanya setelah menunjukkan performanya yang luar biasa. Namun pada akhirnya ia memilih untuk tetap bekerja di Hospital Ship karena hubungan persahabatan antara kru dan semua dokter yang sangat erat. Ia merasa lebih nyaman dan tak ingin kehilangan ikatan persahabatan yang telah terjalin di antara mereka.

"The greatest gift of life is friendship."


5. Cinta tidak memaksa dan tidak harus memiliki

photo credit: The Straits Times

Sebuah K-Drama tidak akan lengkap tanpa adanya kisah cinta antara kedua tokoh utamanya. Namun kisah cinta antara Dokter Song dan Kwak Hyun tidak berjalan mulus. Dokter Song tidak ingin memiliki hubungan yang lebih daripada rekan kerja karena ia merasa takut kehilangan rekan kerja terbaiknya. Reaksi Kwak Hyun sungguh tak terduga. Ia sama sekali tidak memaksa, justru ia mundur perlahan dan memberi kesempatan pada Dokter Song untuk belajar menerima perasaannya.

Kwak Hyun menghargai keputusan Dokter Song. Ia tidak memaksa Dokter Song untuk menerima cintanya, namun ia tetap berusaha menjadi yang terbaik bagi Dokter Song sekalipun sekedar sebagai teman. Ia bahkan mengungkapkan, seandainya saja ia tidak bisa mendapatkan cinta Dokter Song, maka ia yakin suatu saat akan dipertemukan dengan yang lebih baik.

Cinta yang sangat dewasa yang ditunjukan oleh Kwak Hyun. Berat memang, namun cinta memang tak mungkin dipaksakan dan tak harus memiliki.


6. Bangkit dari kegagalan, belajar dari pengalaman

Ketakutan terbesar Dokter Kwak Hyun adalah memasangkan intubasi pada pasien, akibat dari kesalahannya di masa lalu. Setiap malam ia berlatih tanpa lelah untuk melakukan intubasi tapi tetap ia tidak mampu melakukannya pada pasiennya yang sesungguhnya.

Pada akhirnya ia dihadapkan pada situasi dimana ia harus melakukan intubasi pada seorang anak yang hendak diselamatkannya. Sekalipun tangannya bergetar ketika ia hendak melakukannya, pada akhirnya dengan dukungan dari Dokter Song, ia berhasil juga melakukannya. Sejak saat itu, bangkitlah kepercayaan dirinya kembali sebagai dokter.

Kwak Hyun memang pernah gagal di masa lalunya namun ia tetap berusaha berlatih untuk memperbaiki kesalahannya dan pada akhirnya bangkit kembali dari kegagalannya dan berhasil menjadi dokter yang sesungguhnya.

Baca juga: Terlalu Banyak Nonton Drama Korea dan Hal-Hal Berbahaya Lain yang Dapat Membunuh Relasi

Demikian sebagian kecil pelajaran yang bisa saya petik dari serial ini. Bagaimana menurut Anda serial Hospital Ship ini? Sudahkah Anda sendiri menyaksikannya?


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Inilah 6 Pelajaran Hidup dari Serial K-Drama Hospital Ship". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Beatrice Fella | @Beatricefella

A wife and a mother of two beautiful daughters. -I'll feed you love and I hope that's enough to inspire you through suffering, holding you up-

BAGAIMANA MENURUTMU ?

Silahkan login untuk memberi komentar