Inilah 5 Manfaat dari Memainkan Mobile Legends bagi Teamwork

Reflections & Inspirations

[image: Moonton]

255
Kita tidak dapat bekerja seorang diri demi mencapai keberhasilan itu. Sebagai makhluk sosial, dalam segala hal kita pun memerlukan orang lain untuk mencapai tujuan kita.

Game online sedang merajalela akhir-akhir ini. Baik di kalangan anak-anak maupun orang dewasa. Salah satunya adalah “Mobile Legends”. Saya juga salah satu penikmat permainan game online ini. Game yang memiliki konsep permainan tim beranggotakan lima pemain. Tujuan utama dalam permainan ini yaitu menghancurkan menara tertinggi di masing-masing wilayah.

Permainan ini memiliki manfaat yang mengajarkan kita bagaimana bekerja dalam teamwork:


1. Merencanakan strategi

Sebuah tim dapat dikatakan hebat bila memiliki perencanaan yang kuat. Memiliki perencanaan saja masih bisa gagal, apalagi jika tidak memilikinya. Jangan remehkan perencanaan, sekecil apa pun itu. Kita dapat memulai sebuah perencanaan setelah mempelajari kelemahan dan kelebihan lawan.

[image: ICNM]

Tim yang kuat memikirkan bersama bagaimana menyelesaikan sebuah masalah atau pekerjaan.


2. Tidak egois

Dalam permainan ini, kita diajarkan tentang membagi tugas sesuai peran masing-masing. Setiap pemain harus menyelesaikan tugasnya. Nah, untuk mencapai kemenangan, jangan ada kata egois dalam tim.

Setiap anggota memiliki peran yang berbeda untuk membangun sebuah kemenangan. Jangan pernah merasa bahwa kemenangan yang diraih karena kehebatan kita.

Pada akhirnya, kemenangan yang didapatkan adalah keberhasilan bersama dalam tim.

Baca Juga: Berbeda tetapi Memilih Menjadi Kuat Bersama. Dari Gang Kecil Seteran untuk Indonesia, Sebuah Kisah Nyata


3. Saling menolong

Sebagai tim, tidak mungkin kita tinggal diam ketika melihat teman kita mengalami kesulitan. Dalam permainan ini, adanya sikap saling tolong-menolong pun sangat diperlukan. Saat ada anggota tim yang mendapat serangan, pastinya kita harus menolong, agar tim kita berhasil mendapat kemenangan.

[image: Awesomesiang]

Beban seberat apa pun dan sesulit apa pun akan menjadi ringan, jika kita saling tolong-menolong. Bahkan beban tersebut dapat terselesaikan dengan cepat.


4. Berusaha sebaik mungkin

Hal lain yang perlu kita lakukan adalah berusaha sebaik mungkin. Usaha yang gigih akan menghasilkan hasil yang baik. Walaupun mengalami kekalahan, tetapi kita masih bisa kembali berusaha untuk mencapai kemenangan.

Thomas Edison pernah berkata,

“I have not failed. I’ve just found 10.000 ways that won’t work.”

Jadi, untuk berhasil teruslah berusaha. Gagal sekali, coba dua kali. Kamu pun akan mendapat hasil yang tidak mengecewakan.

Baca Juga: Kesuksesan Memang Tak Datang Instan, Namun Inilah Anak Tangga Pertamanya


5. Saling memercayai

Dalam sebuah tim, hal yang tidak kalah penting adalah membangun kepercayaan.

[image: Songs For Your Spirit]

Jika kita sulit memercayai rekan dalam tim, perpecahan pun bisa terjadi.

Kita akan saling menghina, menjatuhkan, dan meremehkan terhadap satu sama lain. Kalau sudah seperti itu, pastinya kata menang akan pergi menjauh.

Baca Juga: Waspadalah! Satu Hal ini Lenyap, Pernikahan akan Hancur dalam Sekejap


***


Kita pasti menginginkan kemenangan. Kita tidak dapat bekerja seorang diri demi mencapai keberhasilan itu. Benar, sebagai makhluk sosial, dalam segala hal kita pun memerlukan orang lain untuk mencapai tujuan kita. Namun, selain adanya orang lain yang menolong, kita pun harus meyakini adanya pertolongan Tuhan.

“Kebanyakan orang merasa sukses adalah hasil jerih payah diri sendiri, tanpa campur tangan Tuhan” – Bob Sadino.


Baca juga artikel-artikel inspiratif seputar game ini:

Suami Kecanduan Game? Inilah Kisah Saya Menikah dengan Pro-Gamer

9 Tips Mendapatkan Uang Sekaligus Mengatasi Kecanduan Game



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Inilah 5 Manfaat dari Memainkan Mobile Legends bagi Teamwork". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Stefanus Yuliyanto | @stefanusprasetyoyuli

BAGAIMANA MENURUTMU ?

Silahkan login untuk memberi komentar