Inilah 3 Cara Pacaran Berkualitas yang akan Memantapkan Langkahmu dan Pasangan ke Pernikahan

Singleness & Dating

[Image: shaadidukaan.com]

18K
Pacaran adalah suatu masa yang penting. Bagaimana kamu menjalani masa pacaran sedikit banyak akan menentukan bagaimana hidup pernikahanmu nantinya. Bagaimana menjalani masa pacaran yang berkualitas dan berujung pernikahan?

Bila mau jujur, saat ini banyak anak muda yang menjalani hubungan pacaran tanpa mengetahui ke mana arah dan tujuan hubungan mereka. Jika kepada mereka ditanyakan tentang masa depan hubungan, maka jawaban semacam inilah yang akan kita dapatkan, "Yah, dijalani aja dulu. Mengalir saja." Lebih lanjut, bila ditanya, "Mengapa kamu berpacaran?" Sebagian besar akan diam membisu, tak tahu harus menjawab apa.

Pacaran adalah sebuah sebuah masa di mana kamu dan pasangan saling mengenal kepribadian, kebiasaan, kelebihan, bahkan keburukan satu sama lain. Suatu hubungan pacaran dapat dikatakan berhasil bila melalui proses itu tingkat pengenalanmu akan pasangan menjadi semakin dalam, demikian pula sebaliknya.

Pacaran, jika demikian, adalah suatu masa yang penting. Bagaimana kamu menjalani masa pacaran sedikit banyak akan menentukan bagaimana hidup pernikahanmu nantinya. Siapa sih yang tidak berharap hubungan cinta yang sedang dijalani berakhir bahagia di pelaminan?

Baca Juga: Yakin Sudah Siap Menikah? Inilah 5 Kenyataan yang Harus Kamu Ketahui sebelum Memasuki Gerbang Pernikahan

Seorang teman laki-laki datang kepada saya. Ia menceritakan tentang hubungannya dengan pacarnya, yang sekarang telah menjadi istrinya. Ia nampak bahagia saat mengenang kembali hal-hal yang ia lakukan bersama kekasihnya. Waktu-waktu yang dijalani berdua, pergi nonton, makan, traveling bersama, bahkan pertengkaran-pertengkaran yang mewarnai hubungan mereka menjadi kisah-kisah yang tak terlupakan baginya. Meskipun tidak mengalami secara langsung, dari cerita teman saya itu, saya bisa turut merasakan betapa ia sungguh menikmati masa perkenalan dan kebersamaan dengan kekasihnya.

Bagaimana menjalani masa pacaran yang berkualitas dan berujung pernikahan? Inilah 3 hal penting yang saya catat dari curahan hati teman saya itu:



1. Nge-date Berkualitas

Banyak pasangan muda keliru mengartikan nge-date hanya sebagai aktivitas jalan-jalan berdua. Nge-date adalah waktu khusus untuk kalian berdua melatih kemampuan dan kecocokan kalian dalam berkomunikasi dengan baik satu sama lain.

Komunikasi yang baik adalah kunci untuk membangun sebuah hubungan yang sehat hingga pernikahan. Komunikasi, seperti juga skill hidup yang lain, dapat dan perlu dilatih.

Banyak pasangan menghabiskan waktu berdua dengan banyak kegiatan, banyak bepergian, namun sedikit berdiskusi. Tak heran jika pada akhirnya yang dirasakan adalah kelelahan dan kebosanan dalam menjalani hubungan. Waktu nge-date adalah waktu yang berharga. Gunakan waktu yang terbatas itu untuk membicarakan hal-hal yang penting secara mendalam.

[Image: starity.hu]

Latar belakang hidup dan harapan akan masa depan masing-masing harus jadi hal yang kalian bahas. Perbedaan-perbedaan yang ada di antara kalian, seperti kebiasaan keluarga, cara mengatur keuangan, perlu didiskusikan dan dicarikan jalan tengah. Dan, tentu saja, yang tak kalah penting, diskusikan soal masa depan hubungan kalian.

Jadilah dirimu sendiri apa adanya ketika nge-date, jangan takut membicarakan kelebihan dan kekuranganmu. Keterbukaan dan kejujuran adalah dua hal penting yang harus ada dalam hubungan yang sehat.

Ingatlah, waktu nge-date adalah waktu yang berharga. Bila kamu dapat menggunakan waktu itu dengan baik, maka kamu akan dapat menikmati keindahan cintamu.

