Inilah 5 Tipe Manusia Single [dan 'Ngenes' Tak Termasuk di Dalamnya]

Singleness & Dating

[Image: pexels.com]

2.9K
Tak ada satu alasan sama yang menjadikan seseorang sebagai manusia single. Perluas wawasan dan kenali 5 jenis manusia single ini agar tak salah pendekatan dalam urusan dengan mereka.

Takdir setiap orang berbeda-beda. Sebagian orang bertemu dengan pasangan hidupnya saat mereka masih muda. Mereka kemudian menjalin hubungan cinta hingga berjanji setia sehidup semati. Sebagian yang lain, kurang beruntung dalam urusan cinta dan jodoh. Pencarian mereka terhadap orang yang sehati dan seirama harus melalui jalan yang panjang. Mereka inilah yang kita sebut dengan manusia single.

Apakah kamu termasuk dalam golongan ini?

Akhir pekanmu tidak dipenuhi dengan agenda romantis. Kamu lebih sering asyik menonton film sendirian di rumah, merapikan barang-barang yang berantakan di kosan, nongkrong bareng teman-teman di angkringan, atau berkunjung ke festival buku tanpa gandengan.

Sebenarnya, status single tidak perlu membuat kamu merasa minder atau malu.

Menjadi single bukanlah sebuah dosa. Kamu hanya menempuh jalan yang sedikit lebih panjang daripada kebanyakan orang.

Meskipun identik dengan hal-hal yang menyedihkan, kisah hidup orang-orang single tidak melulu dirundung duka. Selain itu, manusia-manusia single ini juga ada banyak macamnya. Penasaran kamu masuk dalam tipe yang mana? Temukan jawabannya di bawah ini!



1. Manusia Terdesak Single

Orang-orang golongan ini sebenarnya mengharapkan kehidupan ‘normal’. Mereka menginginkan pertemuan yang berkesan dengan calon pasangan hidup hingga berujung di pelaminan. Namun, keadaan membuat mereka tidak punya pilihan selain menjalani hari-hari yang panjang seorang diri. Kondisi khusus ini misalnya dialami oleh orang-orang yang bidang pekerjaannya memberikan tuntutan status bagi karyawannya. Beberapa pasang kekasih dalam kondisi ini biasanya nekat curi-curi kesempatan untuk menjalin kasih. Namun, orang-orang yang taat aturan tentu patuh dan bertahan dengan kesendirian. Lagipula, mereka tidak benar-benar sendiri. Ada banyak rekan-rekan senasib seperjuangan yang menjadi tempat berkeluh-kesah.

Kalau kamu termasuk dalam tipe ini, percayalah bahwa nanti akan tiba masanya kamu bebas menjalani hidup layaknya orang-orang lain. Seperti kata pepatah, “Bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian.” Hari ini, mungkin kamu terkekang dengan aturan pekerjaan. Tetapi, besok kamu siap menemui pujaan hatimu dengan segenap kepercayaan diri untuk melaju ke jenjang pernikahan.

Baca Juga: Saya Ingin Menikah, tapi Tidak karena Alasan-Alasan yang Keliru Seperti ini



2. Manusia Tinggi Gengsi

Ini jenis manusia pemilih. Orang-orang yang seringkali menilai orang lain dari tampilan luar. Secara fisik, mereka akan memilih pasangan yang rupawan dengan postur tubuh ideal. Secara finansial, mereka akan memilih pasangan dengan pekerjaan mapan dan berkelas. Sikap pilih-pilih mereka bisa disebabkan oleh banyak faktor. Mulai dari lingkungan keluarga yang juga memiliki gengsi tinggi karena berasal dari kalangan menengah ke atas. Hingga faktor pribadi yang terlalu idealis dalam memilih pasangan hidup.

Baca Juga: Inilah 5 Kriteria Pasangan Hidup yang Tak Boleh Ditawar Lagi demi Kebahagiaan Pernikahanmu Kelak

Gengsi yang tinggi seringkali menyebabkan orang yang hendak mendekati urung terlebih dahulu. Alhasil, orang-orang ini tetap single hingga usia yang tidak muda lagi.

[Image: www.femmes-med.org]

Untuk kamu yang termasuk dalam tipe manusia single yang ini, ingatlah bahwa tidak ada kesempurnaan di dunia ini. Tak ada gading yang tak retak.

Jika kamu mencari pasangan hidup yang tak bercacat, niscaya tidak akan pernah kamu temukan di mana pun.

Buka mata lebar-lebar dan lihatlah keindahan pribadi yang dimiliki masing-masing orang.

Baca Juga: Jangan Sampai Salah Pilih Jodoh, Jangan Juga Terlalu Pilah Pilih. Pertimbangkan 3 Hal Ini Saja!