Baca Juga: Bagaimana Menjadi Romantis? Jangan Salah, Bukan Bunga atau Puisi Cinta, inilah 5 Hal Romantis yang Paling Diinginkan Pasanganmu!



2. Kedewasaan dalam Menghadapi Konflik

Dalam setiap hubungan, konflik adalah suatu hal yang wajar. Dengan diri sendiri pun, terkadang kita mengalami konflik, bukan? Apalagi dalam hubungan pacaran, di mana dua pribadi yang berbeda sedang mencoba saling mengenal dan menyesuaikan satu sama lain.

Bagaimana masing-masing pihak menyikapi permasalahan dan konflik dalam hubungan akan menentukan apakah hubungan tersebut akan bertumbuh semakin kuat, atau sebaliknya, goyah dan hancur tak terselamatkan.

Baca Juga: Sering Bertengkar dengan Pasangan? 3 Hal ini akan Menyelamatkan Hubunganmu dari Dampak Pertengkaran yang Merusak

[Image: psyciencia.com]

Lewat konflik yang timbul, kalian berdua dapat belajar untuk mengontrol emosi. Bagaimana kalian menghadapi perbedaan dengan kedewasaan, bukan saling menyalahkan tapi berfokus pada penyelesaian masalah. Dengan melewati konflik, masing-masing pihak juga belajar untuk mengakui kesalahan, serta meminta dan memberi maaf.

Konflik adalah salah satu ujian hubungan. Jika berniat membangun hubungan yang berkualitas, selalu menghindari konflik bukanlah langkah yang bijak. Sebaliknya, hadapi dan jadikan itu sebagai pembelajaran.

Baca Juga: Tentang Kasih, Dua Pribadi Tak Sempurna, dan Perjuangan Menyempurnakan Kasih yang Mereka Punya



3. Saling Menghargai dan Memahami

Penghargaan dan rasa hormat adalah satu kunci penting yang menentukan kesuksesan hubungan. Hargai dan hormati pasangan seutuhnya. Jangan pernah menganggap remeh pilihan hidupnya, cita-cita dan harapannya, karakter dan kepribadiannya, segala hal tentang dirinya.

Miliki batas yang tegas dalam berpacaran. Hormati diri sendiri dan diri pasangan dengan saling menjaga kesucian seksual selama berpacaran.

Baca Juga: Inilah Trik dan Rayuan Pria untuk Mendapatkan Keperawananmu sebelum Menikah. Kamu Harus Bisa Menolak! Begini Caranya

[Image: ributrukun.com]

Pahamilah bahwa pasanganmu adalah pribadi yang istimewa dengan segala keunikan yang dimilikinya. Terimalah ia seutuhnya, tanpa ekspektasi dan ambisi untuk mengubahnya menjadi sesuai dengan keinginanmu. Ketika kamu memilihnya menjadi pasanganmu, itu berarti kamu bersedia menerima dirinya dengan kelebihan dan kekurangannya.

Bukan berarti karena pasanganmu memiliki kekurangan, membuat kamu serta merta jadi lebih baik darinya.

Sadarilah bahwa pasanganmu juga berjuang menerima dan menghadapi kamu dan segala kekuranganmu. Daripada mengeluh dan terus menuntut pasangan untuk berubah, bukankah lebih baik kamu berusaha memperbaiki dan mengembangkan dirimu sendiri?



Baca Juga:

Jangan Lakukan 10 Kesalahan Fatal ini Jika Tak Ingin Hubungan Cintamu dengan Pasangan Berakhir Tragis!

Buat Kamu yang Sering Bertengkar dengan Pasangan, 10 Cara ini Bisa Membuat Harmonis Hubungan Cintamu

'In a Relationship' setelah Lama 'Single'? Perhatikan 5 Hal ini untuk Hubungan yang Lancar Sampai ke Pernikahan




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Inilah 3 Cara Pacaran Berkualitas yang akan Memantapkan Langkahmu dan Pasangan ke Pernikahan". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Yoel Prasetyo | @yoelprasetyo

Yoel Prasetyo adalah pembicara publik dan pemerhati perkembangan anak, dan juga sebagai pengajar di sebuah yayasan. Berasal dari Solo saat ini tinggal di Surabaya.

BAGAIMANA MENURUTMU ?

Silahkan login untuk memberi komentar