3. Manusia Kalem

Nah, tipe manusia single yang satu ini memang terbilang santai dalam menjalani kerasnya hidup ini. Masih ada banyak hal lain untuk dikerjakan daripada sekadar memikirkan pasangan hidup. Dengan demikian, urusan cinta dan jodoh mereka pikirkan belakangan. Tugas-tugas di kampus yang tak kunjung henti, pekerjaan kantor yang datang silih berganti, hingga baju kotor yang menumpuk, seringkali mengalihkan perhatian dari perjalanan mencari pasangan. Tidak heran jika mereka tetap single. Bahkan, ‘kompor-kompor’ pernikahan di media sosial tidak mengusik ketenangan mereka. Bagi mereka, jodoh pasti akan datang menghampiri sehingga mereka merasa tidak perlu susah payah mencari.

[Image: crooswalk.com]

Tipe ini mirip seperti kamu? Sekarang saatnya kamu mengubah cara pikir!

Jodoh setiap orang memang sudah ditentukan sejak mereka lahir. Namun, bukan berarti kamu tidak berusaha sama sekali dalam mendapatkannya.

Siapa tahu jodoh yang sedang menujumu tersesat di tengah jalan. Untuk itu, kamu juga perlu berjalan menujunya agar kalian bisa bertemu. Ibaratnya, ketika ada kawan yang pertama kali berkunjung ke rumahmu, kamu perlu keluar rumah untuk menunjukkan diri kepadanya. Dengan demikian, ia tidak ragu lagi bahwa telah sampai di rumah yang tepat.

Baca Juga: Kalijodo, Jodoh Kali Ya? Inilah 3 Penghambat Utama yang Menyebabkan Jodoh Tak Kunjung Datang



4. Manusia Pilihan

Terkadang, hidup benar-benar memberikan ujian dan cobaan yang berat kepada seseorang. Bisa jadi ia sudah berada dalam usia yang siap menuju pernikahan. Namun, berapa kali pun mencoba menjajaki hubungan serius dengan seseorang, selalu saja berakhir dengan kegagalan. Bahasa gampangnya, orang-orang dari golongan ini seringkali mengalami penolakan dari pujaan hatinya. Mau tidak mau, ia pun menjadi single dalam waktu yang lama.

[Image: BroBible]
Jika kamu adalah manusia pilihan seperti ini, anggaplah orang-orang yang menolakmu memang tidak pantas buatmu.

Sebab lelaki yang baik akan mendapatkan perempuan yang baik dan lelaki yang buruk akan mendapatkan perempuan yang buruk pula. Ingat, parameter baik dan buruk tidak bisa dilihat dari satu sisi saja.

Baca Juga: Mencintai Dia yang Tak Mencintaimu Bukanlah Hal yang Memalukan. 4 Hal ini Akan Menegaskan, Cinta Bertepuk Sebelah Tangan Bukanlah Akhir Dunia



5. Manusia Visioner

Percaya atau tidak, ada sebagian orang yang memang memilih menjadi single daripada menjalin hubungan kekasih yang belum jelas masa depannya. Mereka meyakini bahwa hubungan cinta yang sejati adalah hubungan yang telah disahkan secara hukum agama dan negara dalam sebuah ikatan pernikahan. Orang-orang seperti mereka biasanya memiliki tujuan yang jelas dalam hidupnya. Mereka hidup dalam perencanaan yang matang. Mereka membuat target-target yang harus dicapai sebelum ajal menjemput. Bisa jadi mereka memang memasang target pernikahan pada usia 30 tahun, setelah lulus dari studi master di luar negeri dan telah mapan dengan usaha bisnis yang dirintis.

[Image: shutterstock.com]
Bagi mereka, menjadi single itu pilihan dan menikah itu sebuah kepastian.

Ketika telah siap menikah, mereka tidak memerlukan waktu lama untuk melakukan pendekatan. Mereka memberikan kepercayaan penuh kepada orang-orang terdekat untuk proses pencarian pasangan hidup.

Kamu tipe manusia visioner? Selamat!

Cepat atau lambat, kamu pasti akan bertemu dengan belahan jiwamu. Bagimu, menjadi single bukan aib yang harus ditutupi melainkan sebuah pilihan hidup.


[Image: unsplash.com]

Apa pun tipe manusia single yang sekarang kamu jalani, tetaplah menjadi dirimu sendiri! Kamu tidak perlu mengubah dirimu menjadi orang lain untuk menarik perhatian orang yang kamu sukai. Seperti kata pepatah, "Kalau jodoh tak lari ke mana."



Baca Juga:

Tak Ingin Terjebak dalam Penyesalan karena Salah Pilih Pasangan Hidup? Renungkan 3 Nasihat Ini!

Pria, Inilah 10 Tanda Cinta yang Akan Kamu Temukan pada Wanita yang Menaruh Hati Padamu

Si Dia Serius Gak Sih? Wanita, Inilah 10 Tanda Seorang Pria Serius Menjalani Relasi dengan Anda



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Inilah 5 Tipe Manusia Single [dan 'Ngenes' Tak Termasuk di Dalamnya]". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Henny Alifah | @hennyalifah

Writer and Knitter

BAGAIMANA MENURUTMU ?

Silahkan login untuk memberi komentar